Sales Automation: Pengertian dan Manfaatnya bagi Bisnis

sales automation

Apa itu Sales Automation? Benarkah otomatisasi penjualan dapat membuat proses sales lebih efisien?

Tim sales menghadapi berbagai tantangan ketika memperoleh leads dan berusaha untuk mengubah mereka menjadi sales. Siklus sales biasanya dimulai dengan lead generation, dan berakhir dengan pembayaran oleh pelanggan. Namun, tim sales atau sales force cenderung menghabiskan banyak waktu untuk mengurus tugas manual yang repetitif dan dokumentasi dari pada melakukan tugas penjualan yang sesungguhnya. Sales automation adalah solusi terhadap permasalahan ini. Mari pelajari lebih lanjut mengenai sales automation.

Apa itu Sales Automation?

Sales automation merupakan proses untuk mempersingkat tugas administrasi pada proses penjualan sehingga tim sales dapat fokus dalam melakukan penjualan. Tugas administrasi ini biasanya berjalan manual, membosankan, dan memakan waktu, contohnya seperti memasukkan data atau data entry. Walaupun demikian, tugas tersebut harus dilakukan agar siklus sales tetap berjalan.

Tujuan dari otomatisasi sales adalah mengeliminiasi sebanyak mungkin tugas tenaga sales yang tidak melibatkan interaksi langsung untuk membangun hubungan dengan klien.

Dengan bantuan software, otomatisasi penjualan dapat dilakukan sehingga tugas repetitif maupun dokumentasi dapat berlangsung secara otomatis. Hal ini membuat keseluruhan proses sales dapat berjalan lebih efiesien sehingga tim sales dapat menghasilkan keuntungan lebih banyak. Selain itu, otomatisasi juga mengurangi adanya kemungkinan human error.

Melakukan otomatisasi pada tahapan CRM dalam sales pipeline merupakan cara praktis dalam menggunakan teknologi untuk memperbaiki hasil penjualan pada perusahaan. Otomatisasi penjualan dapat menghemat waktu dan biaya keseluruhan yang dikeluarkan oleh bisnis.

Sales automation tidak dapat menggantikan tenaga sales. Bahkan, otomatisasi membuat tenaga sales lebih berharga karena membuat mereka dapat fokus pada kegiatan yang lebih penting, yaitu berhadapan dengan klien.

Sales automation sering juga disebut sales force automation (SFA). Kedua istilah ini pada dasarnya sama, yaitu bagaimana mengotomatisasi proses penjualan melalui penggunaan software.

Manfaat sales automation

Sales automation merupakan cara terbaik untuk meningkatkan produktivitas, meningkatkan penjualan, memperbaiki pendapatan, menghilangkan tugas yang membosankan dan menghabiskan waktu. Otomatisasi penjualan memberikan manfaat bagi bisnis dan tim sales dalam berbagai hal, yaitu:

  • Meningkatkan produktivitas dan kinerja tenaga sales
  • Mendorong efisiensi bisnis
  • Memperbaiki keakuratan dan mempercepat proses sales
  • Memastikan tidak ada calon pelanggan yang terlewatkan
  • Mempersingkat tugas administratif penjualan
  • Mengurangi waktu respon sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan
  • Menjaga data penjualan di seluruh departemen sales agar konsisten

Lebih spesifik lagi, berikut adalah manfaat sales automation bagi tenaga sales dan manager.

Sales Automation untuk Tenaga Penjualan

  1. Prospecting

Prospecting merupakan tahapan pertama dalam Sales Pipeline CRM. Melakukan prospecting dengan menggunakan CRM merupakan salah satu manfaat sales automation. Seluruh detail informasi yang diperoleh dari riwayat interaksi dengan klien, baik dari email, telepon, maupun media sosial, dapat disimpan otomatis dalam sistem CRM.

aplikasi database pelanggan

  1. Memperkaya informasi klien

Dengan memiliki informasi data yang lengkap terhadap klien, tenaga sales dapat memiliki sumber yang up to date dan menyeluruh terkait profil mereka, serta dapat mengaksesnya kapan pun dan di mana pun dengan mudah.

  1. Otomatisasi manajemen sales

Sales automation membantu sales force dalam melakukan follow-up email dan merekam seluruh interaksi dengan klien. Melalui sales pipeline pada CRM, tim sales dapat melihat seluruh deals yang sedang berlangsung, mengatur tanggal deadline beserta pengingat agar tidak ada deals yang terlewat.

sales automation

  1. Otomatisasi dokuman dan quotation

Pembuatan dokumen dan quotation tidak lagi dilakukan secara manual karena telah diotomatisasi oleh sistem. Software dapat menghasilkan dokumen yang dibutuhkan secara instan dalam bentuk dokumen template spreadsheet atau word.

sales automation

Sales Automation untuk Manager

Sales manager memiliki tanggung jawab yang berbeda dengan tenaga sales. Mari lihat bagaimana otomatisasi dapat membantu tugas manager.

  1. Pelaporan dan analisis

Software CRM memberikan laporan sales secara otomatis dan real time. Hal ini akan membantu manager ketika memerlukan analisis kinerja sales dan tim dengan cepat. Pelaporan ini juga membantu manager dalam membuat perencanan berdasarkan prediksi akurat kinerja perusahaan. Pelaporan yang dihasilkan dapat berupa kinerja tiap individu tim sales, pendapat bulanan atau tahunan, serta trend penjualan produk.

sales automation

  1. Segmentasi tim

CRM membantu manager dalam melakukan segmentasi tim untuk memudahkan fokus penjualan di area tertentu dan memantaunya.

sales automation

Apa saja proses sales atau alur kerja yang dapat diotomatisasi?

Sales automation membantu melakukan sebagian besar proses penjualan atau alur kerja dalam perusahaan, di antaranya:

  • Follow up email kepada klien
  • Riwayat panggilan
  • Jadwal pertemuan dengan klien
  • Dokumen penawaran (quotation) atau proposal penjualan
  • Onboarding pelanggan
  • Pelaporan dan analisis
  • Sistem pesanan pembelian (purchase order system)

Sales Automation dan CRM

Salah satu software yang dapat digunakan untuk melakukan otomatisasi sales adalah customer relationship management (CRM). CRM merupakan software yang sangat penting dalam melakukan otomatisasi penjualan. Tanpa CRM yang canggih, proses otomatisasi tidak akan berjalan maksimal.

Software CRM Qontak merupakan solusi lengkap untuk kebutuhan manajemen hubungan pelanggan dan otomatisasi penjualan perusahaan Anda. Dengan CRM Qontak, Anda dapat dengan mudah mengelola, melacak, dan menuntun calon pelanggan dan pelanggan. CRM Qontak juga mendukung otomatisasi penjualan, seperti pelaporan dan analisis, otomatisasi dokumen, dan manajemen sales pipeline.

Gunakan CRM sekarang dan lihat bagaimana manfaatnya bagi bisnis Anda.

× Contact Us!