Qontak WhatsApp

Sales Report App: 5 Cara Membuat Laporan Harian Terbaik

sales-report-app

Semua Hal yang Anda Butuhkan untuk Membuat Laporan Harian dengan Sales Report App

Sales report app dirancang untuk menghasilkan laporan analisa data penjualan dengan mengotomatiskan alur kerja menjadi lebih efisien. Laporan tersebut menampilkan tren dan pencapaian target penjualan dalam kurun waktu harian, mingguan, bulanan atau tahun tahunan. Maka dari itu sales report system digunakan bisnis untuk meningkatkan kinerja usahanya baik dari sisi finansial maupun efisiensi tenaga kerja.

5 cara Mudah membuat laporan penjualan harian menggunakan sales report app, sebagai berikut:

  1. Pilih Aplikasi Laporan Penjualan Terbaik
  2. Menyusun Template Laporan Harian
  3. Tentukan Jenis Laporan Harian yang akan digunakan
  4. Lakukan Uji Coba
  5. Analisis Secara Berkala

Apa itu Sales Report App?

Sales Report App adalah perangkat lunak yang melakukan pencatatan tahapan penjualan mulai dari permintaan, pemesanan hingga pembayaran. Pencatatan tersebut dilakukan secara real time dan otomatis sehingga laporan penjualan dapat tersimpan, terorganisasi serta terpantau lebih cepat dan mudah.

Melalui aplikasi untuk sales report, tim sales bisa mengakses seluruh informasi yang berkaitan tugasnya secara langsung dalam satu tampilan. Mereka juga bisa dengan mudah memperbarui laporan kinerja mereka kapanpun dan dimanapun.

Begitu pula manajer yang dapat dengan mudah memantau kinerja sales di lapangan. Mereka dapat langsung mengubah atau mengatur tugas dan peran sales yang mengalami hambatan. Diharapkan perubahan itu dapat mengurangi resiko kerugian.


Mengapa Perlu Menggunakan Sales Report App?

Manfaat utama sales report app adalah mempersingkat waktu untuk menyelesaikan laporan harian lebih efisien sehingga bisa meningkatkan produktivitas. Berdasarkan laporan Salesforce’s third annual “State of Sales” mengungkapkan hampir 57% dari 2900 sales profesional tidak berhasil memenuhi target. Alasannya sebagian besar waktu mereka, digunakan untuk menyelesaikan daily sales report sehingga hanya tersisa 37% waktu mereka untuk berjualan.target-achievements-in-sales-report-app

Aplikasi untuk sales report memiliki banyak keunggulan lainnya seperti berikut:

– Laporan Penjualan Terpantau Langsung

Sales dapat langsung melakukan update pada sales report system begitu telah menyelesaikan tugasnya pada aplikasi laporan sales. Misalnya melaporkan jumlah stok barang sesaat setelah menyelesaikan proses distribusi bahkan masih di lokasi pelanggan. Hal ini memudah proses evaluasi internal untuk menerapkan berbagai kebijakan selanjutnya.

– Monitoring Sales lebih Praktis

Sales Report App umumnya dilengkapi dengan fitur tracking lokasi sales serta presensi online. Hal ini memungkinkan karyawan untuk melakukan presensi dari mana saja dan kapan saja sehingga lebih dapat memaksimalkan alokasi waktu untuk di lapangan. Selain itu, pihak perusahaan juga dapat melakukan verifikasi data tersebut sehingga kedua belah pihak sama-sama diuntungkan.

– Laporan Sales Report App Sebagai Bahan Evaluasi

Aplikasi untuk laporan penjualan harian sales menyajikan data nyata yang dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk menyusun strategi. Anda bisa melihat kebiasaan pelanggan lebih jelas untuk meningkatkan proses pemasaran produk. Bahkan Anda bisa mengontrol sales sistem apabila transaksi tersebut memiliki perubahan untuk mengurangi resiko kerugian.

– Meningkatkan Produktivitas

Berdasarkan aplikasi untuk laporan penjualan harian sales dapat diketahui seberapa banyak transaksi yang terjadi setiap harinya. Data tersebut dapat Anda gunakan untuk menentukan target apa saja yang dapat meningkatkan produktivitas sales di masa mendatang untuk mengembangkan bisnis Anda menjadi lebih baik lagi.

Anda dapat membekali sales Anda dengan aplikasi yang memiliki 6 fitur penting untuk sales lapangan.

– Menggambarkan Kredibilitas Bisnis

Dengan menyajikan laporan penjualan akurat dan tepat dari sales report app, membuktikan bahwa bisnis Anda berkembang baik. Laporan ini juga dapat mendukung perhitungan dalam laporan keuangan lebih rinci atas transaksi penjualan secara harian. Data laporan bisa diakumulasi untuk laporan keuangan per akhir periode yang lebih akurat sehingga pemilik saham atau mitra bisnis Anda lebih percaya.

– Mudah Berkomunikasi dengan Sales Report App

Penyampaian informasi ke tim sales selama ini mayoritas masih dilakukan dengan cara yang lebih kasual seperti melalui grup koordinasi pesan instan. Hal ini tidak salah, tetapi cukup merepotkan untuk dilakukan pelacakan dan pengorganisasian saat dibutuhkan kemudian hari. Aplikasi laporan sales mengorganisasi semua laporan tim sales dalam satu tampilan dan memungkinkan setiap sales berkomunikasi disana.


5 Rekomendasi Sales Report App terbaik untuk Bisnis Anda

1. Qontak.com

logo-Qontak

Qonak.com adalah penyedia sales report app yang sudah banyak digunakan bisnis untuk membuat laporan harian, bulanan dan tahunan. Aplikasi laporan penjualan Qontak.com dapat di kustomisasi untuk mengelola dan memantau tim penjualan lapangan & kanvas, aktivitas tim & sales order dari satu platform. Aplikasi untuk sales report Qontak.com mudah untuk digunakan dan terintegrasi dengan berbagai saluran seperti website, WhatsApp, chat & media sosial, telepon, live GPS,  live photo dan lainnya.

2. HubSpot

Sales-report-app-hubspot

HubSpot membantu bisnis mendapatkan laporan penjualan lebih baik. Aplikasi sales report dari HubSpot mengelola data prospek untuk menarik mereka menjadi pelanggan. Aplikasi ini terintegrasi dengan aplikasi lainnya yang memungkinkan mengirimkan email notifikasi ke prospek dan laporan panggilan melalui browser.

3. Salesforce

sales-report-app-Salesforce

Salesforce menyediakan aplikasi laporan sales yang memungkinkan Anda untuk melihat pencapaian target dan melacak penjualan. Aplikasi ini didukung fitur yang dapat memprediksi hasil dan memberikan rekomendasi untuk meningkatkan produktivitas tim sales. Selain itu juga terintegrasi dengan aplikasi lainnya yang memudahkan untuk mengelola data penjualan.

4. Zoho

logo-zoho

Zoho menyediakan aplikasi laporan sales yang membantu bisnis menganalisa dan melacak aktivitas tim penjualan. Cara kerja aplikasi Zoho dengan menyederhanakan siklus penjualan menjadi lebih mudah, sehingga meningkatkan produktivitas. Zoho juga dilengkapi laporan mendalam seluruh aktivitas penjualan dalam bentuk grafik, bagan, dan pengukur target pada satu dashboard.

5. Sugar CRM

sales-report-app-sugar-crm

Sugar CRM mengotomatisasikan laporan kinerja penjualan, kampanye pemasaran, layanan pelanggan dan lainnya. Aplikasi ini juga mengkonsolidasikan data pelanggan ke satu tempat seperti manajemen kontak, akun, prospek, peluang, perkiraan, kutipan, kontrak, komunikasi dan pelaporan. Dengan aplikasi laporan Sugar CRM akan mendorong pendapatan, meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya operasional penjualan.


Bagaimana Cara Membuat Laporan Harian dengan Sales Report App?

Cara membuat daily sales report cukup mudah. Anda memerlukan aplikasi laporan sales yang mudah digunakan dan memiliki fitur lengkap untuk mendapatkan laporan yang cepat dan akurat. Berikut cara membuat daily sales report yang akan membuat perangkat dashboard CRM berfungsi dengan baik pada bisnis Anda:

Step 1. Pilih Aplikasi Laporan Penjualan Terbaik

Laporan-crm-Qontak

Untuk membuat daily sales report, Anda perlu memilih aplikasi untuk sales report system yang andal. Caranya Anda dapat menjalin kerjasama dengan penyedia aplikasi laporan sales yang profesional seperti Qontak.com.  Sales report system  Qontak.com memungkinkan untuk menghasilkan daily sales report sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda seperti berdasarkan prospek, kontak, deals dan peluang. Selain itu Qontak.com juga bisa digunakan untuk melacak kinerja penjualan per tahun/bulan/hari, kinerja salesman, serta target deals berdasarkan stage, geographic dan target penjualan.

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!

Step 2. Menyusun Template Laporan Harian

Tentukan target dan KPI yang ingin dicapai. Selanjutnya buat template daily sales report yang menampilkan visualisasi dari target dan KPI yang Anda inginkan. Hal yang perlu Anda perhatikan dalam merancang template laporan harian adalah:

  • Pastikan visual dan data diatur secara logis, dapat dipindai dan mudah untuk mengekstrak informasi.
  • Jangan menggunakan lebih dari 3 warna pada salah satu sampel laporan CRM Anda, karena ini hanya akan mengganggu pandangan dan mengurangi informasi di halaman.
  • Padukanlah antara wawasan historis, prediktif dan real time pada dashboard untuk menawarkan nilai tambah.

Step 3. Tentukan Jenis Laporan Harian yang akan digunakan

Ada beberapa jenis laporan yang ingin Anda masukan pada tampilan dashboard aplikasi laporan sales. Misalnya laporan pipeline untuk melacak prospek, rasio konversi, siklus penjualan, laporan probabilitas dan pendapatan, ROI pemasaran dan masih banyak lagi. Anda dapat memilih salah satu diantaranya  atau membuatnya sendiri sesuai dengan kebutuhan bisnis. Anda dapat mengkonsultasikan hal ini dengan Qontak.com untuk mendapatkan masukan Anda untuk mengambil keputusan.

customized-sales-report-app

Step 4. Lakukan Uji Coba Sales Report App

Qontak.com akan merancang daily sales report sesuai keinginan Anda. Kemudian Anda dapat menggunakannya untuk operasional bisnis sehari-hari. Namun sebelumnya, Anda perlu uji coba untuk memastikan laporan yang dihasilkan berfungsi sesuai dengan harapan Anda. Apabila masih belum, Anda bisa meminta bantuan Qontak.com untuk memperbaikinya.

Step 5. Analisis Secara Berkala

Setelah rutin menggunakan aplikasi laporan sales, Anda tetap perlu menganalisis dan memeriksa apakah laporan yang dihasilkan telah sesuai dengan yang diinginkan atau mengalami masalah. Dengan begitu Anda juga dapat melihat apakah bisnis dan tim Anda telah berhasil mencapai target yang telah ditentukan sebelumnya. Lakukan hal ini secara berkala sehingga bisnis Anda dapat berkembang dan beroperasi lebih baik.


Bagaimana Menggunakan Sales Report App yang baik?

Penerapan sales report app yang baik adalah yang mampu menghasilkan perubahan bisnis ke arah lebih baik. Berikut 5 tips menghasilkan laporan yang baik dengan aplikasi sales report dari Qontak.com:

Berikut 5 cara menghasilkan laporan yang baik dengan sales report app dari Qontak.com:

– Memperbaiki Produktivitas Sales

Dashboard laporan yang canggih memudahkan Anda melacak pencapaian tim sales. Fitur ini memungkinkan Anda untuk melihat tren penjualan Anda selama periode waktu mingguan, bulanan, triwulanan, dan tahunan. Laporan aktivitas pada setiap tindakan yang diambil secara otomatis sehingga Anda selalu mendapatkan laporan up to date. Dengan demikian Anda dapat dengan mudah menyusun atau mengubah strategi penjualan untuk tim sales berkendala yang berdampak pada peningkatan produktivitas sales.

Anda dapat meningkatkan kinerja sales dengan membaca: 5 Cara Meningkatkan Kinerja Sales

– Mengelompokkan Tim Sales

Manajemen database dan lead memungkinkan untuk mengkelompokan tim Anda berdasarkan geografi, ukuran kesepakatan, divisi produk, dan banyak lagi. Fitur ini membantu bisnis untuk fokus ke area yang menghasilkan penjualan dan memiliki potensi bisnis terbesar. Anda juga bisa mendapatkan detail lengkap tentang pelanggan dan percakapan Anda, status kesepakatan, touchpoint dengan perusahaan Anda, dan tugas serta janji temu yang dijadwalkan dengan orang lain dari satu layar – dalam perspektif statis dan dinamis.

– Memaksimalkan Penggunaan Perangkat Mobile

Aplikasi laporan sales Qontak.com dilengkapi dengan teknologi otomatis canggih yang terintegrasi dengan aplikasi CRM, memudahkan untuk mengakses data yang diperlukan sales seperti kontak, perusahaan maupun deals yang sedang berlangsung lewat smartphone. Fitur ini memudahkan tim leader untuk menambahkan aktivitas seperti follow up dan detail lainnya dari gadget mereka. Perangkat mobile juga memudahkan dalam melacak lokasi penjualan untuk diketahui tim leader dan memindahkan kartu nama untuk menghindari memasukkan data secara manual.

– Melihat Calon Pelanggan melalui Pipeline

Fitur sales pipeline, memungkinkan Anda mudah memindahkan data calon pelanggan. Saat sales berhasil mendapat calon pelanggan baru, mereka dapat dengan mudah memasukkannya ke dalam kontak di aplikasi CRM yang terintegrasi langsung dengan proses dalam sales pipeline. Pada sistem itu dapat ditambahkan pula aktivitas baru seperti meeting maupun followup email.

– Menangani Deal yang Membusuk

Dengan fitur manajemen deal, proyek & proses yang menampilkan penjualan, ticket & project pipeline Anda akan terlihat dalam satu layar. Hal ini mempermudah tim sales dalam mengingatkan mana saja pelanggan atau meeting yang harus mereka hadapi, sehingga tidak ada yang terlewat. Caranya dengan menetapkan batas waktu di setiap tahapan dengan menghubungkan satu pipeline ke pipeline lain dengan menduplikasi transaksi ke pipeline lain secara otomatis.

powerful-dashboard-of-sales-report-app


Bagaimana Mendapatkan Sales Report App yang Mudah dan Terotomatisasi?

Bisnis yang baik memiliki sales report yang sehat. Di mana hal ini membutuhkan laporan penjualan harian yang terperinci dan akurat. Hal ini tentu tidak mungkin dilakukan secara manual, karena resiko human error cukup besar. Oleh karena itu untuk memudahkan dalam mengelola dan membuat sales report, pilihan tepat untuk Anda menggunakan sales report app Qontak.com yang mudah dan terotomatisasi, serta dapat dikustomisasi.

Aplikasi laporan sales Qontak.com dapat menyimpan, mengalisis, serta mengelola sales report bisnis Anda dengan berbagai fitur modern dan lengkap. Dengan demikian, Anda tidak perlu bingung membuat sales report dan produktivitas tim juga meningkat.

Hubungi Qontak.com sekarang atau dengan mengisi form coba gratis di samping kanan!

Tonton penjelasan singkat mengenai kustomisasi Aplikasi Laporan Sales Qontak.com berikut ini:

You may also like

By