Qontak WhatsApp

Software CRM: 5 Rekomendasi Terbaik

Apa saja rekomendasi software CRM terbaik?

Software CRM atau aplikasi CRM (Customer Relationship Management) adalah software yang dirancang untuk membantu sebuah perusahaan atau bisnis dalam menciptakan hubungan pelanggan yang lebih baik.

Software ini merupakan solusi penting bagi perusahaan untuk pengelolaan database pelanggan dan otomatisasi proses bisnis. Terlebih lagi di era Industri 4.0 saat ini, perusahaan dituntut untuk semakin melek terhadap teknologi. Penggunaan internet dan software untuk pengelolaan data dan otomatisasi adalah hal penting yang harus digunakan untuk meningkatkan nilai kompetitif perusahaan. Software customer relationship management adalah sebuah teknologi yang digunakan untuk mengelola dan menganalisis interaksi dan data pelanggan selama siklus pelanggan berlangsung.

Namun, teknologi CRM tidak terbatas hanya untuk mengelola data pelanggan saja. CRM secara umum digunakan untuk mengelola penjualan dan customer service. Sistem CRM biasanya memiliki berbagai fitur lainnya, seperti KPI (key performance indicator) dan task management, integrasi dengan sistem lain (WhatsApp, Facebook, ERP, dll), sistem call center, hingga melacak kehadiran secara live melalui GPS. Software CRM membantu bisnis memperbaiki produktivitas serta mengotomatisasi bisnis sehingga dapat meningkatkan keuntungan dan menghemat biaya.


Software CRM Secara Singkat

Tonton video penjelasan mengenai Aplikasi CRM secara singkat pada video YouTube berikut:

 

Baca Juga: 6 Manfaat Aplikasi CRM Dalam Bisnis: Penting!


Apa saja rekomendasi aplikasi/software CRM terbaik?

Berikut adalah 5 pilihan software CRM terbaik di Indonesia yang dapat Anda pilih:

  1. Qontak.com
  2. Salesforce
  3. FreshSales
  4. Pipedrive
  5. Insightly

Di bawah ini adalah beberapa rekomendasi aplikasi/software CRM terbaik (best CRM software) yang dapat menjadi pertimbangan untuk perusahaan Anda.

1. Qontak.com

software crm - qontak

Rekomendasi software CRM pertama adalah Qontak.com. Qontak.com merupakan teknologi software CRM Indonesia dengan fitur lengkap yang tidak kalah dengan Software CRM populer lainnya.

Fitur-fitur utama yang dimiliki software CRM Qontak.com yaitu:

  1. Customization: Tampilan yang bisa di-custom sesuai kebutuhan. Aplikasi CRM Qontak.com dapat diubah secara instan agar cocok dengan perspektif bisnis para pelanggannya.
  2. 360 View and Analytical Reporting: Menyajikan data yang lengkap, meliputi monitoring dan manajemen aktivitas sales, visualisasi sales pipeline untuk melacak proses bisnis dan deals yang sedang berlangsung, serta pelaporan dan analisis untuk memberikan insight dan pengambilan keputusan yang lebih baik.
  3. Live GPS and Mobile Application: Memiliki fitur Live GPS yaitu pelacakan lokasi yang dapat dilakukan secara offline dan pada waktu yang sebenarnya walaupun tanpa koneksi internet sekalipun.
  4. KPI Tracking and Task Management: Memiliki fitur pelacakan KPI dan task management yang dapat dikostumisasi secara penuh sehingga para penggunanya dapat menciptakan KPI tertentu yang ingin mereka pantau sesuai dengan kebutuhan mereka. Percepat KPI dan kinerja bisnis Anda sekarang.
  5. WhastApp Omnichannel Integration: Terintegrasi dengan WhatsApp dan Omnichannel lainnya seperti media sosial, e-commerce dan VOIP call center pada customer service.
  6. Document Otomatization: Memberikan otomatisasi dokumen serta dukungan/layanan penuh terhadap penggunanya.
  7. Marketing Initiation: Terhubung dengan aplikasi marketing sehingga dapat melakukan otomatisasi dengan aplikasi CRM untuk kampanye marketing.
  8. Dedicated Support: Mendapatkan support khusus untuk setiap pengguna serta harga yang tidak begitu mahal
  9. Live Chat and Web Chat Feature: Dapat terintegrasi dengan fitur Live Chat dan Web Chat sehingga menambah kemudahan untuk pelanggan menghubungi kontak bisnis Anda.

Qontak.com dapat memberikan konsultasi gratis dan free trial untuk yang ingin mencoba fitur-fitur dari aplikasi CRM yang ditawarkan dan manfaatnya bagi perusahaan.

2. Salesforce

software crm - salesforce

Aplikasi CRM selanjutnya yaitu Salesforce, yang dapat digunakan untuk perusahaan dari berbagai skala bisnis. Software CRM Salesforce menawarkan solusi sales dan customer service, baik bagi perusahaan B2B maupun B2C. Aplikasi CRM ini membantu bisnis untuk bekerja lebih efisien dan berbagi data bisnis melalui integrasi.

Fitur-fitur yang dimiliki aplikasi CRM SalesForce meliputi:

  1. Sales Cloud: Untuk memaksimalkan penjualan, meningkatkan pendapatan, produktivitas dan visibilitas dalam bisnis
  2. Marketing Cloud: Dapat memantau kampanye marketing dan orang-orang yang berpartisipasi dalam kampanye tersebut
  3. Services Cloud: Layanan pelanggan sehingga menciptakan hubungan yang baik dengan pelanggan
  4. Sales Platform dan App Exchanger: Mendapat informasi real time mengenai pelanggan dan penjualan
  5. Salesforce Chatter: Dapat membuat kolaborasi dalam tim tanpa batas

Salesforce menawarkan free trial dan dapat dimiliki mulai dari $25/user/bulan.

3. Freshsales

Software CRM Freshsales dikembangkan untuk membantu tim sales menjangkau calon klien secara efektif dan memberikan informasi yang lengkap terhadap mereka. Salah satu fitur utamanya adalah mengefisienkan lead management, yaitu melalui lead scoring dan prioritas lead berdasarkan ranking. Fitur ini membantu perusahaan untuk mengidentifikasi mana yang siap untuk close deal dan mana yang perlu pendekatan lebih lanjut.

Fitur utama lainnya dari aplikasi Freshsales adalah:

  1. Email tracking: untuk melacak apakah email yang dikirim sudah dibuka, dibaca, atau bahkan terkirim atau tidak
  2. Event tracking: dapat melacak sebuah kampanye atau project yang sedang berjalan
  3. Panggilan langsung: dapat melakukan panggilan langsung ke nomor hp
  4. Manajemen sales: melakukan manajemen sales untuk melihat penjualan secara keseluruhan
  5. Analisis dan pelaporan: dapat memberikan analisis dari data yang ada

Freshsales dibanderol mulai dari $12/user/bulan hingga yang termahal $79/user/bulan.

4. Pipedrive

Pipedrive adalah software CRM yang didesain secara spesifik untuk mendukung para professional sales dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Software ini membantu mengelola tiap tahapan dalam proses sales, mulai dari menarik calon pelanggan hingga manajemen kontak. Fitur utama dari Pipedrive adalah mengelola sales pipeline secara efisien sehingga dapat mengidentifikasi calon pelanggan potensial dan deals yang harus diprioritaskan. Sistem ini dapat diintegrasikan dengan sistem bisnis populer lainnya seperti Google Apps. Pipedrive memberikan free trial, dengan biaya berkisar antara $15-99/user/bulan untuk aplikasi CRMnya.

5. Insightly

Insightly merupakan software CRM berbasis cloud untuk melacak tiap tahapan dalam siklus pelanggan. Aplikasi CRM ini membantu perusahaan untuk melakukan aktivitas sales, membangun hubungan pelanggan, dan mengelola project sesuai permintaan pelanggan. Insightly cocok digunakan untuk bisnis kecil, walaupun banyak juga perusahaan besar yang berhasil dengan software ini. Beberapa fitur utama Insightly adalah lead management, email automation, dan workflow automation. Harga yang ditawarkan oleh Insightly berkisar antara $29-99/user/bulan.


Quick Tips: Memilih Software CRM Terbaik

Implementasi sebuah sistem baru dalam perusahaan membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan waktu untuk penyesuaian. Sebelum memilih software yang tepat, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mencegah fungsi aplikasi CRM Anda gagal. Pertama-tama, pastikan Anda memiliki strategi CRM dan visi bisnis yang jelas terlebih dahulu.

Tips dalam memilih software CRM:

  • Mudah digunakan dan diakses

Salah satu hal penting dalam memilih aplikasi CRM adalah mudah digunakan, sebab rendahnya adaptasi pengguna adalah salah satu penyebab utama kegagalan CRM project. Pastikan software memiliki tampilan yang ramah digunakan dan dapat diakses dari berbagai perangkat seperti laptop, desktop, tablet, maupun smartphone baik secara online maupun offline.

software crm

  • Fitur lengkap dan mudah disesuaikan

Kebutuhan tiap bisnis berbeda-beda. Selain itu, ketika bisnis semakin berkembang, fitur yang diperlukan dalam CRM juga dapat berubah. Pastikan software CRM yang dipilih memiliki fitur yang dapat mengakomodasi kebutuhan bisnis Anda dan bisa disesuaikan di kemudian hari.

  • Biaya pemasangan: on premise atau cloud?

Pemilihan teknologi pada aplikasi CRM menentukan biaya pemasangan. Jika memilih on-premise, software akan menjadi milik perusahaan dan tidak ada biaya subscription. Namun biaya pemasangan akan lebih mahal, dan akan diperlukan ahli IT untuk maintenance. Sedangkan jika memilih sistem cloud tidak diperlukan biaya pemasangan dan maintenance sehingga biaya akan lebih terjangkau.

  • Integrasi dengan sistem lain

Sistem software CRM harus dapat berfungsi secara fleksibel dengan sistem lain yang sudah digunakan perusahaan. Dengan demikian seluruh sistem yang ada terintegrasi satu sama lain dan tidak berfungsi secara terpisah.


Manfaat Menggunakan Software CRM

Software CRM secara singkat memiliki fungsi sebagai pemantau aktivitas sales dan manajemen database pelanggan. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki manfaat penting lainnya seperti:


Software CRM untuk mengembangkan dan mengotomatisasi bisnis, dapatkan sekarang!

Dapatkan opsi lebih banyak di Top 10 Aplikasi CRM di Indonesia untuk Bisnis Anda, No. 1 Wajib!

Penggunaan teknologi seperti software CRM dapat membantu bisnis dalam berbagai hal, mulai dari manajemen database pelanggan, melacak dan mengotomatisasi proses bisnis, sales monitoring, hingga melacak KPI. Berbagai fitur tersebut memberikan berbagai dampak CRM bagi bisnis, di antaranya mengelola dan menganalisis data lebih mudah, meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, dan meningkatkan penjualan. Anda dapat memperoleh fitur dan manfaat tersebut dengan CRM Qontak.

Pelajari lebih lengkap mengenai Qontak.com disini untuk konsultasi gratis dan free trial selama 14 hari.

You may also like

By