Prinsip Dasar CRM untuk Hubungan Pelanggan yang Menguntungkan

prinsip dasar crm

Apa saja prinsip prinsip dasar CRM agar hubungan pelanggan menjadi lebih menguntungkan?

Hubungan dengan pelanggan sangat penting bagi bisnis. Kemajuan dan perkembangan bisnis terletak pada hubungan yang baik dengan pelanggan. Salah satu alat yang dapat membantu membangun hubungan yang baik dengan pelanggan adalah memahami prinsip dasar CRM atau customer relationship management.

Apa itu CRM?

CRM adalah istilah yang merujuk pada penerapan, strategi, atau teknologi yang digunakan oleh perusahaan untuk mengelola dan menganalisis interaksi dan data pelanggan selama siklus pelanggan berlangsung. Tujuan CRM atau manajemen hubungan pelanggan adalah mengembangkan hubungan bisnis dengan pelanggan, mempertahankan pelanggan, dan meningkatkan penjualan.

Dari pengertian dan tujuan di atas dapat dengan jelas dipahami bahwa CRM berfungsi untuk mengelola hubungan yang lebih baik dengan pelanggan. Namun bagaimana sebenarnya CRM melakukan hal tersebut?

Berikut ini adalah 6 prinsip dasar CRM untuk mengelola hubungan pelanggan yang lebih baik bagi bisnis:

  1. Pahami pelanggan

Prinsip paling dasar dalam mengelola hubungan dengan pelanggan seringkali justru diabaikan oleh bisnis. Untuk membangun hubungan dengan pelanggan, hal pertama yang harus diketahui adalah apa yang diinginkan pelanggan.

Market sangat mudah berubah. Produk/jasa yang dulu menjual bisa dengan cepat tidak laku lagi. Oleh sebab itu, sangat penting untuk melacak kebutuhan pelanggan secara berkala.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan, misalnya dengan melihat pergerakan mereka di website atau media sosial dan menganalisisnya untuk memperoleh insight. Alternatif lain adalah melakukan survey untuk mengetahui kebutuhan mereka secara langsung.

Dengan modul CRM yang terdapat pada CRM software akan memudahkan bisnis dalam memahami pelanggan dengan menyimpan seluruh data dan interaksi dengan pelanggan.

prinsip dasar crm

  1. Interaksi dengan pelanggan yang lebih baik

Untuk dapat mengelola hubungan pelanggan yang menguntungkan, interaksi dengan pelanggan harus terjalin dengan baik. Memahami pelanggan seperti pada prinsip pertama di atas dapat membantu membangun interaksi yang lebih baik.

Penggunaan social CRM yang dapat mengintegrasi media sosial dengan aplikasi CRM akan memudahkan bisnis dalam melakukan interaksi yang lebih baik dengan pelanggan.

prinsip dasar crm

  1. Menangani tiap pelanggan dengan berbeda-beda

Tiap pelanggan berbeda, dan tiap kebutuhannya berarti. Strategi yang sama belum tentu berlaku pada pelanggan yang berbeda.

Kekuatan prinsip dasar CRM ini terletak pada potensi dalam mengoptimalkan nilai tiap hubungan pelanggan melalui penanganan yang berbeda-beda. Melakukan segmentasi pelanggan dapat menjadi strategi manajemen hubungan pelanggan yang dapat mengoptimalkan nilai bisnis Anda. Hal ini tidak hanya bisa meningkatkan penjualan, tetapi juga membangun loyalitas pelanggan.

  1. Fokus pada penjualan, bukan mengurangi biaya

Salah satu jebakan dalam bisnis adalah menggunakan konsep diskon secara berlebihan. Memberikan diskon memang salah satu cara paling efektif untuk menarik pelanggan. Karena siapa yang tidak suka diskon? Hal ini dapat dilakukan bagi pelanggan yang baru pertama melakukan pembelian, atau pada momen tertentu saja. Tapi, jangan sampai terus-terusan memberikan diskon hingga harus memotong biaya produk/jasa Anda.

Memberikan diskon bisa meningkatkan penjualan sesaat, namun tidak ada yang dapat menggantikan pentingnya hubungan pelanggan dan mempertahankannya. Bisnis dapat tetap menghasilkan pendapatan dengan memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan serta marketing yang tepat.

  1. Seimbangkan antara keinginan pelanggan dan bisnis Anda

Menyenangkan dan memuaskan pelanggan merupakan salah satu tujuan dalam bisnis. Namun, jangan sampai hal ini memberikan conflict of interest bagi bisnis yang berujung pada kerugian.

Bisnis harus dapat meningkatkan kualitas sambil tetap memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan. Dengan demikian, pelanggan dapat membantu meningkatkan penjualan dan pendapatan Anda.

  1. Bagikan nilai CRM kepada seluruh karyawan

Perusahaan harus memastikan bahwa tiap karyawan memiliki visi yang sama, bukan hanya bagian sales dan customer support saja. Hal ini sangat penting untuk membuat implementasi CRM agar berhasil dan efektif.

Untuk melakukan hal tersebut, prinsip prinsip dasar CRM harus diperkenalkan pada semua karyawan sehingga mereka mengetahui cara terbaik bagaimana memiliki hubungan pelanggan yang efektif.

Kesimpulan

Manajemen hubungan pelanggan merupakan kunci dari kesuksesan bisnis. Dengan prinsip prinsip dasar CRM di atas, Anda dapat mengelola hubungan pelanggan yang menguntungkan sehingga dapat membangun loyalitas dan mempertahankan pelanggan. Selain itu, pelajari juga 10 Prinsip CRM (Customer Relationship Management) berikut agar bisnis Anda lebih maju.

Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut bagaimana CRM dapat memberikan keuntungan bagi bisnis, silakan baca artikel kami lainnya berikut:

6 Kegunaan CRM Untuk Kesuksesan Perusahaan Anda

5 Keuntungan CRM bagi Bisnis Anda

Bisnis Anda Work From Home? Ini 4 Alasan Pentingnya CRM!

Atau, bisa langsung konsultasikan bisnis Anda kepada kami. Qontak merupakan solusi software CRM Indonesia terbaik yang dapat membantu bisnis dalam mengelola hubungan pelanggan lebih baik.

× Contact Us!