SFA 101: Panduan Lengkap Sales Force Automation

sfa

Apa itu SFA? Apa hubungan SFA dan CRM?

Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas mengenai apa saja fungsi sales force dan pengertian sales force automation dalam bisnis. Mari kita bahas lebih dalam tentang apa itu SFA atau sales force automation dan bagaimana hubungannya dengan CRM (customer relationship management).

Pengertian SFA

SFA atau sales force automation merupakan otomatisasi proses sales dengan sebuah software. Software sales force automation merupakan sistem yang dapat mengotomatisasi tugas bisnis seperti proses sales, melacak interaksi pelanggan, serta menganalisis prakiraan dan kinerja sales.

Sales force automation membantu sales force dalam melakukan tugas repetitif sehingga menjadi lebih produktif dan mempercepat terjadinya close deal.

Apa itu sales force? Sales force adalah tim penjualan, strategi penjualan, serta teknologi penjualan yang berada di balik sebuah bisnis untuk mendorong tumbuh pesatnya bisnis tersebut.

Sebuah penelitian menemukan bahwa rata-rata dua pertiga waktu sales force dihabiskan untuk pekerjaan administratif yang tidak menghasilkan pendapatan. Software SFA akan membantu mengatasi hal tersebut sehingga mereka dapat lebih produktif dalam melakukan penjualan.

Tujuan SFA

Sales force automation (SFA) digunakan untuk membantu tim sales dalam proses penjualan. Tujuan utama sales force automation adalah agar perusahaan dapat menjual produk/jasa mereka lebih banyak. Hal tersebut dilakukan dengan:

  1. Membantu sales force fokus pada tugas penting

Software SFA membantu salesforce melakukan tugas administrative sehingga mereka dapat lebih fokus melakukan tugas yang dapat menghasilkan pendapatan. Contohnya adalah menelpon klien, melakukan meeting, atau mengatur strategi sales.

  1. Merampingkan proses sales dengan strategi terefektif

SFA membantu proses sales lebih efisien. Tampilan Metode Kanban pada sistem akan membantu tim sales melihat tiap tahapan pada proses sales yang sedang terjadi.

SFA
Visualisasi sales pipeline dengan Metode Kanban
  1. Membantu manager mendapat insight terhadap efektivitas proses sales

Software SFA memiliki fitur pelaporan dan analisis yang dapat membantu tim sales melihat mana yang berhasil dan mana yang tidak. Hal ini dapat membantu dalam menyusun strategi sales yang lebih baik.

Fitur-fitur SFA

Terdapat berbagai pilihan aplikasi sales force automation yang tersedia di pasaran. Tiap aplikasi memiliki fitur yang berbeda-beda. Bagaimana contoh dari penerapan sales force automation pada sebuah perusahaan?

Berikut ini adalah fitur-fitur yang biasanya terdapat pada sales force automation dan digunakan dalam perusahaan:

  • Pelaporan dan analisis

Software SFA mampu memberikan laporan sales secara otomatis secara real time. Hal ini akan membantu manager ketika memerlukan analisis kinerja sales dan tim dengan cepat. Pelaporan ini juga membantu manager dalam membuat perencanan berdasarkan prediksi akurat kinerja perusahaan. Pelaporan yang dihasilkan dapat berupa kinerja tiap individu tim sales dengan melacak KPI (key performance indicator) software, pendapat bulanan atau tahunan, serta trend penjualan produk.

Tampilan sales report pada Qontak
  • Otomatisasi dokuman dan quotation

Pembuatan dokumen dan quotation tidak lagi dilakukan secara manual karena telah diotomatisasi oleh sistem. Software CRM Qontak dapat menghasilkan dokumen yang dibutuhkan secara instan dalam bentuk dokumen template spreadsheet atau word.

sfa

  • Pelacakan aktivitas tim melalui GPS

Adanya sistem mobile pada CRM Qontak mempermudah melakukan pelacakan lokasi sales di lapangan sehingga manager akan mendapat notifikasi keberadaan mereka. Tim sales hanya perlu melakukan scan kartu nama untuk menghindari pemasukan data secara manual.

  • Manajemen sales pipeline

Software SFA membantu sales force dalam memvisualisasikan sales pipeline dan memodifikasinya sesuai dengan proses sales yang sedang berjalan.

Baik perusahaan B2B maupun B2C akan terbantu melihat berbagai sudut pandang proses deals dengan fitur yang dimiliki Qontak. Deals yang sedang berlangsung dapat dengan mudah dipindahkan ke tahapan mana pun pada tampilan board.

Sales force dapat mengatur tanggal deadline beserta pengingat agar tidak ada deals yang terlewat. Semua deals dapat difilter secara menyeluruh.

sfa
Kemudahan melakukan drag & drop pada sales pipeline Qontak
  • Sistem pesanan pembelian (purchase order system)

Pesanan pembelian inbound dapat dilakukan secara otomatis. Pengelolaan pesanan pembelian dapat dilakukan dari website maupun aplikasi mobile. Selain itu, perusahaan juga dapat melakukan integrasi dengan ERP (enterprise resource planning) maupun sistem internal perusahaan.

sfaSFA dan CRM

Sales force automation dan customer relationship management pada dasarnya sama, karena SFA biasanya merupakan bagian dari CRM. Namun, secara fungsi terdapat perbedaan mendasar di antara keduanya.

CRM membantu bisnis dalam mengelola hubungan dengan pelanggan. Aplikasi CRM biasanya digunakan oleh bagian customer service dan berfokus menyimpan informasi berupa kontak pelanggan dan interaksi yang terjadi dengan pelanggan, serta bagaimana mempertahankan pelanggan. Selengkapnya mengenai CRM adalah Apa?

Sementara itu, SFA membantu bisnis dalam mengotomatisasi dan mengelola proses sales. Software SFA biasanya digunakan oleh sales force dan berfokus pada siklus sales, mulai dari melakukan prospek, kontak dengan klien, hingga close deal.

Walaupun secara mendasar keduanya berbeda, fitur SFA dan CRM biasanya terdapat dalam satu software CRM.

Kesimpulan

Sales force automation membantu sales force dalam mengotomatisasi proses sales sehingga lebih produktif dalam melakukan penjualan.

Software CRM Qontak merupakan solusi teknologi bisnis yang memiliki fitur terlengkap untuk membantu bisnis dalam mengelola hubungan dengan pelanggan dan mengotomatisasi proses sales. Sistem CRM yang dimiliki Qontak telah membantu bisnis dalam meningkatkan produktivitas hingga 64%.

Jika ingin mengembangkan dan mengotomatisasi bisnis Anda, segera hubungi kami untuk melakukan konsultasi dan mendapatkan free trial.

× Contact Us!