Qontak WhatsApp

Service Desk Application Terbaik di Indonesia

Apa Itu Service Desk Application?

Service desk application adalah aplikasi yang digunakan untuk menciptakan layanan pelanggan dengan fungsi yang lebih efektif dan efisien. Apa pun istilah yang dipakai dalam penyebutannya, fungsi dari layanan pelanggan adalah sama, yaitu mewakili sebuah perusahaan untuk menerima segala pertanyaan, keluhan, atau permintaan dari pelanggan.

Service desk online saat ini tidak hanya digunakan pada situs web saja, namun juga melalui aplikasi obrolan seperti WhatsApp. Service desk via WhatsApp bertujuan agar pelanggan dapat memperoleh tanggapan dari tim customer service dengan lebih cepat.

Seperti yang disampaikan oleh Gaery Undarsa, Chief Marketing Office & Co-Founder Tiket.com, pada Kompas.com bahwa mereka menggunakan software WhatsApp service desk karena dari dunia travel, mereka menyadari bahwa pelanggan membutuhkan tanggapan yang cepat.

Baca Juga: Apa Itu Aplikasi Helpdesk Online?


Bagaimana Cara Membandingkan Service Desk Application Terbaik?

Memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan bisnis kita tidaklah mudah. Namun, Anda dapat mengikuti cara berikut ini agar Anda dapat membandingkan mana service desk application terbaik untuk bisnis Anda:

– Ketahuilah kebutuhan pelanggan Anda.

Setiap pelanggan memiliki karakter dan kebutuhan yang berbeda-beda. Anda dapat menentukan aplikasi mana yang terbaik untuk digunakan pada bisnis Anda jika Anda mengenal pelanggan Anda dengan lebih baik.

– Perhatikan kebutuhan serta strategi tim CS Anda.

Tidak hanya mengetahui kebutuhan pelanggan, namun Anda juga wajib mengetahui kebutuhan serta strategi tim customer service Anda dalam melaksanakan tugasnya. Jika tim bisnis Anda memiliki service desk online dengan fitur lengkap sesuai kebutuhan mereka, maka hal tersebut akan memudahkan mereka dalam menyelesaikan tugasnya dengan baik. Pastikan bahwa setiap tim CS Anda dapat mengoperasikan serta mengatur service desk application tersebut dengan baik.

– Pilih  yang sesuai dengan budget yang Anda miliki.

Setiap aplikasi memiliki harga dan paket yang berbeda-beda. Ada yang dibayarkan per bulan, per tahun atau untuk sekali bayar. Sebelum memilih service desk online terbaik, penting bagi Anda harus mengukur kemampuan finansial bisnis Anda. Jangan sampai Anda berlangganan aplikasi dengan harga diluar kemampuan Anda.

– Bandingkan harga dan fitur service desk application.

Ada harga, ada kualitas, begitulah seharusnya. Untuk menyeleksi hal ini tidaklah mudah, karena kita harus benar-benar paham tentang fitur apa saja yang ditawarkan serta apakah sesuai dengan harga yang harus dibayarkan. Anda juga perlu membandingkan antara satu aplikasi dengan aplikasi lainnya untuk mendapatkan yang terbaik. Dalam hal ini, Anda juga dapat memanfaatkan uji coba gratis yang biasanya disediakan oleh penyedia aplikasi.


8 Service Desk Application Terbaik di Indonesia

Berikut ialah 8 pilihan service desk application terbaik di Indonesia yang dapat mengoptimalkan layanan pelanggan pada bisnis Anda. Anda dapat membandingkan fitur serta harga yang ditawarkan pada masing-masing aplikasi berikut:

  1. Qontak.com
  2. Freshservice
  3. Zendesk
  4. JIRA Service Desk
  5. Zoho
  6. EQUIP
  7. Faveo Helpdesk
  8. Ameyo

1. Qontak.com

Service Desk Application

Qontak.com adalah salah satu penyedia service desk application yang terhubung dengan sistem CRM Omnichannel. Selain itu, Qontak.com merupakan Official Partner untuk WhatsApp di Indonesia, jadi Anda dapat mendaftarkan bisnis Anda untuk memperoleh WhatsApp Business API yang memiliki banyak manfaat bagi bisnis. Service desk application Qontak.com terintegrasi dengan WhatsApp API yang Anda peroleh. Software WhatsApp service desk tersebut akan mengoptimalkan layanan pelanggan pada bisnis Anda sehingga penjualan dan keuntungan bisnis Anda dapat meningkat.

Harga: Harga yang dibanderol oleh Qontak.com cukup terbilang terjangkau, apalagi jika melihat fitur yang ditawarkan. Pengguna hanya perlu membayar Rp 200.000/bulan untuk setiap pengguna.

Kelebihan Qontak.com (Pros)

Kekurangan Qontak.com (Cons)

  • Perspektif tentang pelanggan dan kinerja ditampilkan secara menyeluruh dalam satu platform.
  • Matriks KPI dapat selalu dipantau dan diukur secara akurat dan real-time.
  • Terdapat visualisasi sales pipeline.
  • Laporan dan analisis bisnis lengkap, akurat, serta otomatis.
  • Memiliki fitur layanan pelanggan yang lengkap, seperti: ticketing, live chat, call center, dan lain sebagainya.
  • Dapat diintegrasi dengan saluran penting lainnya yang mengoptimalkan semua tugas tim customer service.
  • Terdapat free trial sebelum berlangganan.
  • Saat ini Qontak.com masih hanya berfokus pada market lokal saja.

2. Freshservice

Service Desk Application

Freshservice merupakan platform untuk layanan pelanggan yang berbasis cloud. Fungsi utamanya mencakup sistem tiket yang kuat, basis pengetahuan yang dapat diakses, penemuan aset, dan CMDB. Selain itu, perangkat lunak dilengkapi dengan kemampuan seperti vendor, insiden, masalah, perubahan, dan manajemen rilis.

Harga: Harga mulai dari $29/bulan untuk setiap pengguna, ada paket lainnya tergantung pada kebutuhan. Penagihan dilakukan setiap bulan.

Kelebihan Freshservice (Pros)

Kekurangan Freshservice (Cons)

  • Dapat terintegrasi dengan saluran lainnya, seperti: email, live chat, call center, dan lainnya.
  • Memberikan informasi yang jelas kepada penggunanya terkait layanan yang diberikan.
  • Dapat digunakan dimana dan melalui perangkat seluler.
  • Terdapat free trial sebelum berlangganan.
  • Dapat digunakan untuk bisnis dalam berbagai skala.
  • Memiliki fitur ticketing yang dapat membantu tim customer service untuk mengenali permasalahan sesuai kategori serta untuk menentukan prioritas kerja.
  • Memberikan laporan dan analisis bisnis.
  • Sebagian pengguna berpendapat bahwa fitur yang ditawarkan cukup berlebihan serta terbilang mahal untuk sebuah aplikasi layanan pelanggan.
  • Aplikasi berfokus hanya pada pelanggan internal.
  • Tidak terintegrasi dengan media sosial.

3. Zendesk

Service Desk Application

Zendesk adalah salah satu aplikasi perangkat lunak service desk online terkemuka di pasaran. Aplikasi ini dirancang agar dapat diskalakan, fleksibel, serta andal. Selain itu, aplikasi dapat membantu Anda untuk meningkatkan komunikasi serta memahami data pelanggan yang Anda miliki dengan kemampuan omnichannel dan analitik penelusuran.

Harga: Terdapat beberapa paket harga baik untuk keperluan personal maupun perusahaan. Harga dibanderol mulai dari $49/bulan untuk setiap pengguna, penagihan dilakukan setiap tahun.

Kelebihan Zendesk (Pros)

Kekurangan Zendesk (Cons)

  • Dapat meningkatkan kecepatan dan efisiensi kerja sekaligus mengurangi gesekan atau keluhan yang biasa terjadi dalam proses pelayanan pelanggan.
  • Membantu penggunanya untuk membuat keputusan cerdas dan cepat melalui laporan dan analisis bisnis.
  • Laporan atau wawasan yang diberikan dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.
  • Terdapat fitur integrasi dengan saluran atau alat bisnis penting lainnya yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Harga yang ditawarkan cukup tinggi.
  • Fitur yang lengkap dan terbaik hanya tersedia pada paket yang lebih mahal.
  • Tidak memiliki fitur perubahan dan manajemen aset.

4. JIRA Service Desk

Service Desk Application

JIRA Service Desk telah diakui sebagai pemimpin dalam service desk application oleh G2 Crowd. Aplikasi ini mudah digunakan, mudah disiapkan, dan memiliki semua yang Anda butuhkan untuk dukungan TI dan layanan pelanggan. Karena kemudahannya, Anda bisa mulai menjalankannya dalam beberapa menit.

Harga: Paket harga yang termurah yaitu $20/bulan untuk setiap pengguna. Terdapat harga paket lainnya juga yang bisa Anda pilih.

Kelebihan JIRA Service Desk (Pros)

Kekurangan JIRA Service Desk (Cons)

  • Pelanggan dapat menghubungi dan meminta bantuan dari tim CS dengan mudah. Selain itu, pelanggan juga bisa melacak progress penyelesaian masalah.
  • Tim CS Anda menjadi lebih produktif karena sistem pada aplikasi ini bekerja secara cerdas dengan adanya alur kerja yang jelas, otomatisasi, sistem antrian, dan sebagainya.
  • Terdapat sistem ticketing yang membuat tim CS dapat mengetahui permintaan mana yang harus segera mendapat penyelesaian.
  • Tidak memiliki basis informasi atau pengetahuan yang terintegrasi.
  • Tidak memberikan akses pelanggan melalui media sosial.
  • Hanya pengguna dan alamat e-mail dari domain primer yang dapat memanfaatkan aplikasi ini jika akun Google Apps pengguna tersebut dikaitkan dengan beberapa domain.

5. Zoho

Service Desk Application

Zoho memiliki beberapa produk yang dapat Anda pilih, salah satunya adalah Zoho Desk. Aplikasi ini berfungsi sebagai salah satu solusi dukungan TI dan layanan pelanggan terlengkap yang tersedia untuk bisnis kecil hingga menengah (UKM) saat ini. Platform ini menawarkan paket gratis untuk maksimal tiga agen dan berfungsi sebagai pintu gerbang ke beragam produk Zoho lainnya.

Harga: Untuk paket berbayar paling bawah, harga yang dipatok adalah $14/bulan untuk setiap pengguna. Penagihan dilakukan setiap tahun.

Kelebihan Zoho (Pros)

Kekurangan Zoho (Cons)

  • Terdapat fitur voice over IP (VoIP), integrasi dengan media sosial, serta analisis data untuk manajer yang bertugas memantau interaksi dan layanan bisnis
  • Terdapat paket starter gratis yang dapat Anda coba dengan maksimal 3 agen saja.
  • Memiliki integrasi yang kuat dengan produk Zoho lainnya.
  • Sangat mudah untuk dikonfigurasi dan dikelola.
  • Tidak mendukung manajemen masalah, manajemen perubahan, dan manajemen aset.
  • Paket starter yang ditawarkan memiliki batasan kemampuan. Kemampuan yang maksimal tersedia di paket berbayar lainnya (paket menengah).
  • Gamifikasi terbatas hanya pada forum komunitas.
  • Dashboard masih perlu diperluas lagi.

6. EQUIP

EQUIP merupakan sistem manajemen helpdesk dan ticketing yang dirancang untuk beroperasi secara fleksibel sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan tim CS Anda. Service desk application ini mengklaim bahwa aplikasi mereka cukup kuat untuk menangani bisnis yang paling rumit, namun juga cukup fleksibel untuk menangani bisnis yang masih dalam tahap berkembang.

Harga: Harga yang dibanderol untuk aplikasi ini bervariasi tergantung pada kebutuhan bisnis Anda.

Kelebihan EQUIP (Pros)

Kekurangan EQUIP (Cons)

  • Mencakup ERP, CRM, HRM, Inventaris, E-Faktur, dan lainnya.
  • Mencakup fitur seperti mengelola panggilan, e-mail, tiket dalam satu platform.
  • Memiliki sistem otomatisasi dalam penugasan tiket dan laporan metrik kinerja tim.
  • Pelanggan dapat mengirimkan dan melacak status tiket mereka.
  • Menyediakan pengingat otomatis untuk tiket yang tidak aktif, belum direspon, atau belum terselesaikan.
  • Memberikan laporan kinerja tim dan pencapaian secara rinci.
  • Dengan banyaknya industri dan jasa yang dicover, prospek bisa saja bingung harus memulai dari kebutuhan yang mana. Konsultasi sangat diperlukan sebelum mencoba aplikasi ini.

7. Faveo Helpdesk

Faveo Helpdesk adalah sebuah aplikasi service desk online yang menggunakan sistem tiket open source yang dibangun di atas kerangka kerja Laravel. Aplikasi ini dapat diintegrasikan dengan email dan formulir web. Faveo Helpdesk dirancang khusus bagi startup dan UKM yang mempertimbangkan kesederhanaan dan kemudahan dalam penggunaan.

Harga: Berbeda dengan aplikasi lainnya yang tersedia dalam versi berlangganan, Faveo Helpdesk dibayarkan sekali saja. Harga bervariasi sesuai kebutuhan dan paket apa yang Anda pilih. Untuk paket self-hosted bagi startup, harga yang dibanderol adalah $576. Sedangkan yang menggunakan layanan Faveo cloud harus berlangganan, harga mulai dari $36/bulan.

Kelebihan Faveo Helpdesk (Pros)

Kekurangan Faveo Helpdesk (Cons)

  • Aplikasi dapat dikostumisasi sesuai kebutuhan penggunanya.
  • Tersedia dalam 2 layanan, yaitu hosting pribadi dan faveo cloud.
  • Aplikasi ini mudah dipasang dan mudah digunakan.
  • Semua layanan termasuk ticketing, jumlah agen dan klien tidak terbatas.
  • Harga yang harus dibayarkan cukup mahal untuk sebuah aplikasi layanan pelanggan.
  • Versi gratisnya memiliki fitur yang sangat terbatas.

8. Ameyo

Ameyo merupakan salah satu service desk application yang menitikberatkan produknya pada layanan call center yang memungkinkan penggunanya untuk bekerja dari mana saja. Aplikasi Ameyo dapat menjangkau konsumen atau pelanggan secara terukur dengan tingkat keamanan sekelas perusahaan.

Harga: Sistem penggunaan ialah berlangganan dengan harga bervariasi tergantung kebutuhan bisnis Anda.

Kelebihan Ameyo (Pros)

Kekurangan Ameyo (Cons)

  • Integrasi fitur rich calling untuk tim call center yang lebih efisien dan proaktif. Pengguna hanya membutuhkan laptop dan koneksi internet untuk mengoperasikannya.
  • Fitur auto dialer agar tim call center dapat menghemat waktu dalam melakukan panggilan kepada prospek dan pelanggan Anda.
  • Dapat melakukan berbagai tugas dalam satu platform, seperti menahan panggilan, mengalihkan panggilan, melakukan panggilan konferensi, dan sebagainya.
  • Terdapat matriks kinerja yang dapat digunakan untuk melihat dan memantau tingkat produktivitas tim.
  • Fitur perekaman panggilan untuk melihat riwayat panggilan serta interaksi yang terjadi antara pelanggan Anda dengan tim call center Anda.
  • Perlu aplikasi tambahan jika ingin mengoptimalkan layanan pelanggan dalam bisnis atau perusahaan Anda, karena aplikasi ini belum mencakup semua layanan pelanggan.

Baca Juga: 8 Aplikasi Helpdesk Berbasis Web dan 7 Pilihan Terbaik Software Helpdesk Online


Bagaimana Mendapatkan Service Desk Application Terbaik?

Anda bisa mendapatkan service desk application terbaik di Indonesia dengan mudah melalui Qontak.com. Dari uraian di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa service desk online yang disediakan oleh Qontak.com memiliki fitur yang lengkap. Salah satunya adalah kemampuannya untuk diintegrasikan dengan saluran bisnis penting lainnya. Hal ini dapat meringankan tugas tim CS Anda sehingga juga akan berpengaruh kepada hubungan pelanggan. Hubungan pelanggan yang baik akan meningkatkan sales dan keuntungan pada bisnis Anda.

Qontak.com menyediakan uji coba software WhatsApp service desk secara GRATIS. Tidak hanya itu, tim dari Qontak.com akan selalu siap untuk Anda yang ingin berkonsultasi terlebih dulu.

Hubungi kami sekarang!

Service Desk Application

You may also like

By