Qontak WhatsApp

Project Management Tools Terbaik di Indonesia

Apa Itu Project Management Tools?

Project management tools (alat manajemen proyek) adalah amunisi yang dibutuhkan manajer dan tim proyek untuk membantu mengatur pekerjaan mereka. Aplikasi atau software digunakan untuk mengelola proyek dan tugas mereka dengan terstruktur dan sedemikian rupa hingga mereka mencapai tujuan dengan waktu yang telah ditentukan.

Karena bersifat sangat spesifik, maka pengerjaan sebuah proyek pasti membutuhkan konsentrasi dan kerjasama tim yang baik, oleh karenanya project management tools atau aplikasi manajemen proyek dapat sangat bermanfaat bagi seorang project manager. Lalu, apa itu aplikasi manajemen proyek dan mengapa penting?

Di bawah ini kita akan membahas mengapa sebuah software management menjadi penting dalam menyelesaikan sebuah proyek, serta fitur apa saja yang harus dimiliki oleh sebuah aplikasi project management terbaik.


Baca penjelasan singkat mengenai project management tools pada presentasi slide di bawah ini:


Mengapa Project Management Tools Penting?

Ada beberapa alasan mengapa sebuah project management tools penting untuk digunakan dalam mengerjakan sebuah proyek, yaitu:

– Mempermudah kerjasama internal dan eksternal

Dengan menggunakan project management tools, tim internal dan eksternal dapat berkolaborasi dengan lebih baik. Anggota tim proyek dapat melihat tugas mereka serta mengetahui apa yang sedang dilakukan oleh tim lain, sehingga menghindari adanya tumpang tindih pada tugas antar departemen.

– Pengaturan jadwal project management lebih baik

Selain memahami tugas masing-masing, setiap anggota tim juga harus mengetahui kapan mereka harus menyelesaikan tugas yang diberikan. Kesalahan dalam penjadwalan tugas dapat mempengaruhi kolaborasi dalam tim.

– Mempermudah pendelegasian tugas

Pendelegasian tugas dapat lebih mudah dilakukan dengan cara menginput tugas serta deadline-nya pada timeline proyek. Dengan cara ini, seorang manajer proyek tidak perlu melakukan briefing penugasan pada tiap anggota, dan setiap anggota dapat langsung mengecek tugasnya masing-masing pada aplikasi.

– Membangun komunikasi yang lebih baik dengan klien

Anda dapat membagikan progress dari penyelesaian proyek kepada klien langsung melalui aplikasi. Hal ini dapat membangun komunikasi yang baik antara Anda dan klien Anda.

– Biaya project management jadi lebih efisien

Biaya adalah salah satu hal yang penting untuk dikelola dalam sebuah manajemen proyek. Dengan menggunakan aplikasi, Anda dapat memantau setiap pengeluaran yang dikeluarkan secara real-time. Hal ini dapat menjadi salah satu dasar dalam pengambilan keputusan untuk mengelola biaya proyek yang lebih efisien.

– Menyimpan dan berbagi data dengan mudah

Software management memiliki kemampuan untuk menyimpan data secara otomatis dan terpusat pada satu platform menggunakan sistem cloud. Hal ini menghindari dari kemungkinan hilangnya data serta membuat tim dapat berbagi data dengan mudah dan aman.

– Menetapkan standarisasi proses

Kemampuan serta cara menyelesaikan sebuah proyek dapat berbeda satu sama lain, oleh karenanya dibutuhkan sebuah standardisasi yang harus diikuti oleh setiap anggota tim dalam menyelesaikan tugasnya masing-masing. Project management tools membuat setiap anggota bekerja dengan cara yang sama, yang secara langsung berkontribusi untuk menunjukkan profesionalisme dan konsistensi kerja suatu tim bisnis.

– Mudah dipahami dan dipelajari

Selain memiliki data yang lengkap, sebuah aplikasi project management terbaik harus memiliki tampilan yang mudah dipahami dan dipelajari oleh setiap anggota tim yang melihatnya. Dengan demikian, anggota tim yang baru sekalipun memahami dan melaksanakan tugasnya dengan baik dan efisien.

– Mendukung project management saat remote working

Salah satu manfaat dari project management tools lainnya yang tidak kalah penting untuk dimiliki di tengah pandemi seperti saat ini adalah kemampuan untuk mendukung remote working (work from home). Dengan fitur ini, setiap anggota tim tetap dapat menyelesaikan tugasnya dari rumah.

Itu lah 9 manfaat utama software management yang dapat Anda peroleh jika menggunakannya dalam proyek atau bisnis Anda. Namun pastikan Anda memilih aplikasi project management terbaik dengan fitur yang lengkap agar dapat memberikan manfaat yang optimal bagi bisnis Anda.

Baca Juga: 10 Cara Software Manajemen Proyek Membantu Proyek Anda!


7 Project Management Tools Terbaik di Indonesia

Berikut 7 aplikasi project management terbaik di Indonesia yang dapat Anda pilih untuk membantu Anda dan tim bisnis Anda dalam membangun proyek yang baik:

  1. Qontak.com
  2. Google
  3. Asana
  4. Bitrix24
  5. Milanote
  6. Trello
  7. 2-Plan

1. Qontak.com

Project Management

Qontak.com merupakan salah satu penyedia aplikasi project management terbaik di Indonesia yang bekerja menggunakan sistem CRM serta dilengkapi dengan fitur-fitur yang lengkap. Berikut ini penjelasan lebih rinci mengenai software management dari Qontak.com

Kelebihan (Pros):

  • Mampu membantu visualisasi proses bisnis dan memodifikasinya sesuai dengan proses proyek Anda.
  • Dapat disesuaikan dengan beberapa sudut pandang. Anda dapat dengan mudah memindahkan data di dalam pipeline proyek hanya dengan melakukan drag and drop ke timeline yang diinginkan. Anda juga dapat melakukan filter data dengan lebih cepat.
  • Dijalankan dengan menggunakan sistem CRM Omnichannel yaitu terintegrasi dengan banyak saluran yang penting bagi bisnis Anda.
  • Anda dapat melacak semua proses bisnis dengan mudah melalui satu platform sehingga proyek ‘keep on track‘ dengan tujuan yang telah ditetapkan.
  • Terdapat fitur task management yang membantu setiap anggota tim menyelesaikan tugas dengan lebih efisien.
  • Anda dapat menikmati uji coba gratis terlebih dahulu.

Kekurangan (Cons):

  • Diperlukan kustomisasi untuk dapat melakukan filter berdasarkan field pada timeline deal.

2. Google

Project Management

Google adalah sebuah perusahaan multinasional Amerika Serikat yang fokus pada penyediaan jasa dan produk internet. Produk-produk tersebut meliputi teknologi pencarian, komputasi web, perangkat lunak, dan periklanan. Google memiliki beberapa produk yang mendukung project management, seperti: Google Drive, Google Keep, dan Google Task.

Kelebihan (Pros):

  • Google Drive bermanfaat sebagai media penyimpanan laporan penting yang dapat dibagikan dengan anggota tim. Anda bisa menyimpan teks, gambar, dan sebagainya dengan mudah dan aman.
  • Google Keep berguna sebagai sticky notes yang terintegrasi dengan akun Google Anda.
  • Google Task berfungsi untuk mengatur tugas yang diintegrasikan dengan produk Google lainnya seperti Google Calendar agar tidak akan terlewatkan.
  • Tidak ada harga atau biaya yang harus Anda bayarkan untuk software management ini.

Kekurangan (Cons):

  • Sangat bergantung pada koneksi internet.
  • Adanya 3 rangkaian aplikasi untuk mendukung project management sehingga perlu berpindah-pindah halaman.

3. Asana

Project Management

Project management tools ini memungkinkan penggunanya untuk memulai percakapan secara personal maupun terbuka. Selain itu aplikasi ini dirancang untuk memudahkan penggunanya mengatur aktivitas, timeline, dan deadline kerja pada satu tempat. Aplikasi project management ini tersedia dalam dua versi, yaitu gratis dan berbayar. Harga tergantung pada paket yang Anda pilih.

Kelebihan (Pros):

  • Menawarkan fitur bernama An Assigned Customer Success Manager yang berfungsi untuk project management tools serta berbagi tips dan trik lainnya.
  • Aplikasi ini tersedia dalam versi web, yang memudahkan penggunanya untuk menjalankannya baik lewat PC atau laptop.
  • Dapat dijalankan pada satu platform.
  • Memiliki fitur untuk attach file dan bisa diintegrasi dengan aplikasi lain.
  • Memiliki desain simple dan intuitif.
  • Tersedia juga dalam aplikasi seluler.

Kekurangan (Cons):

  • Hanya bisa menambahkan 15 orang untuk versi gratisnya.
  • Memerlukan kartu kredit untuk melakukan uji coba gratis.

4. Bitrix24

Project Management

Project management tools yang satu ini memiliki fungsi utama dalam mengatur waktu dan perencanaan proyek kerja. Bitrix24 hadir dalam berbagai macam fitur penunjang kerja, seperti fitur grup kerja, laporan, dan kalender.

Kelebihan (Pros):

  • Memiliki tampilan yang ramah bagi pengguna (mudah digunakan) karena mirip seperti tampilan media sosial.
  • Aplikasi ini dapat diakses bukan hanya melalui aplikasi, namun juga bisa melalui website.
  • Bisa memilih untuk menggunakan Bitrix24 pada cloud atau pada server perusahaan sendiri.
  • Memiliki fitur Gantt chart, pilihan tugas berlapis, pelacakan waktu dan manajemen, dan perencanaan beban kerja karyawan.
  • Mendukung komunikasi secara real-time untuk kelompok, konferensi video, dan instant messenger.
  • Tidak ada harga yang harus dibayarkan untuk mencoba project management tools ini.

Kekurangan (Cons):

  • Ruang penyimpanan yang terbatas yaitu hingga 5GB per bulan.

5. Milanote

Project Management

Milanote banyak digunakan oleh anak muda yang terjun ke dunia bisnis atau startup. Tampilan dari software management ini seperti board kosong. Project management tools Milanote memiliki tampilan yang bersahabat dan cocok untuk pengguna yang kreatif.

Kelebihan (Pros):

  • Anda bebas mengisi board dengan tag, notes, gambar, dan sebagainya sesuai keinginan dan kebutuhan Anda.
  • Memiliki sistem artboard yang dapat dibagikan kepada tim Anda dengan mudah.
  • Mempunyai tampilan yang bersahabat sehingga mudah untuk digunakan bagi pengguna baru.
  • Tersedia dalam bentuk web dan aplikasi seluler di Google Play Store dan Apple App Store.
  • Anda tidak perlu khawatir akan harga software management ini karena dapat diunduh gratis.

Kekurangan (Cons):

  • Cukup membingungkan bagi pengguna yang masih awam dalam dunia manajemen, karena tidak adanya template atau panduan tentang poin apa saja yang harus disertakan dalam project management tools ini.

6. Trello

Trello merupakan project management tools yang berguna untuk mengatur serta mengecek progress kerja dalam menyelesaikan sebuah proyek. Software management ini dikembangkan oleh Frog Creek Software.

Kelebihan (Pros):

  • Memiliki berbagai fitur yaitu: project management yang menggunakan papan (board) dan kartu (card) yang membantu merancang rencana kerja, menetapkan target, melakukan pengawasan terhadap suatu pekerjaan.
  • Mampu melakukan pengelompokan tim kerja dan koordinasi yang baik dengan karyawan.
  • Memiliki sistem kolaborasi yang bersifat end-to-end.
  • Tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Harga versi berbayarnya tergantung pada kebutuhan pengguna dan pemanfaatannya.

Kekurangan (Cons):

  • Tidak bisa melakukan perubahan atau edit komentar.
  • Harus selalu terkoneksi dengan internet.
  • Fitur lengkap untuk aplikasi yang berbayar.
  • Pengaturan tugas sulit dilakukan.

7. 2-Plan

Project management tools ini memiliki 3 rangkaian aplikasi, yaitu: 2-Plan Desktop, 2-Plan Team, dan Work 2-gether dengan fungsi dan fitur masing-masing.

Kelebihan (Pros):

  • Anda dapat mudah berkoordinasi dengan tim walaupun Anda bekerja dari rumah.
  • Memiliki fitur-fitur yang mendukung project management yaitu: collaboration tools, timeline view, idea management, milestone tracking, status tracking, resource management, workflow management, time & expense tracking, client portal, dan sebagainya.
  • Harga untuk project management tools ini dibayarkan sekali saja. Terdapat versi gratis dan uji coba.

Kekurangan (Cons):

  • Adanya 3 rangkaian aplikasi membuat software management ini menjadi kurang praktis.
  • Aplikasi versi gratisnya memiliki keterbatasan fungsi, berbeda dengan versi berbayarnya.

TIPS!: Kunci Sukses Implementasi Project Management Software


Bagaimana Mendapatkan Project Management Tools Terbaik?

Bisa disimpulkan bahwa untuk menciptakan sebuah project management yang baik, diperlukan adanya sebuah project management tools yang memiliki fitur lengkap. Anda dapat memperoleh aplikasi project management terbaik hanya di Qontak.com. Mengapa demikian? Qontak.com menyediakan project management tools dengan fitur lengkap serta dapat diintegrasi dengan aplikasi penting lainnya (software omnichannel) sehingga proses bisnis dan proyek Anda dapat dikelola dengan lebih efisien dan optimal.

Sudah siap mencobanya?

Qontak.com menyediakan uji coba project management tools secara GRATIS. Tidak hanya itu, tim kami akan selalu siap untuk Anda yang ingin berkonsultasi terlebih dulu. Hubungi kami sekarang juga!


Tonton penjelasan singkat mengenai cara penggunaan fitur Task pada Project Management Tools Qontak.com berikut ini:

You may also like

By