Qontak WhatsApp

Software Chatting: 5 Pilihan Terbaik untuk Bisnis!

Apa Itu Software Chatting?

Software chatting atau aplikasi obrolan adalah sarana komunikasi antara bisnis dan pelanggan yang efektif dan efisien di era digital. Saat ini, telah terjadi perubahan tren dari yang semula hanya mengandalkan telepon, pesan singkat dan email, kini preferensi pengguna internet beralih ke aplikasi chat untuk berinteraksi dengan bisnis.

Mengapa Bisnis Perlu Menggunakan Software Chatting?

Perubahan gaya hidup sebagian besar diadopsi oleh konsumen milenial sebagai pengguna internet paling dominan. Mereka menginginkan layanan digital secara instan. Implementasi perangkat komunikasi yang memudahkan dan instan seperti software chatting mutlak bagi bisnis agar bisa mendekati mereka untuk dijadikan pelanggan.

Terlebih melihat laporan yang dikutip dari investor.id yang mengungkapkan bahwa:

Pengguna internet di Indonesia menginstal sampai 4 software chatting di ponselnya. Hal ini diiringi kenaikan jumlah pengguna software chatting untuk kebutuhan bisnis meningkat tajam hingga 3x lipat pada tahun 2020.

Jadi, wajib hukumnya bagi bisnis memiliki aplikasi chatting untuk dapat bersaing di pasar.


Baca penjelasan mengenai software chatting secara singkat pada presentasi slide di bawah ini:

Baca juga: Memanfaatkan Aplikasi Chatting untuk Keperluan Marketing


Apa Manfaat Software Chatting bagi Bisnis?

Penggunaan aplikasi chatting sudah sangat masif, hampir semua orang pengguna internet setidaknya memiliki satu aplikasi obrolan digital di handphone miliknya. Bagi bisnis, ini kesempatan besar untuk merangkul pelanggan sebanyak-banyaknya sehingga meningkatkan sales, strategi marketing, hingga kualitas customer service.

Software chatting mendatangkan keuntungan lainnya bagi bisnis seperti berikut ini:

  • Media Koordinasi Karyawan Efektif

Aplikasi chat memudahkan sistem koordinasi dalam sebuah perusahaan karena tidak terbatas jarak. Anda dapat dengan mudah menyampaikan tugas atau informasi penting kepada seorang/ beberapa karyawan sekaligus. Begitu pula karyawan yang dapat langsung melaporkan tugas atau kendala yang ditemui di lapangan. Hal ini sangat membantu Anda mengubah strategi untuk menyelesaikan kendala mereka saat itu juga.

  • Menghemat Waktu dan Biaya

Berbeda dengan surat, aplikasi chatting tidak membutuhkan waktu lama atau biaya tambahan pengantaran untuk menyampaikan pesan. Begitu pula saat membuat janji atau mendadak tidak harus menggunakan surat resmi, cukup dengan mengklik aplikasi chat, undangan tersebut akan langsung terkirim.

  • Sumber Informasi Tercepat

Software chatting dianggap sebagai perantara penyampaian informasi paling cepat atau real-time. Sebab, untuk bertukar informasi, Anda tidak perlu menemui orang bersangkutan. Selain itu, tanpa menunggu orang tersebut merespon, Anda masih bisa menyampaikan informasi dan bisa langsung dibaca begitu mengaktifkan handphone.

  • Sarana Komunikasi dengan Pelanggan

Aplikasi obrolan memudahkan interaksi pelanggan dan bisnis. Pelanggan juga dengan leluasa  berkonsultasi, mengajukan komplain hingga memesan produk bisnis Anda secara langsung. Sementara dalam waktu bersamaan, Anda bisa mengumpulkan informasi pelanggan untuk menyusun strategi meningkatkan bisnis.

  • Software Chatting sebagai sarana Pemasaran

Aplikasi obrolan juga dapat digunakan sebagai media untuk menyebarkan promosi produk via pesan instan ke nomor leads atau pelanggan yang telah terdaftar di database. Cara promosi seperti ini sudah dianggap wajar di kalangan pebisnis. Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mencetak brosur promosi.

Fitur penting untuk aplikasi chat, baca: E-Commerce Chat: Fitur Penting Website Toko Online


5 Pilihan Terbaik Software Chatting di Indonesia

Di era perkembangan teknologi canggih seperti sekarang, kebutuhan akan aplikasi messenger untuk bisnis menjadi keharusan. Hal ini untuk mengimbangi kebutuhan pelanggan yang menginginkan pelayanan cepat, efektif dan efisien. Berikut 5 software chatting terbaik di Indonesia yang sangat cocok untuk bisnis:

  1. WhatsApp

Software chatting

WhatsApp adalah aplikasi obrolan paling populer di Indonesia. Menurut studi Hootsuite dan We Are Social diperkirakan jumlah pengguna WhatsApp mencapai 80% atau 120 juta pengguna medsos di Indonesia. WhatsApp didukung fitur menarik seperti video call, voice note, hingga berkirim file dengan format pdf dan lainnya. Bagi bisnis, ini tentu sangat membantu baik dalam koordinasi antar karyawan ataupun berinteraksi dengan pelanggan. Terlebih WhatsApp mengeluarkan fitur WhatsApp yang khusus membantu pemasaran bisnis lebih mudah.

Jika bisnis Anda memiliki lebih dari 2 orang admin, Anda bisa melakukan upgrade menjadi WhatsApp Business API untuk penggunaan admin tanpa batas sekaligus. WhatsApp API memiliki fitur unggulan yang tidak dimiliki WA Business biasa seperti manajemen database, pesan keluar massal (WhatsApp blast), laporan kinerja, tanda centang hijau dan integrasi sistem CRM. Fitur-fitur ini akan sangat membantu peningkatan bisnis Anda lebih optimal dan kredibel di mata calon pelanggan.

  1. Line

Software chatting

Aplikasi chat selain WhatsApp yang paling banyak digunakan di Indonesia adalah Line. Pengguna aplikasi Line mencapai 59% di Indonesia. Line didukung berbagai fitur untuk chatting, termasuk pilihan stiker lucu yang membuat aktivitas percakapan menyenangkan. Wajar banyak bisnis memanfaatkan Line untuk melakukan promosi menarik untuk menjaring target market yang sebagian besar adalah anak muda. Aplikasi chat global ini juga menyediakan platform khusus untuk bisnis memiliki halaman promosi yang dapat diikuti (add) oleh target marketnya. Disana Anda dapat secara otomatis menyebarkan promosi katalog bisnis secara rutin.

  1. Facebook Messenger

software chatting

Facebook Messenger berhasil masuk dalam 3 besar aplikasi chatting yang digunakan di Indonesia mencapai 47%. Aplikasi chat yang satu ini juga dilengkapi dengan fitur obrolan, panggilan suara, video call, dan beragam stiker unik. Bisnis dan pelanggan dapat terhubung gratis dengan siapapun pengguna akun Facebook, tanpa perlu nomor telepon. Anda juga dapat membagikan informasi, katalog promosi atau detail lain seputar produk di halaman beranda melalui update status.

  1. Telegram

Aplikasi chat global satu ini, setiap harinya terdaftar 1,5 juta pengguna baru hingga menembus lebih dari 500 juta awal tahun 2021 (dikutip dari CNN Indonesia). Telegram mampu membentuk Broadcast groups yang tidak terbatas dan mengimpor obrolan dari aplikasi lain setelah di-upgrade. Riwayat percakapan dari aplikasi lain juga dapat disimpan dan diurutkan berdasarkan tanggal pengirimannya. Fitur tersebut tentu sangat bermanfaat bagi bisnis yang memiliki toko online di berbagai saluran.

  1. WeChat

WeChat adalah aplikasi chat global asal China dengan basis pengguna bulanan lebih dari 1 miliar orang. Software chatting ini menyediakan fitur Hold to Talk dan Friend Radar yang bisa mendeteksi pengguna lain di sekitar Anda. Setiap pengguna WeChat memiliki kode (barcode) yang dikenal sebagai kode QR. Kode tersebut sangat membantu bisnis untuk mudah dihubungi pelanggan hanya dengan membagikannya. Kelebihan untuk bisnis lainya,  WeChat Pay berfungsi sebagai sarana pembayaran resmi diakui Bank Indonesia sebagai Implementasi pembayaran Standar Nasional Quick Response Code (QRIS).

Rekomendasi software untuk bisnis baca: Aplikasi untuk Marketing: 6 Pilihan Terbaik bagi Bisnis!


Lalu, Software Chatting Mana yang Harus Dipilih?

Melihat besarnya tren pengguna kelima software chatting terbaik di Indonesia tersebut, sayang bagi bisnis untuk melewatkan salah satunya. Bisnis harus bisa merangkul semua pengguna aplikasi obrolan untuk diubah menjadi pelanggan. Selain itu, Anda juga perlu menghindari kekecewaan pelanggan yang ingin mengakses bisnis namun aplikasi chatting yang Anda gunakan terbatas. Maka dari itu, diperlukan perangkat digital yang menghubungkan atau mengintegrasi semua jenis software chatting tersebut seperti Qontak.com.

Sebagai official partner WhatsApp Business API, Qontak.com menyediakan aplikasi CRM didukung fitur canggih yang dapat diintegrasikan dengan berbagai software chatting seperti WhatsApp, Facebook Messenger, Line, Telegram, WeChat, Email, dan lainnya untuk otomatisasi seluruh helpdesk Anda. Seluruh percakapan dari berbagai saluran akan ditampilkan dalam satu platform yang interaktif. Anda pun bisa langsung berinteraksi dengan pelanggan di berbagai software chatting tanpa berpindah platform.

Coba GRATIS pengalaman menyenangkan integrasi software chatting selama 14 hari. Tim kami selalu siap membantu Anda yang ingin berkonsultasi terlebih dahulu seputar aplikasi chatting!

software chatting

You may also like

By