Daftar isi
5 min read

11 Prinsip Dasar CRM untuk Menguntungkan Bisnis

Tayang 17 April 2023
Diperbarui 11 Desember 2023
6 Prinsip Dasar CRM untuk Menguntungkan Bisnis
11 Prinsip Dasar CRM untuk Menguntungkan Bisnis

Hubungan dengan pelanggan sangat penting bagi bisnis. Kemajuan dan perkembangan bisnis terletak pada hubungan yang baik dengan pelanggan. Salah satu alat yang dapat membantu membangun hubungan yang baik dengan pelanggan adalah memahami prinsip dasar CRM atau customer relationship management.

Secara umum, CRM memungkinkan suatu bisnis untuk mengontrol bagaimana mereka berinteraksi dengan pelanggan, mulai dari menerima angka dan data penjualan, hingga menciptakan komunikasi yang efektif dan customer service ketika dibutuhkan.


11 prinsip dasar CRM Bagi Bisnis

1. CRM lebih dari Sekadar Software

CRM merupakan alat yang penting bagi sebuah bisnis untuk berkembang. Namun, CRM bukanlah sekadar software yang mampu menyajikan data-data penting terkait penjualan maupun pelanggan Anda.

Dibutuhkan strategi dan pengetahuan mengenai apa yang ingin Anda kembangkan agar dapat memaksimalkan manfaat dari CRM.

2. Pentingnya analisis yang efektif

Software CRM menyediakan seluruh data host mengenai penjualan dan pelanggan Anda. Anda perlu melakukan analisis sehingga tahu apa yang harus dilakukan terhadap data tersebut.

Data yang dikumpulkan dari CRM dapat membantu mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan produk Anda untuk membuat perubahan dan meningkatkan produk yang paling laku terjual.

3. Pahami Pelanggan

Prinsip paling dasar dalam mengelola hubungan dengan pelanggan seringkali justru diabaikan oleh bisnis. Untuk membangun hubungan dengan pelanggan, hal pertama yang harus diketahui adalah apa yang diinginkan pelanggan.

Market sangat mudah berubah. Produk/jasa yang dulu menjual bisa dengan cepat tidak laku lagi. Oleh sebab itu, sangat penting untuk melacak kebutuhan pelanggan secara berkala.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan, misalnya dengan melihat pergerakan mereka di website atau media sosial dan menganalisisnya untuk memperoleh insight.

Alternatif lain adalah melakukan survey untuk mengetahui kebutuhan mereka secara langsung.

Dengan modul CRM yang terdapat pada CRM software akan memudahkan bisnis dalam memahami pelanggan dengan menyimpan seluruh data dan interaksi dengan pelanggan.

prinsip dasar crm 1 pahami pelanggan

4. Interaksi dengan Pelanggan yang Lebih Baik

Untuk dapat mengelola hubungan pelanggan yang menguntungkan, interaksi dengan pelanggan harus terjalin dengan baik. Memahami pelanggan seperti pada prinsip pertama di atas dapat membantu membangun interaksi yang lebih baik.

Penggunaan social CRM yang dapat mengintegrasi media sosial dengan aplikasi CRM akan memudahkan bisnis dalam melakukan interaksi yang lebih baik dengan pelanggan.

prinsip dasar crm 2 interaksi pelanggan

5. Menangani Tiap Pelanggan dengan Berbeda-beda

Tiap pelanggan berbeda, dan tiap kebutuhannya berarti. Strategi yang sama belum tentu berlaku pada pelanggan yang berbeda.

Kekuatan prinsip dasar CRM ini terletak pada potensi dalam mengoptimalkan nilai tiap hubungan pelanggan melalui penanganan yang berbeda-beda.

Melakukan segmentasi pelanggan dapat menjadi strategi manajemen hubungan pelanggan yang dapat mengoptimalkan nilai bisnis Anda.

Hal ini tidak hanya bisa meningkatkan penjualan, tetapi juga membangun loyalitas pelanggan.

6. Fokus pada Penjualan, bukan mengurangi biaya

Salah satu jebakan dalam bisnis adalah menggunakan konsep diskon secara berlebihan. Memberikan diskon memang salah satu cara paling efektif untuk menarik pelanggan. Karena siapa yang tidak suka diskon?

Hal ini dapat dilakukan bagi pelanggan yang baru pertama melakukan pembelian, atau pada momen tertentu saja. Tapi, jangan sampai terus-terusan memberikan diskon hingga harus memotong biaya produk/jasa Anda.

Memberikan diskon bisa meningkatkan penjualan sesaat, namun tidak ada yang dapat menggantikan pentingnya hubungan pelanggan dan mempertahankannya.

Bisnis dapat tetap menghasilkan pendapatan dengan memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan serta marketing yang tepat.

7. Seimbangkan antara keinginan pelanggan dan bisnis Anda

Menyenangkan dan memuaskan pelanggan merupakan salah satu tujuan dalam bisnis. Namun, jangan sampai hal ini memberikan conflict of interest bagi bisnis yang berujung pada kerugian.

Bisnis harus dapat meningkatkan kualitas sambil tetap memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan. Dengan demikian, pelanggan dapat membantu meningkatkan penjualan dan pendapatan Anda.

8. Bagikan nilai CRM kepada seluruh karyawan

Perusahaan harus memastikan bahwa tiap karyawan memiliki visi yang sama, bukan hanya bagian sales dan customer support saja. Hal ini sangat penting untuk membuat implementasi CRM agar berhasil dan efektif.

Untuk melakukan hal tersebut, prinsip prinsip dasar CRM harus diperkenalkan pada semua karyawan sehingga mereka mengetahui cara terbaik bagaimana memiliki hubungan pelanggan yang efektif.

9. Lakukan sesuatu terhadap temuan Anda

Setelah memperoleh seluruh data yang dibutuhkan dari software CRM, gunakan data tersebut untuk meningkatkan bisnis Anda. Salah satu cara yang dapat digunakan adalah dengan memperoleh insight pelanggan melalui sosial media dan tanyakan kebutuhan mereka.

10. Kuncinya adalah kesederhanaan

Pelanggan ingin pengalaman berbelanja mereka sesimpel mungkin. Prinsip ini dapat digunakan untuk mengidentifikasi bagaimana menggunakan CRM untuk membuat pengalaman pelanggan lebih baik lagi.

11. Pilih Provider CRM yang Tepat

Memilih provider CRM yang tepat sangatlah penting untuk keberhasilan bisnis Anda.

Pemilihan software CRM yang salah akan memberikan kerugian investasi dari segi biaya dan waktu bagi perusahaan Anda. Pastikan memilih software CRM memenuhi kebutuhan perusahaan anda.


Tingkatkan Bisnis Anda dengan Prinsip Dasar CRM

prinsip dasar crm qontak

Manajemen hubungan pelanggan merupakan kunci dari kesuksesan bisnis. Dengan prinsip prinsip dasar CRM di atas, Anda dapat mengelola hubungan pelanggan yang menguntungkan sehingga dapat membangun loyalitas dan mempertahankan pelanggan.

Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut bagaimana CRM dapat memberikan keuntungan bagi bisnis, silakan baca artikel kami lainnya berikut:

Atau, bisa langsung konsultasikan bisnis Anda kepada kami. Qontak merupakan solusi software CRM Indonesia terbaik yang dapat membantu bisnis dalam mengelola hubungan pelanggan lebih baik.

Kategori : BisnisCRM
WhatsApp WhatsApp Sales