Pertanda Perusahaan Anda Membutuhkan CRM – Segera!

Mengubah alat atau proses dalam sebuah Perusahaan merupakan suatu keputusan yang besar, terutama jika perubahan tersebut membutuhkan investasi finansial – yang terkadang tidak sedikit.

Sekarang Anda mungkin telah bertanya-tanya apakah software CRM ini cocok untuk bisnis Anda? Bagaimana pengaruh perubahan proses ini terhadap penjualan, pemasaran, atau alur kerja customer service Anda? Berapa lama pemasangan sistem ini? Pada saat proses menimbang pro dan kontra dari penggunaan sistem CRM, ada beberapa peringatan yang mungkin mengindikasikan perusahaan Anda membutuhkan Sistem CRM, yaitu:

  1. Efisiensi / Produktivitas yang Rendah

Sistem CRM dapat menggantikan proses manual dengan mengotomatisasi entri data dan tugas berulang, dan dengan membawa komunikasi tim terkait akun ke dalam satu antarmuka bersama (tidak ada lagi rantai email yang dibungkam).

Proses manual seperti spreadsheet dan persetujuan melalui hard copy akan menghabiskan banyak waktu. Hal ini tidak hanya dapat meningkatkan efisiensi, tetapi juga dapat meningkatkan keberhasilan penjualan yang meningkatkan tingkat pendapatan.

  1. Kolaborasi Antar Departemen Rendah

Hubungan antar departemen dalam suatu perusahaan terkadang kurang terkoordinir. Departemen terlalu sibuk dengan segala pekerjaan sehari-hari mereka sehingga mereka mulai kehilangan jejak akan progress atau pekerjaan apa yang dilakukan oleh departemen lain dan bagaimana departemen mereka saling mempengaruhi satu sama lain.

Qontak.com – sebagai Social CRM – memungkinkan siapa pun dalam organisasi untuk melihat siklus hidup setiap pelanggan atau pelanggan dapat mengetahui bagaimana mereka dapat mengatasi kebutuhan mereka. Visibilitas ini lah yang dapat dicapai dengan dashboard atau file sharing.

  1. Akuntabilitas Berbatas di Antara Rekanan

Tenaga penjualan kan menghindar dari pengambilan tanggung jawab atau klien yang “jatuh melalui celah” karena itu “bukan pekerjaan mereka”. Atau Anda kehilangan peluang pelanggan karena tidak ada pekerja yang bertanggung jawab dan menghubungi pelanggan tersebut.

CRM disini bertindak sebagai database terpusat yang menyediakan data yang akurat tentang setiap interaksi yang Anda lakukan dengan pelanggandan pelanggan. Software ini memberi tahu Anda siapa, dimana dan kapan seseorang gagal dalam client retention Tujuannya bukan untuk menyalahkan siapa pun, namun untuk memberikan gambaran jelas tentang dimana ada ruang untuk meningkatkan performa lebih.

  1. Analisis Data yang Buruk

CRM dapat membantu Anda memahami pelanggan Anda dengan lebih baik melalui pelaporan dan analisis data bawaan. Dengan menggunakan alat-alat ini, Anda dapat memperoleh wawasan tentang kebiasaan berbelanja dan musiman, demografi, perilaku digital, dan preferensi tertentu, seperti metode komunikasi pilihan mereka.

  1. Kepuasan Pelanggan Rendah

Dengan CRM, Anda dapat mengambil pendekatan yang ditargetkan untuk manajemen pengalaman pelanggan. Misalnya, CRM terbaik memungkinkan Anda melibatkan klien yang lebih suka saluran seluler dan sosial melalui email atau telepon. Bahkan, Anda dapat menghemat beberapa sumber daya dalam proses dan meningkatkan produktivitas.

  1. Peluang Penjualan Terjawab

Jika Anda melacak penjualan Anda secara manual, Anda mungkin tidak memiliki proses yang jelas untuk memeliharanya dan akhirnya kehilangan peluang penjualan. CRM (terutama ketika terhubung ke perangkat lunak otomasi pemasaran) dapat menggunakan aturan otomasi untuk memberi tahu perwakilan ketika saatnya untuk tindak lanjut. Bukan hanya itu, tetapi karena informasi yang tersimpan dan catatan komunikasi, Anda dapat dengan lancar menemukan di mana program pengasuhan Anda tinggalkan, menambah nilai pada hubungan yang sudah Anda bangun.

  1. Pertumbuhan Bisnis yang Cepat

Bisnis besar maupun kecil dapat mengambil manfaat dari keuntungan CRM, terutama ketika mereka siap untuk tumbuh. Seperti halnya dengan banyak alat perangkat lunak, pertanyaannya sering menjadi, “Bagaimana saya tahu saya memilih platform ukuran yang tepat?”

Ini adalah masalah yang sah, karena ini terkait dengan jumlah karyawan yang Anda miliki dan volume klien yang Anda kelola. Namun berkat model penetapan harga perangkat lunak sebagai layanan, sebagian besar CRM dapat tumbuh seiring pertumbuhan Anda. Jika Anda mulai dengan dua karyawan dan bertambah menjadi 200, CRM Anda dapat meningkatkan skala bersama Anda.

Saat Anda mempertimbangkan pro dan kontra dalam mengadopsi perangkat lunak CRM, penting untuk mempertimbangkan potensi bahaya dari penjualan manual dan alur kerja pemasaran. Bekerja dengan CRM membuat Anda dapat merampingkan interaksi antar departemen, meningkatkan dan menyesuaikan pengalaman klien Anda, dan mewujudkan peningkatan produktivitas dan pendapatan.

Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai software Social CRM dari Qontak – Anda dapat mengunjungi link dibawah ini untuk mendapatkan trial dan konsultasi gratis!

Click Here for Free Trial and Consultation

Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai CRM, KPI, Target Penjualan Anda dapat membaca artikel dibawah ini:

You may also like