Qontak WhatsApp

Retail Software: 7 Aplikasi Retail Terbaik di Indonesia

7 Pilihan Retail Software Terbaik di Indonesia

Retail Software Meningkatkan Penjualan pada Bisnis Retail, Pelajari Selengkapnya!

Retail software yang beredar saat ini menawarkan banyak kelebihan untuk para pebisnis yang menggunakannya, salah satunya adalah untuk meningkatkan penjualan pada bisnis mereka. Namun Anda wajib mengetahui cara memilih retail software yang terbaik agar sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Pelajari kelebihan dan kekurangan setiap retail software yang ditawarkan untuk Anda.

Berikut ini merupakan 7 retail software terbaik pilihan kami yang dapat Anda pilih untuk bisnis Anda: 

  1. Qontak.com
  2. EQUIP POS
  3. Zoho
  4. Robotill
  5. Lightspeed Retail
  6. MOKA
  7. Pawoon

Pelajari Retail Software yang Meningkatkan Penjualan pada Bisnis Retail Selengkapnya!


Apa Itu Retail Software?

Retail software adalah sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk membantu menyelesaikan transaksi jual beli produk atau jasa secara instan. Aplikasi retail ini menyederhanakan proses penjualan karena menggunakan sistem otomatis.

Aplikasi perusahaan retail biasanya digunakan oleh para pelaku bisnis yang bergerak dalam bidang retail, F&D dan juga bisnis dengan banyak mitra. Mereka menggunakan retail management system untuk memantau dan menghitung performa sales dan pencapain  target KPI. Dengan menggunakan software untuk perusahaan retail maka sehingga setiap tahapan pada proses penjualan dapat menjadi lebih cepat dan efisien.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!


Mengapa Sebuah Bisnis Memerlukan Retail Software?

Bisnis retail yang biasanya dijalankan dengan sistem manual memiliki banyak kekurangan, beberapa di antaranya adalah kemungkinan adanya kesalahan serta memiliki proses bisnis yang panjang atau rumit. Aplikasi retail dapat menjadi solusi atas permasalahan tersebut. Tak hanya itu, dengan menggunakan retail management system, semua proses penjualan dapat terpantau langsung dalam satu dashboard terpadu.

Berikut ini merupakan beberapa alasan mengapa sebuah bisnis memerlukan retail software yang perlu Anda ketahui:

– Proses Transaksi Lebih Cepat

Sebagian besar alur penjualan pada aplikasi perusahaan retail dijalankan dengan sistem otomatis, terutama yang berkaitan dengan administrasi seperti mencatat pesanan, menghitung tagihan dan lainnya. Otomatisasi tersebut dapat menciptakan proses transaksi yang lebih cepat.

– Data Lebih Akurat

Software untuk perusahaan retail akan mencatat dan merekam transaksi mulai dari pemesanan hingga pembayaran secara akurat dan real-time. Oleh karenanya, Anda tidak perlu lagi melakukan pencatatan transaksi secara manual, atau merasa pusing karena menghitung transaksi secara tradisional menggunakan kalkulator yang rentan akan munculnya kesalahan.

– Retail Software Memudahkan Manajemen Inventaris

Melalui aplikasi retail, Anda dapat mengetahui jumlah stok produk serta riwayat pesanan ke supplier secara real-time tanpa harus menghitungnya secara manual. Manajemen inventaris tersebut dapat dilakukan secara digital  sehingga Anda dapat memantau dan menentukan waktu yang baik untuk melakukan restock produk dan menghitung harga dasarnya secara akurat.

– Retail Software Menciptakan Kepuasan Pelanggan

Software untuk perusahaan retail dapat membantu bisnis memberikan pelayanan yang cepat. Misalnya dalam mencatat transaksi, memproses pesanan, menghitung total transaksi, hingga menerima pembayaran dengan berbagai metode. Semua proses tersebut dapat dilakukan secara otomatis dan sangat cepat. Pelanggan tidak perlu lagi menunggu lama untuk menyelesaikan transaksi.

– Laporan dan Analisis

Retail management system menyediakan laporan dan analisis bisnis Anda secara otomatis. Laporan dan analisis bisnis merupakan hal yang penting untuk dimiliki agar Anda dapat mengetahui apa yang perlu diperbaiki pada bisnis Anda serta bagaimana perkembangan bisnis Anda sejauh ini.

Dengan menggunakan aplikasi perusahaan retail ini, Anda juga dapat mengatur aktivitas dan memantau kinerja karyawan, melacak pembayaran hingga memproyeksikan keuntungan. Semuanya dapat ditampilkan pada sebuah dashboard yang interaktif. Hal ini memudahkan Anda dalam memantau dan menyusun strategi penjualan yang lebih baik.

– Retail Software Meningkatkan Penjualan

Retail software yang menyediakan berbagai kemudahan yang telah disebutkan di atas akan membantu Anda untuk mengambil berbagai keputusan dan kebijakan bisnis yang lebih tepat dan baik. Secara tidak langsung Anda akan mampu menyusun strategi pemasaran yang lebih efektif untuk meningkatkan penjualan.


Bagaimana Cara Memilih Retail Software yang Cocok untuk Bisnis Anda?

Saat ini banyak perusahaan yang menawarkan aplikasi retail dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Berikut ini merupakan cara memilih retail software untuk bisnis Anda, diantaranya adalah:

– Lakukan riset terhadap penyedia

Kumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang penyedia aplikasi perusahaan retail yang Anda pilih. Cari tahu sudah berapa lama penyedia tersebut berdiri, berapa jumlah klien yang sudah dilayani dan hal lain yang berkaitan. Jumlah klien yang telah ditangani dapat dijadikan sebagai acuan untuk mengetahui seberapa berpengalamannya penyedia tersebut dalam melayani klien lain.

– Apakah terdapat fitur yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Setiap penyedia aplikasi memiliki serta menawarkan beberapa fitur yang berbeda. Untuk itu Anda perlu memastikan apakah software untuk perusahaan retail yang Anda inginkan memiliki fitur yang Anda butuhkan atau tidak.

– Kemudahan dalam penggunaan

Pastikan retail management system yang Anda pilih memiliki tampilan yang mudah dipahami serta memiliki fitur yang muda digunakan atau dioperasikan. Dengan demikian, tim bisnis Anda bisa memahami cara pengoperasian aplikasi tersebut dengan mudah serta dapat menggunakannya secara optimal.

– Sesuaikan dengan budget Anda

Setiap aplikasi retail menawarkan harga dan paket yang berbeda. Pastikan Anda memilih aplikasi dengan harga yang sesuai dengan budget Anda. Selain itu, Anda perlu mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki aplikasi tersebut, apakah sebanding dengan harga yang ditawarkan atau tidak.

– Pastikan penyedia menyediakan technical support

Saat menggunakan sebuah software, gangguan teknis dapat saja terjadi. Untuk itu, pastikan penyedia aplikasi yang Anda pilih memiliki tim technical support yang dapat membantu Anda setiap saat Anda membutuhkannya.

– Cari ulasan atau testimoni tentang aplikasi dari pengguna lainnya

Semakin banyak Anda mendapatkan wawasan tentang aplikasi perusahaan retail, maka Anda dapat mempertimbangkan kembali pilihan tersebut. Anda perlu hati-hati jika terdapat pengalaman yang tidak baik dari pengguna aplikasi sebelum Anda, pilihannya adalah teruskan atau cari penyedia lainnya.


7 Retail Software Terbaik

1. Qontak.com

Retail Software Qontak.com

Qontak.com menyediakan retail software terbaik di Indonesia yang terintegrasi dengan sistem CRM. Sistem ini dapat menyimpan dan mengelola semua aktivitas penjualan  secara otomatis. Selain itu, aplikasi retail juga membantu bisnis dalam melacak tim penjualan, sales lapangan aktivitas tim dan sales order serta tim customer service.

Harga: Rp 200.000/bulan per pengguna.

Fitur:

  • Manajemen database dengan perspektif 360° yang menampilkan semua aktivitas, catatan, komunikasi, tugas, dan file dengan lengkap.
  • Manajemen prospek yang akan menyimpan semua informasi leads dan dapat diakses kapanpun.
  • Laporan analisis penjualan, layanan pelanggan serta proyek yang dapat difilter dan disesuaikan kebutuhan Anda yang ditampilkan pada dashboard interaktif.
  • Visualisasi sales pipeline yang memudahkan memantau aktivitas bisnis.
  • Otomatisasi dokumen yang dapat membuat dokumen dari word atau Spreadsheet.
  • Ticketing system.yang mempermudah dan mengontrol setiap pertanyaan, keluhan dan permintaan pelanggan.
  • Otomatisasi tugas anggota tim yang dapat dipantau setiap saat.

Kelebihan Qontak.com (Pros):

Kekurangan Qontak.com (Cons):

  • Kustomisasi aplikasi penjualan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.
  • 360 derajat View and Analytical Reporting yang menyajikan data pelanggan lengkap dan rinci.
  • KPI tracking dan manajemen tugas yang dapat dikostumisasi.
  • Terintegrasi dengan WhatsApp dan Omnichannel lainnya seperti media sosial, e-commerce dan VOIP call center pada customer service.
  • Mendapatkan support khusus untuk setiap pengguna serta harga yang relatif terjangkau.
  • Untuk penyedia yang menyajikan aplikasi dengan fitur lengkap di kelasnya, sayangnya Qontak.com masih berfokus pada pasar di Indonesia saja.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!

2. EQUIP POS

Retail Software EQUIP POS

EQUIP POS merupakan aplikasi retail yang dapat menyederhanakan alur penjualan pada sebuah bisnis. Aplikasi ini membantu otomatisasi seluruh proses bisnis, seperti manajemen akuntansi, manajemen penjualan, manajemen pembelian, manajemen stok, manajemen rantai pasokan, dan manajemen SDM.

Harga: Tidak tercantum, hubungi customer service EQUIP POS.

Fitur:

  • Sinkronisasi produk dan harga secara otomatis.
  • Multi akses untuk mempercepat kerja karyawan.
  • Penangguhan penjualan yang disebabkan pelanggan memiliki aktivitas lainnya.
  • Seluruh riwayat penjualan akan disimpan otomatis dan dapat diakses kapan saja.
  • Pengembalian barang tanpa perlu khawatir kekacauan pada sistem back end.

Kelebihan EQUIP POS (Pros):

Kekurangan EQUIP POS (Cons):

  • Memusatkan semua produk Anda dalam sistem POS berbasis cloud.
  • Memberikan pengalaman berbelanja yang menyenangkan bagi pelanggan Anda.
  • Mempercepat proses checkout, pencarian item, pesanan, riwayat transaksi.
  • Meninjau riwayat penjualan Anda untuk mempermudah Anda menganalisis tren.
  • Membuat beberapa akun staf, masing-masing dengan kode akses yang aman.
  • Aplikasi ini harus selalu terhubung internet saat digunakan.
  • Terbatas untuk digunakan bisnis skala menengah atau besar.

3. Zoho

Retail Software Zoho

Zoho menyediakan retail management system yang membantu bisnis untuk menganalisa dan melacak kinerja tim penjualan. Aplikasi perusahaan retail Zoho menyederhanakan siklus sales. Dengan begitu bisnis dapat menyelesaikan lebih banyak transaksi dalam waktu yang singkat. Selain itu, Zoho juga dilengkapi laporan mengenai seluruh aktivitas penjualan yang ditampilkan melalui grafik, bagan dan pengukur target pada satu dashboard.

Harga: mulai dari $17.14/bulan per pengguna.

Fitur:

  • Manajemen prospek yang mengelola prospek dari berbagai saluran.
  • Otomatisasi alur kerja penjualan yang mempermudah kinerja tim.
  • Analisis penjualan yang juga menampilkan tren penjualan dan membuat laporan sales mendalam.
  • Gamifikasi memungkinkan manajer penjualan mengubah tugas rutin menjadi kontes yang menyenangkan untuk mencapai target penjualan.

Kelebihan Zoho (Pros):

Kekurangan Zoho (Cons):

  • Ramah untuk digunakan dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis.
  • Mengelola seluruh siklus penjualan dalam satu platform.
  • Sistem otomatisasi alur kerja yang dapat menghemat waktu.
  • Akses mobile sangat cocok digunakan dimana dan kapan saja dibutuhkan.
  • Integrasi dengan saluran lain seperti media sosial kurang berfungsi dengan baik.
  • Waktu respon dukungan sering terlambat.
  • Terkadang mengalami bug saat memasukkan data.
  • Pelacakan dokumen untuk presentasi/proposal lemah.

4. Robotill

Retail Software Robotill

Robotill adalah sebuah software untuk perusahaan retail tanpa batas tapi tidak terdapat fitur backup data. Agar aplikasi Robotill didukung dengan fitur yang lebih lengkap, Anda perlu melakukan upgrade ke versi berbayar. Robotill menggunakan database SQL server lokal berbasis cloud. Aplikasi retail yang berfungsi untuk manajemen toko ini juga didukung hardware POS termasuk layar sentuh, pemindai barcode, electronic cash drawers, customer pole displays, POS till printer, dan card reader (untuk toko, supervisor dan pelanggan).

Harga: Hubungi customer service untuk mengetahui harga yang ditawarkan.

Fitur:

  • Supplier Orders
  • Management Stock
  • Reports
  • Multiple payment methods per sale
  • Customize security levels for tasks

Kelebihan Robotill (Pros):

Kekurangan Robotill (Cons):

  • Menyediakan bantuan teknis secara cuma-cuma (gratis).
  • Aplikasinya mudah untuk digunakan (memiliki tampilan yang user-friendly).
  • Aplikasi ini dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan banyak jenis dan skala bisnis yang berbeda.
  • Paket free yang ditawarkan tidak memberikan fitur yang lengkap sehingga pengguna harus upgrade ke versi berbayar.
  • Tidak  terhubung secara otomatis ke sistem CRM atau aplikasi customer relationship management sejenis.

5. Lightspeed Retail

Retail Software Lightspeed Retail

Lightspeed Retail adalah software untuk perusahaan retail berbasis cloud yang cocok untuk pengecer di industri retail seperti pakaian jadi, alas kaki, sepeda, perhiasan, hewan peliharaan, perlengkapan olahraga, dan dekorasi rumah. Aplikasi retail ini menawarkan platform e-Commerce yang terintegrasi penuh dan memungkinkan pelanggan untuk mengelola inventaris di dalam toko online, memiliki satu tampilan pelanggan, dan menganalisis data penjualan multi-saluran.

Harga: $79/bulan per pengguna.

Fitur:

  • Manajemen inventaris, manajemen toko ritel, kontrol laci kas, pemrosesan pembayaran, manajemen pesanan pembelian, akses profil pelanggan, integrasi perangkat lunak akuntansi dan integrasi dengan perangkat keras POS seperti pemindai kode batang atau alat pencetak tanda terima.
  • Alat manajemen inventaris untuk membuat, melacak, dan menetapkan nomor seri ke produk serta membuat variasi produk seperti ukuran, warna, dan bahan menggunakan sistem matriks.
  • Layanan pelanggan seperti profil, log riwayat penjualan, dan wawasan pelanggan.

Kelebihan Lightspeed Retail (Pros):

Kekurangan Lightspeed Retail (Cons):

  • Lightspeed tersedia dengan langganan bulanan dan menawarkan orientasi gratis yang dipersonalisasi dan dukungan 24/7.
  • Memiliki kemampuan multi-toko seperti sinkronisasi inventaris di semua lokasi.
  • Dapat diakses pada mode offline.
  • Beberapa pengguna mengalami kesulitan saat ingin mensinkronisasi zona dengan waktu lokal di daerahnya. Aplikasi ini membutuhkan beberapa waktu untuk melakukannya.
  • Pengguna mengalami kesulitan saat ingin memperbaiki gangguan teknis sendiri, mereka membutuhkan dukungan teknis dari luar.

6. MOKA

Aplikasi Penjualan Eceran MOKA

Moka menyediakan software untuk perusahaan retail yang mampu meringankan beban tim bisnis dalam mengelola penjualan. Dengan demikian, tim bisnis penggunanya bisa fokus untuk mengerjakan hal-hal yang penting seperti melayani pelanggan dan mengembangkan usaha. Aplikasi ini dilengkapi dashboard pelaporan harian secara yang dapat dipantau secara real time dan dapat diakses dari handphone.

Harga: mulai dari $20.87bulan per pengguna.

Fitur:

  • Dasbor & Laporan Penjualan sederhana yang menampilkan aktivitas penjualan dalam waktu tertentu.
  • E-Wallet mengelola keuangan dalam proses penjualan.
  • Manajemen penjualan mengelola seluruh aktivitas penjualan meliputi persedian barang, distribusi dan lainnya.
  • CRM basic menyimpan dan menyatukan data penjualan.
  • Manajemen karyawan yang mengatur segala keperluan karyawan.

Kelebihan MOKA (Pros):

Kekurangan MOKA (Cons):

  • Dapat diakses menggunakan smartphone.
  • Memiliki dashboard untuk memantau laporan sales harian secara real-time.
  • Solusi penjualan offline maupun online.
  • Fitur tambahan akan dikenai biaya tambahan yang relatif mahal.
  • Didesain untuk usaha kecil dan online.

7. Pawoon

Aplikasi Penjualan Eceran Pawoon

Pawoon menyediakan aplikasi perusahaan retail yang memahami kebutuhan Anda. aplikasi retail ini digunakan untuk meminimalisir kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi pada proses penjualan. Keunggulan aplikasi penjualan online Pawoon adalah berperan sebagai kerja kasir sehingga dapat mencetak struk dan menyimpan seluruh data transaksi.

Harga: mulai dari $20.67/bulan.

Fitur:

  • Tetap bisa beroperasi dalam keadaan offline.
  • Proses transaksi yang terakselerasi dimana pembayaran dapat dibayarkan secara terpisah, nota pembayaran dapat dipisah, pemesanan makanan dan minuman atau layanan lain dapat dipisah.
  • Menyediakan produk digital.
  • Manajemen meja yang memungkinkan pengguna mengatur antrian pelanggan pada meja tertentu.

Kelebihan Pawoon (Pros):

Kekurangan Pawoon (Cons):

  • Laporan dapat diakses secara real-time melalui smartphone.
  • Data dapat tersimpan secara otomatis dalam keadaan offline.
  • Menyediakan perangkat yang kompatibel dengan aplikasi yang digunakan.
  • Paket gratis hanya terbatas untuk 500 transaksi.
  • Tidak tersedia di App Store.
  • Tidak dapat menambahkan produk melalui aplikasi Pawoon di Android.

Baca Juga: 10 Aplikasi Penjualan Terbaik


Dapatkan Retail Software Terbaik untuk Bisnis Anda Sekarang!

Sales CRM Qontak.com

Sebagai pemilik bisnis, Anda tentu menginginkan yang terbaik untuk bisnis Anda, tak terkecuali dengan software untuk perusahaan retail yang digunakan. Dari beberapa pilihan penyedia diatas, Qontak.com menawarkan retail software terbaik karena memiliki fitur yang lengkap serta memenuhi tips memilih aplikasi terbaik yang telah kami ulas sebelumnya.

Selain itu, retail management system Qontak.com menyediakan aplikasi retail yang dapat dikostumisasi sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Aplikasi perusahaan retail Qontak.com dijalankan dengan CRM Omnichannel sehingga dapat diintegrasi dengan saluran bisnis lainnya dan dapat dikelola dalam satu platform sehingga dapat membantu bisnis menjalankan proses penjualannya dengan lebih efektif dan efisien.

Hubungi tim Qontak.com jika Anda memiliki pertanyaan atau gunakan free trial yang Qontak.com berikan sebelum berlangganan dengan cara klik opsi berikut ini:

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!

Atau dengan mengisi form di bawah:

You may also like

0 comments

By