“Sales Force” atau “Salesforce” Adalah Apa?

Pengertian Sales Force

Sudahkah Anda memiliki strategi sales force? “Sales force” biasanya mengacu pada tim penjualan, strategi penjualan, serta teknologi penjualan yang berada dibalik sebuah bisnis untuk mendorong tumbuh pesatnya bisnis tersebut. Pengertian sales force dapat dibagi menjadi beberapa kategori utama, yaitu:

  • Aplikasi CRM untuk Pelacakan Sales Force

  • Tugas & Pekerjaan Sales Force

  • Sales Force Training

  • Sales Force Automation

Aplikasi CRM untuk Pelacakan Sales Force

Sales Force Automation
Source: CIO.com

Sales force selalu memerlukan sebuah aplikasi CRM untuk memaksimalkan produktivitas mereka. Aplikasi CRM adalah sebuah aplikasi web dan seluler yang digunakan pada sebuah bisnis untuk meningkatkan produktivitas dan mengotomatiskan tim mereka (sales force automation) untuk menurunkan biaya. Aplikasi CRM terbaik bagi tim Anda akan mampu mencapai hasil sebagai berikut:

  • Menghasilkan laporan komprehensif & analitik secara otomatis
  • Menyediakan proses penjualan & sales funnel yang disesuaikan dengan bisnis Anda
  • Melacak pergerakan GPS tim penjualan Anda (tanpa koneksi internet & secara langsung/ live)
  • Melacak KPI sales & KPI khusus apapun yang Anda butuhkan
  • Menyambungkan ke Whatsapp, Aplikasi Obrolan lain, Email, Telepon dan lainnya untuk merekam semua percakapan
  • Mengotomatiskan tugas dan pesanan pembelian
  • Menghubungkan tim Anda satu sama lain termasuk dengan pelanggan Anda

Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang apa itu CRM, silakan baca panduan lengkap kami disini. 

Tugas & Pekerjaan Sales Force

Tugas Sales Force
Tugas Sales Force & Automation

Apa tugas dan pekerjaan tenaga penjualan di perusahaan Anda? Tim penjualan Anda harus sangat paham tentang apa sebenarnya tugas mereka dan bagaimana KPI penjualan mereka. Dengan menggunakan sistem CRM, Anda akan dapat dengan mudah meningkatkan produktivitas bisnis Anda serta dapat meningkatkan efisiensi biaya.

  1. Memperoleh KPI sales dan KPI lainnya yang terukur. Kami merekomendasikan agar bisnis yang dijalankanjuga membuat KPI yang tidak hanya sekedar memperhatikan pendapatan Hal ini bertujuan agar mereka dapat memastikan tim penjualan mereka memiliki kinerja yang baik. Selain itujuga dapat dihubungkan dengan perhitungan insentif mereka.
  2. Menggunakan aplikasi CRM untuk melacak aktivitas tenaga Konsultasikan hal ini dengan perusahaan CRM local yang dapat mengatur hal ini untuk Anda. Aplikasi CRM terbaik dapat diatur dengan mudah dalam kurun waktu 2 jam sehingga seluruh sistem yang Anda miliki telah disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
  3. Mengkomunikasikan hasil serta aktivitas mereka kepada para manajer secara baik melalui sistem CRM. Tenaga penjualan terbaik akan selalu mengisi setiap titik data (termasuk kontak, informasi perusahaan, informasi transaksi, tugas dan kegiatan) pada
  4. Selain itu tugas tenaga penjualan jugatermasuk meningkatkan komunikasi dan budaya dalam sebuah Manajemen perusahaan harus selalu mempergiat kolaborasi dan kerjasama tim. 

Pelatihan Tenaga Penjualan (Sales Force Training)

Kebanyakan manajemen lupa akan pentingnya pelatihan bagi tenaga penjualan yang sebenarnya merupakan pilar terpenting dari sebuah perusahaan. Sebuah bisnis pada dasarnya merupakan sekelompok orang dan salesforce itulah yang mendorong tumbuhnya sebuah bisnis. Kami merekomendasikan hal berikut ini untuk diterapkan pada Pelatihan Tenaga Penjualan (sales force training) Anda:

  1. Selalu siapkan program pelatihan tenaga penjualan yang intensif dan sistematis dengan memanfaatkan sistem teknologi. Jika Anda ingin bisnis Anda tumbuh, Anda membutuhkan sebuah sistem yang dapat meningkatkan skala bisnis Anda.
  2. Pelatihan tenaga penjualan dapat dibagi menjadi 2 kategori utama: Pelatihan kelompok dan pelatihan perorangan. Kami menyarankan Anda untuk menerapkan keduanya untuk memaksimalkan hasil yang diperoleh.
  3. Aturlah aliran utama, proses, dan prosedur operasional bisnis Anda. Tuliskan hal-hal tersebut di buku petunjuk bisnis Anda.
  4. Siapkan skenario kasus untuk melatih tim penjualan Anda dalammenghadapi semua keadaan unik yang berbeda yang mungkin saja Sertakan juga skenario kasus ini di dalam buku petunjuk bisnis Anda.
  5. Siapkan sesi pelatihan reguler di dalam bisnis Anda dan gunakan teknologi untuk membantu program tenaga penjualan Anda.

Pengertian Otomatisasi Tenaga Penjualan

Tujuan utama dalam sebuah bisnis adalah untuk mencapai otomatisasi tenaga penjualan. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang otomatisasi tenaga penjualan, Anda dapat membaca artikel kami disini. Otomatisasi tenaga penjualan (salesforce automation) merupakan hasil akhir dari penerapan sebuah proses dan sistem yang baik pada bisnis Anda agar terus dapat tumbuh. Setelah otomatisasi tenaga penjualan tercapai, Anda akan melihat bahwa para manajer dapat bersantai dan tidak perlu campur tangan dan tidak selalu khawatir.

Dalam banyak kasus, para manajer sering memberi tahu tim penjualan mereka untuk bekerja lebih keras dan untuk berusaha melakukan yang lebih baik. Namun, sangatlah mustahil bagi sebuah perusaahaan untuk dapat memotivasi para pekerja mereka secara terus-menerus. Oleh karenanya, solusi yang lebih baik adalah memikirkan bagaimana cara menciptakan sebuah sistem yang lebih baik.

Jika Anda ingin memiliki otomatisasi tenaga penjualan, Anda dapat berkonsultasi dengan menggunakan layanan solusi dan konsultasi CRM Qontak. Dapatkan sesi konsultasi gratis hari ini dan Anda juga akan mendapatkan aplikasi kustom gratis untuk dicoba.

You may also like