Qontak WhatsApp

Sebelum Merombak Website Bisnis Anda, Periksa Hal-Hal Berikut Terlebih Dahulu!

Website Re-Design

Anda merupakan pemilik situs online tempat bisnis dan transaksi berlangsung? Anda tentu ingin tetap menjalankan situs Anda dengan lancar sambil berusaha mengikuti tren terkini yang membuat situs tetap menarik. Sebelum buru-buru mengadaptasi desain web yang sedang populer, pastikan terlebih dahulu Anda sdah mempertimbangkan hal-hal ini sebelum merombak total situs Anda tersebut.

  1. Cek, apakah ada yang salah dengan alur situs Anda saat ini sehingga Anda perlu merubahnya?

Jika memang situs yang Anda miliki saat ini masih termasuk situs yang sangat basic dan belum memiliki fitur apapun yang dapat memperbaiki performa penjualan bisnis Anda. Sebelum merombak apapun, selalu pikirkan bagaimana jadinya jika customer Anda yang sedang mengakses situs Anda, akankah mereka kesulitan? Fitur apa yang akan paling membantu dan paling dibutuhkan? Anda dapat melakukan riset kecil-kecilan untuk melihat komplain apa yang paling banyak dikeluarkan oleh para customer yang termasuk ke dalam target market Anda sehubungan dengan penggunaan situs yang serupa dengan situs Anda.

  1. Pastikan terlebih dahulu tujuan Anda melakukan re-design adalah hal yang benar dan tidak merusak branding bisnis Anda

Jika memang terdapat proses branding ulang atau perbaikan brand bagi bisnis Anda, maka perbaikan dan desain kembali sebuah situs memang diperlukan. Namun, jika Anda tidak ingin melakukan rebrand bagi bisnis Anda, maka situs Anda tidak perlu terlalu banyak mengalami perubahan meski perlu tetap diperbaiki secara terus-menerus. Untuk mempertimbangkan desain dari suatu web, selalu pertimbangkan poin SMART atau Specific, Measurable, Attainable, Realistic dan Timely. Jika semuanya terpenuhi, maka Anda dapat melakukan re-design.

Website Re-Design
Sumber gambar: wazzam.com.au
  1. Fitur-fitur apa saja yang Anda ingin muncul di situs Anda

Lagi-lagi, fokuslah pada riset mengenai situs yang menurut Anda fitur-fiturnya bagus dan diperlukan oleh bisnis Anda. Jika memungkinkan, konsultasikan hal ini dengan desainer web Anda untuk tahu mana yang sesuai dengan bisnis Anda dan konten dari situs Anda, mana yang tidak sesuai. Jadikan hal ini pertimbangan agar Anda dapat melakukan perbaikan bagi bisnis Anda dan tampilan situs secara keseluruhan.

Website Re-Design
Sumber gambar: webmechanix.com
  1. Apakah ada perubahan dari produk atau jasa yang bisnis Anda tawarkan?

Jika memang core business atau inti dari bisnis Anda alias produk dan jasa yang Anda jual memang sudah mengalami penyesuaian, maka hal ini dapat menjadi salah satu pertimbangan melakukan re-design pada website. Hal ini dapat menjadi timing yang pas untuk melakukan launching produk dan jasa, sekaligus perkenalan tampilan terbaru situs Anda.

  1. Bagaimana fungsi utama dari situs yang Anda inginkan?

Dengan adanya re-design situs menjadi desain terbaru, apa tujuan utama Anda? Apakah Anda meyakini dengan berubahnya desain dari situs Anda, penjualan akan berlangsung dengan lebih lancar dan situs akan mendatangkan lebih banyak konversi? Atau apakah desain situs yang baru bertujuan untuk men-support suplai konten terbaik? Apa saja tujuan utama dilakukannya re-design? Anda harus tahu hal ini sebelum memutuskan merombak ulang desain situs.

Apakah memang desain ulang bagi situs Anda diperlukan?

You may also like

By