Qontak WhatsApp

Sistem CRM: Pengertian, Manfaat dan Penerapannya

sistem-crm-close-deal

Panduan Lengkap Mengenai Sistem CRM (Customer Relationship Management)

CRM (customer relationship management) adalah sebuah sistem pada bisnis yang mengkombinasikan proses, manusia dan teknologi. Tujuan bisnis menerapkan sistem CRM adalah untuk mengetahui kebutuhan dan memahami perilaku pelanggan. Setelah itu, bisnis akan lebih mudah untuk memberikan pelayanan yang optimal dan menjaga loyalitas pelanggan.

Mungkin Anda masih bingung apa sistem CRM? Bagaimana cara menggunakannya? Berikut adalah cara bagaimana customer management system dapat membantu Anda meningkatkan penjualan.


Apa itu Sistem CRM?

Sistem CRM (Customer Relationship Management) adalah strategi bisnis untuk menarik banyak prospek dan mengubahnya menjadi pelanggan dengan bantuan teknologi. Selain itu, customer management system juga dapat mempertahankan serta meningkatkan loyalitas pelanggan yang sudah ada.

Sistem CRM bekerja mengelola seluruh hubungan pelanggan dengan bisnis mulai dari urusan penjualan, marketing, hingga customer service. Customer management system ini mengkombinasikan kebijakan, proses, dan strategi dalam satu kesatuan yang diimplementasikan dalam sebuah perusahaan. Dengan begitu, bisnis dapat memaksimalkan komunikasi yang terjalin dengan pelanggan untuk meningkatkan penjualan.


Kenapa Sistem CRM Penting untuk Bisnis?

Melalui sistem CRM, bisnis mendapatkan gambaran yang jelas mengenai pelanggan dengan perspektif 360 derajat. Gambaran tersebut ditampilkan pada dashboard interaktif yang mudah dipahami. Bisnis juga dapat menyesuaikan tampilan dashboard sesuai dengan kebutuh Anda. Misalnya menampilkan riwayat pelanggan dengan Anda, status pesanan mereka, masalah layanan pelanggan yang luar biasa, dan banyak lagi.

Selain itu, customer management system menciptakan pola kerja bisnis teratur yang  mendorong peningkatan efisiensi, produktivitas, dan profitabilitas. Dimana sistem CRM mampu mengumpulkan data dan mengukur kinerja karyawan serta KPI secara otomatis, melalui laporan analisis data penjualan aktual dan real time. Hal ini tentu memudahkan Anda untuk membangun bisnis yang baik.


Apa Manfaat Sistem CRM bagi Bisnis?

Manfaat utama penggunaan sistem CRM pada bisnis adalah mengelola hubungan pelanggan dan bisnis lebih baik. Dengan begitu, diharapkan mampu meningkatkan penjualan dan loyalitas pelanggan. Selain itu, masih ada manfaat lain dari customer management system diantaranya sebagai berikut:

– Mendatangkan pelanggan baru

Selain mempertahankan pelanggan yang sudah Anda, sistem CRM juga mampu mendatangkan pelanggan baru. Caranya adalah dengan memanfaatkan customer management system untuk memberikan kenyamanan dan kepuasan pada setiap pelanggan. Mereka yang merasa puas dengan pelayanan Anda, dengan sendirinya akan menyebarkan pengalamannya pada teman atau koleganya. Hal ini tentu menguntungkan untuk Anda karena dapat mendatangkan pelanggan baru.

– Meningkatkan loyalitas pelanggan

Customer management system dapat Anda manfaatkan untuk mengumpulkan informasi pelanggan dari call center, website atau sosial media. Informasi tersebut akan sangat berguna untuk memberikan pelayanan pelanggan yang baik yang dapat meningkatkan loyalitas mereka.

– Efisiensi operasional kerja

Sistem CRM mampu mengotomatiskan sebagian alur kerja yang berulang. Hal ini tentu memberikan kemudahan Anda dalam proses penjualan produk dan layanan. Selain itu, juga dapat mengurangi human error.

– Menghemat biaya operasional

Dengan customer management system, bisnis memiliki alur kerja yang rapi, termasuk dalam mevatan biaya operasional. Oleh karena itu, Anda dapat fokus memberikan pelayanan pelanggan sehingga dapat menghemat biaya tidak penting.

– Mendapatkan Pendapatan secara Optimal

Dengan menerapkan sistem CRM yang tepat, maka dapat meningkatkan loyalitas pelanggan, mengurangi biaya, dan meningkatkan efisiensi kerja. Yang mana, ke semua hal tersebut sangat berpengaruh dalam memberikan profit (keuntungan) bagi pelaku bisnis.


Bagaimana Contoh Penerapan Sistem CRM pada Bisnis?

Sistem CRM memiliki fitur yang dapat mengefisienkan bisnis dalam menjangkau klien. Sistem ini berfungsi juga sebagai sistem customer service dan sistem helpdesk. Selain itu, kegunaan customer management system juga dapat memudahkan dalam proses memasukkan dan mengolah data, melihat dan memahami proses sales lebih baik, serta melacak kinerja tim.

Dengan fitur tersebut, bisnis dapat memanfaatkannya untuk melacak dan meningkatkan close deal melalui customer management system. Berikut cara meningkatkan penjualan dengan sistem CRM adalah

1. Memanfaatkan manajemen kontak untuk menjangkau prospek secara efektif

Salah satu fitur utama software CRM adalah menyimpan dan mengelola database pelanggan. Sistem CRM membantu perusahaan untuk mengorganisir informasi kontak klien yang diperoleh dari tim sales maupun marketing secara teratur, baik yang berasal dari website maupun interaksi langsung. Akumulasi informasi yang telah dikelola tersebut membuat proses sales berjalan lebih efektif dan menghasilkan lebih banyak penawaran atau deals.

Untuk dapat mengelola data pelanggan secara efektif, kita harus dapat melihatnya secara menyeluruh. Software CRM yang baik dapat memberikan seluruh informasi yang perlu diketahui dalam satu layar, dengan perspektif statis dan dinamis.

sistem-crm-qontak-manajemen-kontak

Software CRM Qontak.com memberikan detail lengkap pelanggan Anda secara 360 derajat, mulai dari percakapan, deals, touchpoints dengan perusahaan, hingga jadwal janji temu dengan mereka.

Dengan detail informasi tersebut, Anda dapat menargetkan calon klien yang tepat secara spesifik. Hal ini membantu Anda untuk memberikan waktu dan usaha terhadap peluang deals yang paling potensial.

2. Mempercepat deals dengan otomatisasi entri data

Kegunaan sistem CRM lainnya yaitu Anda dapat dengan mudah memasukkan dan mengelola data secara manual untuk melacak deals. Proses ini merupakan pekerjaan yang sangat memakan waktu bagi sales force atau tenaga penjualan bila tidak dibantu dengan sebuah aplikasi CRM. Padahal, waktu yang sama dapat dialokasikan untuk melakukan hal yang lebih penting, seperti berinteraksi langsung dengan klien atau menjangkau mereka. Hal ini menghambat mereka untuk melakukan close deal lebih cepat.

sistem-crm-qontak-data-entry

Software CRM yang baik mempercepat proses tersebut melalui sales automation atau sales force automation (SFA). CRM membantu mengelola riwayat deals secara otomatis dengan informasi terbaru.

Bagi seorang profesional sales, waktu sangatlah berharga. Oleh sebab itu, fitur automation dalam sistem CRM penting sekali untuk mempercepat kesepakatan penawaran terjadi.

3. Mengatur sales pipeline pada sistem CRM untuk disesuaikan dengan proses sales

Sales pipeline pada CRM system memudahkan bisnis dalam melihat proses sales secara terstruktur. Hal tersebut membantu tim sales untuk dapat melakukan deals secara konsisten.

Melihat proses sales tanpa bantuan software/aplikasi bukanlah hal yang mudah. Tidak mungkin tim sales melacak progress tiap deals secara manual. Hal tersebut berpotensi membuat tim sales tidak dapat melihat mana saja deals yang potensial.

sistem-crm-qontak-sales-pipeline

Aplikasi CRM memungkinkan Anda untuk melihat dan melacak bagaimana kemajuan tiap deals yang sedang berlangsung. Ketika tim sales dapat melihat proses sales yang sedang berlangsung dengan jelas, mereka dapat menggunakannya secara efektif dan meningkatkan deals.

4. Melihat kinerja tim secara menyeluruh

Untuk melacak dan melakukan close deal pada CRM system, perusahaan juga harus memahami kinerja tenaga sales dan keseluruhan tim. Tingkat konversi atau conversion rate sendiri merupakan salah satu indikator KPI yang wajib diukur untuk memenuhi target penjualan. Oleh sebab itu, penting bagi perusahaan untuk mengetahui anggota tim mana yang melakukan kinerja baik dan mana yang kurang. Hal ini membantu perusahaan dalam membangun strategi yang tepat untuk tiap tim dan bagaimana perbaikan yang harus dilakukan.

Manajer sales harus dapat memastikan tiap anggota tim mampu dan paham dengan proses sales bisnis, serta memberikan usaha yang terbaik. Beberapa CRM dapat berfungsi sekaligus sebagai aplikasi KPI, salah satunya Qontak. Aplikasi CRM Qontak.com dilengkapi fitur untuk melacak KPI, seperti berapa jumlah deals yang dilakukan oleh tiap individu per bulan, maupun jumlah deals per bulan. Kinerja tim sales keseluruhan sangat penting untuk dapat melakukan close deal secara konsisten.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!


Bagaimana Cara Efektif Menggunakan Software CRM?

Berbagai fitur yang ada pada software CRM sangat bermanfaat untuk melihat proses sales secara terstruktur dan efisien sehingga dapat melacak dan melakukan close deal secara konsisten. Aplikasi CRM Qontak.com tidak hanya dapat melakukan manajemen kontak, melakukan data entry secara otomatis, mengatur sales pipeline, serta tracking KPI. Software CRM Qontak.com dapat juga:

  • Kustomisasi tampilan sesuai kebutuhan dan menyajikan data lengkap dari monitoring sampai manajemen aktivitas sales. Serta memberikan analisis dan laporan untuk pengambilan keputusan yang lebih baik.
  • Dilengkapi dengan fitur Live GPS yang dapat dilakukan secara offline tanpa koneksi internet. Fitur ini akan memudahkan Anda untuk memonitor aktivitas salesman Anda saat di lapangan.
  • Terintegrasi dengan WhatsApp dan Omnichannel lainnya seperti media sosial, e-commerce dan VOIP call center pada customer service. Fitur ini dapat digunakan juga sebagai sistem customer service/sistem helpdesk.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!

baca juga: 10 Aplikasi Customer Service Terbaik untuk Bisnis


Maksimalkan Sistem CRM Anda Sekarang!

Jika Anda tertarik untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda, sistem CRM layak menjadi pertimbangan. Qontak.com menawarkan free trial bagi Anda yang ingin mencoba aplikasi CRM, klik disini. Konsultasikan secara gratis!

Hubungi Qontak.com sekarang atau dengan mengisi form COBA GRATIS di bawah ini:

You may also like

By