Rencanakan Lebih Baik Digital Marketing di 2018 Dengan Tips Ini

Digital Marketing Planning Tips

Di tahun 2017 ini media digital kian digandrungi oleh para pelanggan. Sedikit demi sedikit cara lama mulai ditinggalkan. Hampir seluruh kegiatan telah beralih ke online. Pergeseran ini tak pelak menyebabkan beberapa sektor bisnis yang tak cekatan meng-upgrade diri pun harus tersingkir dari persaingan.

Tentunya di tahun 2018 mendatang, online maupun digital akan kian digandrungi. Itu artinya, persaingan di sektor digital marketing pun akan kian ketat. Sebab hampir seluruh kegiatan marketing banyak perusahaan akan fokus ke sektor digital. Tentu perlu taktik jitu agar dapat bersaing bahkan dapat mengungguli yang lain.

Namun untuk meramu taktik maupun strategi digital marketing bukanlah perkara remeh. Apalagi, nyatanya digital marketing masih memiliki seluk-beluk yang kerap diabaikan dan cukup rumit dimengerti. Karena itulah dibutuhkan keahlian dan pengetahuan yang mumpuni agar bisa merencanakan strategi digital marketing yang efektif bagi perusahaan.

Dan di bawah ini telah tertuang perencanaan strategi digital marketing yang efektif dalam menyambut tahun 2018.

1. Penelitian Pelanggan

Untuk bisa membuat perencanaan digital marketing yang efektif tentu Anda harus benar-benar tahu segala bentuk informasi terkait pelanggan yang Anda incar. Dalam hal ini kita sudah bicara data dan realitas. Artinya, tidak ada lagi mengira-kira. Apalagi, sebuah dinamika bisa sangat cepat dan tiba-tiba terjadi. Karena itulah Anda perlu melakukan research terlebih dahulu untuk mengetahui apa yang belum Anda tahu.

Dengan memiliki data yang didapat dari hasil penelitian, maka perencanaan digital marketing Anda akan dibentuk berdasarkan data-data tersebut. Bukan lagi dengan spekulasi dan ‘coba-coba’ seperti pertama kali mencoba terjun ke digital marketing.

Digital Marketing Planning Tips
Sumber Gambar: digitalvidya.com

2. Berikan Penawaran Sesuai Kebutuhan Target Market Utama

Untuk bisa memberikan apa yang dibutuhkan pelanggan, hal pertama yang perlu dilakukan yaitu dengan mempersempit target market terlebih dahulu. Artinya, ketika Anda tahu target market utama yang dituju, maka semakin mudah mendapatkan informasi mengenai apa yang mereka butuhkan. Target market utama itu adalah pelanggan Anda. Sebab tidak ada bisnis yang benar-benar sukses menargetkan semua orang.

Karena itu ketika melakukan penelitian, Anda harus benar-benar memerhatikan segmen pelanggan yang dituju, kegiatan sehari-hari mereka dan persoalan yang sering mereka hadapi. Dengan mendapatkan data-data ini, maka Anda bisa memberikan penawaran yang dibutuhkan oleh target market utama Anda.

3. Permudah Orang Menemukan Bisnis Anda

Digital marketing telah memiliki banyak saluran yang dapat memudahkan orang-orang menemukan bisnis Anda. Dengan semakin mudahnya bisnis Anda ditemukan, maka semakin besar orang-orang itu menjadi pelanggan Anda. Dan yang pasti hal tersebut akan berdampak baik pada perusahaan.

Namun bukan berarti hal tersebut membuat Anda secara sporadis memilih menggunakan seluruh saluran digital marketing tanpa tahu tepat atau tidak. Sebab kunci utama untuk bisa menjangkau pelanggan, maka Anda harus menjadi bagian dari dunia mereka. Bila pelanggan Anda condong lebih aktif di media sosial Instagram dan Facebook, maka Anda tak perlu membuang-buang tenaga, uang dan waktu untuk menggenjot kinerja saluran media sosial lainnya.

4. Lanjutkan yang Berhasil dan Buang yang Tidak

Sepanjang tahun 2017 tentu perusahaan Anda telah menjalankan berbagai strategi digital marketing. Beberapa di antaranya tentu ada yang memberikan hasil baik dan ada pula yang buruk.

Sebagai langkah tepat dalam perencanaan digital marketing untuk di tahun mendatang, maka Anda perlu melihat lagi daftar aktivitas pemasaran setahun terakhir ini. Kemudian bandingkan dengan program pemasaran untuk tahun mendatang. Tinjau yang sekiranya masih layak diaplikasikan, atau dimodifikasi agar lebih maksimal untuk tahun depan.

Digital Marketing Planning Tips
Sumber Gambar: brandpresence.net

5. Ukur, Analisa dan Evaluasi

Saat ini telah banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk mengukur berbagai kegiatan digital marketing. Melalui alat ukur tersebut Anda pun akan memiliki data-data akurat yang bisa digunakan dalam mengambil keputusan.

Pasalnya, melalu data tersebut Anda dapat menentukan langkah selanjutnya dalam merumuskan strategi digital marketing. Apakah perusahaan Anda perlu memodifikasi strategi yang sudah dilakukan agar lebih efektif, atau lebih memilih melakukan dengan cara baru.

Di sinilah Anda perlu benar-benar mengembangkan rasa ingin tahu dengan melakukan berbagai analisa dan evaluasi. Anda juga dapat melakukan berbagai eksperimen atau gaya baru dalam perencanaan digital marketing selama tidak menyimpang dari data yang Anda miliki.

Inilah beberapa tips dalam melakukan perencanaan digital marketing yang lebih baik bagi perusahaan Anda untuk tahun 2018. Dengan menentukan perencanaan marketing secara matang, sudah pasti anggaran yang diperlukan pun akan jelas. Ditambah hasil yang didapatkan sudah pasti sangat terukur dan sesuai harapan.

You may also like

× Contact Us!