Qontak WhatsApp

Sandbox WhatsApp: Definisi & Cara Mendapatkannya

Sandbox WhatsApp

Mengenal Sandbox WhatsApp dan Cara Mendapatkannya!

Saat ini, bisnis mulai banyak yang menggunakan WhatsApp Business API untuk meningkatkan layanan pelanggan mereka. Namun, sebelum benar-benar setuju menggunakan WhatsApp Business API, mungkin Anda ingin melakukan uji coba atau melihat bagaimana cara WhatsApp API ini bekerja. Oleh karena itu, menggunakan Sandbox WhatsApp Business API adalah jawabannya.

Pada prinsipnya penggunaan WhatsApp Business API sandbox serupa dengan WhatsApp API, salah satunya menerima dan mengirimkan pesan baik yang template atau bukan. Jadi Anda bisa menggunakan WhatsApp sandbox API untuk melakukan testing sebelum benar-benar melayani pelanggan dengan WhatsApp API.

6 cara untuk memperoleh sandbox WhatsApp adalah

  1. Mendaftar ke Official Facebook Partner Qontak.com
  2. Request akun sandbox WhatsApp API
  3. Login dengan username yang diberikan
  4. Lakukan testing sesuai kebutuhan bisnis Anda

Mengenal Sandbox WhatsApp


 

Apa itu Sandbox WhatsApp?

Sandbox WhatsApp adalah akun yang digunakan untuk melakukan testing sebelum Anda mulai menggunakan WhatsApp Business API. Akun sandbox WA ini menyerupai akun aslinya sehingga Anda tidak perlu khawatir adanya perbedaan. Akun ini hanya disediakan oleh Official Facebook Partner seperti Qontak.com.

Pasalnya dalam proses mengajukan permohonan penggunaan WhatsApp Business API ke Facebook, perlu beberapa saat sebelum disetujui. Jadi sambil menunggu disetujui, Anda dapat mulai menguji dan mengembangkan solusi dan alur WhatsApp Business Anda melalui WhatsApp Business API sandbox Qontak.com.

Dengan menggunakan WhatsApp sandbox API, Anda dapat membuat prototipe pengiriman pesan keluar dan membalas pesan masuk. Selain itu, Anda bisa menguji fungsionalitas API WhatsApp Business lainnya. Misalnya mengatur Chatbot untuk membalas pesan secara otomatis ke pelanggan Anda nantinya atau mencoba mengirimkan pesan otomatis berdasarkan trigger seperti OTP, reminder, dan lain-lain. Meski sebuah akun prototipe, Anda tidak perlu khawatir tentang kebocoran data. Sebab WhatsApp menawarkan solusi enkripsi end-to-end yang menjamin seluruh keamanan data penggunanya.

Saya Mau Coba Gratis Chatbot IT Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Chatbot IT Sekarang!


Bagaimana Cara Mendapatkan Sandbox WhatsApp?

Waktu yang dibutuhkan WhatsApp Business terverifikasi atau disetujui oleh Facebook tercepat adalah 1-2 hari kerja. Untuk beberapa kasus, tak jarang pula Facebook membutuhkan waktu lebih dari satu minggu. Namun tak perlu khawatir, Anda tetap bisa memanfaatkan WA API dengan WhatsApp Business API sandbox.

Anda bisa mengikuti langkah berikut untuk mendapatkan WhatsApp sandbox API:

Step 1. Mendaftar ke Official Facebook Partner Qontak.com

WhatsApp sandbox hanya bisa diperoleh dari mitra resmi WhatsApp API di negara asal. Pilihlah partner resmi terbaik di Indonesia seperti Qontak.com. Sebagai official partner WhatsApp API, Qontak.com akan membantu Anda mendaftarkan dan mendapatkan persetujuan dari Facebook. Selain itu, Qontak.com juga menyediakan Sandbox WA yang mudah digunakan dan didukung dengan fitur lengkap.

Saya Mau Coba Gratis Chatbot IT Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Chatbot IT Sekarang!

Step 2. Request akun sandbox WhatsApp APIrequest demo-WhatsApp Sandbox

Setelah Anda mendaftar pada website Qontak.com atau melalui WhatsApp, Anda akan diundang untuk demo secara online. Saat demo ini, Anda akan dijelaskan untuk penggunaan, fitur, dan detail mengenai WhatsApp Business API. Setelah demo dan cukup paham tentang penggunaan WA API, maka Anda akan diberikan akun sandbox gratis untuk Anda coba.

Step 3. Login dengan Username yang DiberikanChatpanel-Sandbox WhatsApp

Setelah Anda mendaftar dengan Qontak.com dan request untuk akun sandbox, Anda akan mendapatkan akan mendapatkan password dan username untuk login ke chat panel Qontak.com. Password dan username ini dapat Anda gunakan untuk memulai menggunakan akun sandbox.

Step 4. Lakukan testing sesuai kebutuhan bisnis Anda

Setelah mendapatkan akun sandbox WhatsApp API, Anda dapat melakukan testing di akun tersebut seperti mengirimkan pesan template untuk blast atau autoresponder, melakukan percakapan, mengirimkan jawaban, hingga melakukan simulasi pembagian pesan ke admin/agent.

1. Kirim template pesan dari sandbox

WhatsApp-Sandbox-Templates

Sandbox mereplikasi percakapan yang dimulai oleh bisnis melalui API WA menggunakan Template Pesan untuk blast. Anda dapat menggunakan template yang tersedia dan telah disetujui oleh WhatsApp untuk untuk pengujian. Setelah itu, Anda dapat mempersonalisasi pesan dengan mengatur variabel penerima pesan. Kemudian klik ‘Submit’ dan pesan template WhatsApp akan terkirim ke nomor kontak yang Anda masukkan.

2. Kirim jawaban dari device Anda

Tulis jawaban pada device dan kirimkan ke nomor WA sandbox. Saat pesan jawaban terkirim, sesi percakapan 24 jam diaktifkan, Anda dapat mengontrol pesan yang masuk dari dan keluar sandbox WA. Anda dapat mengirimkan pesan jawaban tak terbatas. Tampilan pesan akan diperbarui setiap 24 jam secara otomatis. Anda juga melakukan percakapan dua arah dengan Sandbox.

3. Kirim balasan dari sandbox WhatsAppSandbox WhatsApp-Uji-Coba-Pesan

Setelah Anda mengirimkan pesan dari device, Anda harus mengirimkan balasan melalui WA sandbox. Buatlah percakapan lebih dalam seolah Anda sedang berbicara dengan pelanggan. Karena Anda sedang dalam sesi percakapan 24 jam, isi balasan yang Anda kirimkan tidak dibatasi dengan template.

Jika Anda mengalami kesulitan, maka tim dari Qontak.com selalu  siap untuk membantu Anda. Informasi yang lebih lengkap tentang WhatsApp API, fitur-fiturnya, proses pendaftarannya, serta pelayanan yang akan Anda dapatkan dari Qontak.com, dapat dibaca disini.


Bagaimana Cara Menggunakan Sandbox WhatsApp?

Setelah Anda telah terhubung dengan Whatsapp Business API sandbox, tentu Anda harus memanfaatkannya semaksimal mungkin. Hal ini agar saat WhatsApp Business API Anda telah disetujui oleh Facebook, Anda telah terbiasa dan langsung menggunakannya untuk berinteraksi dengan pelanggan.

Berikut cara menggunakan WhatsApp sandbox API yang bisa Anda ikuti adalah

– Mengirimkan pesan blast

Mengirimkan pesan blast wajib Anda lakukan saat menggunakan sandbox. Sebab, saat menggunakan WhatsApp nantinya, Anda akan sering mengirimkan pesan blast ke pelanggan. Maka dari itu, Anda harus memanfaatkan sandbox untuk mengirimkan pesan blast sambil menunggu persetujuan dari Facebook. Termasuk mencoba mengatur beberapa variabel untuk mempersonalisasi pesan.

– Konfigurasi pesan berdasarkan trigger

Dengan menggunakan akun sandbox, Anda bisa melakukan testing untuk konfigurasi pengiriman pesan berdasarkan trigger tertentu dari bisnis Anda. Seperti pengiriman pesan OTP ke WhatsApp, notifikasi pemesanan, pengiriman, janji atau appointment, atau pesan berdasarkan pemicu tertentu lainnya. Biasanya Anda hanya memerlukan webhook dan token API untuk menghubungkannya.


Dapatkan Sandbox WhatsApp Sekarang!

Manfaatkan sandbox WhatsApp sebaik mungkin sebelum mulai menggunakan WhatsApp API. Dimana hal ini dapat membantu Anda lebih mudah dalam mengoperasikan WhatsApp Business untuk melayani pelanggan serta mempromosikan produk yang Anda tawarkan.

Qontak.com menyediakan solusi end-to-end WhatsApp API yang terintegrasi dengan sistem Omnichannel CRM. Fitur lengkap WhatsApp API dari Qontak.com tidak hanya membantu memberikan layanan pelanggan lebih baik, tapi juga meningkatkan penjualan bisnis. Sudah lebih dari +1000 bisnis memberikan kepercayaan kepada Qontak.com.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!

Atau dengan mengisi form di bawah:

0 comments

By