Daftar isi
5 min read

SaaS CRM: Apa itu Software as a Service?

Tayang 05 Agustus 2020
Diperbarui 12 Desember 2023
saas crm
SaaS CRM: Apa itu Software as a Service?

Pernah dengar istilah SaaS atau Software as a Service? SaaS saat ini menjadi pilihan perusahaan dalam memilih sistem untuk perkembangan bisnis mereka, termasuk sistem CRM (customer relationship management). Sebuah penelitian menunjukkan bahwa teknologi cloud dapat menumbuhkan bisnis hingga 19,63%. Namun apa sebenernya SaaS CRM?

Apa itu SaaS CRM?

Pertama-tama ketahui terlebih dahulu apa itu SaaS. Software as a Service atau SaaS merupakan penggunaan aplikasi melalui penggunaan internet. SaaS memberikan koneksi dan langganan terhadap layanan IT yang dibangun melalui cloud dan diakses melalui internet. Melalui SaaS, pengguna tidak perlu memasang dan memelihara software. Hal ini menghindari pengguna dari pemeliharaan software dan hardware yang rumit seperti pada CRM tradisional on-premise.

Aplikasi SaaS kadang disebut juga software berbasis web atau software on-demand. Apa pun sebutannya, aplikasi SaaS berjalan pada server penyedia SaaS. Dengan kata lain, software yang digunakan akan diberikan dan dikelola dari jarak jauh oleh penyedia, dan pengguna akan mendapatkan akses melalui web browser atau perangkat mobile yang diinginkan. Penyedia akan mengelola akses ke aplikasi, termasuk keamanan, ketersediaan, hingga kinerjanya.

SaaS CRM berarti adalah layanan aplikasi CRM yang dijalankan di cloud dan diakses melalui internet. Artinya, software CRM tidak perlu disimpan pada server perusahaan, tetapi dihosting dan dikelola secara eksternal oleh penyedia.

saas crm software

Baca Juga: Panduan Lengkap Seputar CRM

Perkembangan SaaS CRM

Di awal kemunculannya, CRM tradisional masih bersifat on-premise, di mana hosting software CRM dilakukan pada server perusahaan. CRM on-premise biasanya memiliki akses kode open source, yang artinya dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Selain itu, self-hosting juga memberikan perusahaan kontrol penuh terhadap data mereka. Harga yang dibayarkan juga cukup sekali pada awal pemasangan, walaupun tetap ada biaya pemeliharaan ketika diperlukan.

Seiring dengan perkembangan zaman, kiblat teknologi beralih ke sistem cloud. Teknologi cloud memiliki banyak kelebihan, di antaranya mengurangi biaya IT untuk pengelolaan dan pemeliharaan, kemudahan akses, dan efisiensi kerja yang lebih baik. Beralihnya sistem CRM tradisional menjadi SaaS CRM semakin memberikan berbagai keuntungan bagi bisnis, baik perusahaan menengah maupun besar.

Manfaat utama SaaS CRM bagi bisnis

1. Tidak perlu biaya pemasangan dan pemeliharaan

SaaS beroperasi melalui metode berlangganan tiap bulan tanpa biaya pemasangan awal. Pengguna hanya membayar biaya bulanan, 6 bulanan, atau tahunan untuk bisa menggunakan software CRM. Inilah salah satu alasan mengapa SaaS banyak dipilih oleh perusahaan yang lebih kecil dan start-up. Perusahaan tersebut biasanya tidak berinvestasi ke solusi CRM walaupun dianggap penting untuk bisnis. SaaS dapat dianggap sebagai pengeluaran operasional sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya besar seperti pada on-premise. Selain itu, pengguna juga tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk pemeliharaan, seperti update software maupun memperkerjakan tim IT tersendiri.

2. Kemudahan akses

Model SaaS memungkinkan pengguna untuk mengakses database CRM kapan pun dan di mana pun ketika diperlukan. Pengguna hanya memerlukan akses internet dan web browser, bahkan melalui perangkat mobile. Dengan host yang terletak di cloud dan dapat diakses melalui internet, SaaS CRM merupakan pilihan yang lebih baik untuk tim sales yang lebih banyak menghabiskan waktu di lapangan.

aplikasi saas crm qontak contacts mobile

3. Bebas dari kendala IT

Salah satu selling point utama dari SaaS CRM adalah terbebas dari kendala IT. SaaS tidak memerlukan biaya pemeliharaan tambahan, seperti backup, update, dan keamanan. Pengguna tidak perlu untuk membeli, memasang, dan melakukan update terhadap hardware atau server lokal. Artinya, pengguna tidak perlu IT staff tersendiri untuk menangani hal tersebut. Software akan dihosting oleh penyedia, mulai dari pemasangan, pemeliharaan, hingga penambahan pengguna baru ke sistem. Vendorlah yang bertanggung jawab untuk memastikan sistem dapat beroperasi sebagaimana mestinya.

4. Dapat dikembangkan dan diintegrasi sesuai kebutuhan

SaaS CRM dapat diintegrasikan dengan sistem lainnya dan mengembangkan solusi CRM sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Pengguna dapat mengintegrasikannya dengan software yang sudah ada, seperti sistem ERP. Perkembangan zaman telah membawa CRM berkembang menjadi Social CRM, yaitu sistem CRM yang terintegrasi dengan media sosial seperti Whatsapp, Line, dan Facebook.

5. Tingkat keamanan tinggi

Keamanan data adalah salah satu kendala yang ditakutkan dari penggunaan sistem cloud. Hal ini disebabkan pemeliharaan diserahkan kepada vendor. Vendor SaaS sangat bergantung pada keamanan data, oleh sebab itu biasanya mereka memiliki pengamanan yang cukup tinggi terhadap data di dalam aplikasi.

6. Skalabilitas mudah

SaaS CRM dapat dengan mudah ditingkatkan, seperti penambahan jumlah pengguna, penyimpanan tambahan, atau layanan tambahan lainnya. Pengguna tidak perlu mengubah desain IT, memasang software tambahan, dan lain-lain. Cukup menghubungi pihak vendor dan perubahan dapat dilakukan dengan cepat.

Baca juga: Keuntungan Menggunakan Software CRM

SaaS CRM vs. CRM On-Premise: Mana pilihan yang tepat?

Beberapa perusahaan menyimpan data yang bersifat sensitive dan menolak untuk menyimpannya pada software berbasis cloud. Sementara itu, beberapa perusahaan mungkin mempercayakan keamanan data mereka sepenuhnya kepada vendor.

Jika masih bingung untuk menentukan sistem CRM yang tepat untuk perusahaan Anda, software CRM qontak.com dapat menjadi jawaban yang tepat. Software CRM Qontak.com menyediakan implementasi on-premise, SaaS, atau hybrid keduanya. Solusi hybrid memungkinkan perusahaan menggunakan gabungan dari on-premise dan cloud. Sistem ini memberikan fleksibilitas untuk membagi penyimpanan data sesuai kebutuhan. Data yang bersifat sensitive dapat disimpan di on-premise atau private cloud, sedangkan data yang lebih umum bisa disimpan di public cloud.

Pilihlah yang Terbaik, Sekarang!

Pilihan terbaik akan kembali bergantung pada kebutuhan perusahaan, sensitivitas data, dan pertimbangan biaya. Apa pun pilihannya, software CRM qontak.com dapat memberikan solusi sesuai kebutuhan perusahaan.

Silakan konsultasikan lebih lanjut untuk dapat memperoleh sistem CRM terbaik untuk menumbuhkan bisnis Anda.

Kategori : BisnisCRM
WhatsApp WhatsApp Sales