Qontak WhatsApp

Perbedaan Customer Service dan Customer Experience, Mana yang Lebih Penting?

3 Perbedaan Customer service dan customer experience

Perbedaan Customer Service dan Customer Experience yang Perlu Anda Ketahui!

Percayakah Anda bahwa era layanan pelanggan (customer servic) sudah berakhir dan digantikan oleh era pengalaman customer (customer experience)? Hal ini disebabkan adanya penyesuaian dan perluasan keberagaman target market, jadi customer service saja tidak mencukupi untuk memenuhi permintaan pelanggan yang ingin mendapatkan pelayanan yang lebih personal. Maka dari itu, kami merangkum perbedaan customer service dan customer experience untuk membantu Anda memahami mana yang lebih penting.


Apa itu Customer Service?

Sebelum membahas perbedaan customer service dan customer experience, sebaiknya memahami pengertian customer service. Customer service (CS) adalah bagian terpenting dalam perusahaan untuk menjalin interaksi dengan pelanggan.
Customer service memiliki peran penting sebagai penghubung pelanggan dengan bisnis. Maka dari itu, customer service harus mampu memberikan kenyamanan saat melayani pelanggan.

Rekomendasi: 10 Aplikasi Customer Service Terbaik di Indonesia


Apa itu Customer Experience?

Customer experience adalah kepuasan pelanggan terhadap layanan atau produk yang bisnis Anda tawarkan. Kepuasan pelanggan ini tidak harus berupa transaksi jual beli, tapi juga bisa berlaku sejak awal tahap awareness hingga pelayanan.
Oleh karena itu, setiap bisnis harus mampu menciptakan customer journey yang baik sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Dengan customer experience management yang baik, pelanggan akan percaya dengan brand Anda.

Baca juga: Customer Experience: 5 Cara CRM Memperbaikinya dengan Drastis


Apa saja Perbedaan Customer Service dan Customer Experience?

Perbedaan yang signifikan antara customer service vs customer experience terletak pada interaksi yang terjadi di dalamnya. Saat customer service hanya mencakup sebagian saja dari interaksi antara brand dengan panggan, customer experience meliputi keseluruhan perjalanan pelalanggan (customer journey) dengan suatu brand, yang di dalamnya terdapat juga bentuk-bentuk komunikasi yang diikutsertakan.

Untuk lebih memahami perbedaan customer service dan customer experience, simak penjelesannya dibawah ini:

1. Target (Goals)

Goals-Perbedaan customer service dan customer experience

Perbedaan customer service dan customer experience pertama adalah target keduanya. Customer service hanya fokus menhelesaikan permintaan pelanggan yang sedang berinteraksi. Sementara customer experience berfokus memberikan kepuasan kepada seluruh pelanggan yang telah melakukan interaksi dengan perusahaan. Apabila customer experience yang Anda berikan baik, maka tidak banyak keluhan yang menghubungi customer service.

2. Cara kerja

Cara kerja

Cara kerja customer service harus responsif menangani keluhan pelanggan. Hal ini berbeda dengan customer experience yang justru cenderung lebih proaktif. Sebab tidak semua pelanggan akan puas dengan produk atau layanan yang Anda berikan. Solusi terbaik adalah memperbaiki customer experience dengan memahami kebutuhan pelanggan dilihat dari cara membeli, minat, dan sebagainya.

3. Tugas

Tugas

Perbedaan customer service dan customer experience terakhir adalah tugas keduanya. Dimana tugas customer service meliputi menjalin hubungan baik dengan pelanggan, Menguasai semua informasi terkait produk dan perusahaan dan banyak lagi. Berbeda dengan tugas customer experience adalah memahami kebutuhan pelanggan lewat feedback, menciptakan support dengan memberikan solusi yang efektif dan cepat, dan menciptakan pengalaman yang hendak diberikan oleh perusahaan kepada pelanggan.


Bagaimana Tips Membangun Customer Experience yang baik?

Dengan menaikkan standar pelayanan customer agar terfokus tidak pada keuntungan semata dan berinisiatif memimpin ke arah yang lebih baik, customer experience dapat dicapai. Berikut ini beberapa tips untuk bisa menciptakan customer experience yang lebih baik.

– Ciptakan strategi marketing yang mudah diingat

Memiliki strategi marketing yang solid adalah penentu kokoh tidaknya pondasi bisnis yang tengah dijalankan. Perencanaan marketing yang dipersiapkan haruslah memiliki koneksi dengan audiens Anda agar meninggalkan kesan dan tetap diingat. Strategi marketing yang baik akan memberikan pengaruh positif bagi bisnis secara keseluruhan. Interaksi yang tinggi dengan customer dapat membantu customer mengenal dan ingat akan produk Anda, serta membantu penyebaran brand Anda di media sosial.

– Pastikan visual yang tersedia menarik dan cukup meyakinkan untuk di-share.

Pada dasarnya, semua manusia merupakan makhluk visual. Memperhatikan dan melakukan share bagi hal yang menarik mata mereka merupakan kunci dari customer experience dan membuat mereka tertarik untuk melakukan interaksi. Kata-kata yang menggelitik, penuh warna, meminta mereka berpartisipasi dan mempermudah keseharian mereka merupakan salah satu pemicu share yang terbesar.
Jika sekarang adalah eranya video, maka sudah saatnya bagi Anda para marketer via konten untuk beradaptasi dengan hal ini. Cobalah bereksperimen dan lakukan tes pada pasar, dan bisa jadi Anda dapat meningkatkan customer experience bagi produk Anda.

– Melangkahlah dan lakukan pengulangan

Dalam berevolusi dari customer service ke customer experience, Anda harus pintar-pintar memilih dan mengimplementasi strategi yang dapat membantu customer Anda mengalami pengalaman berkesan dalam setiap transaksi, terutama jika produk atau jasa yang Anda jual tidak pernah mengalami perubahan. Pilih satu experience yang akan Anda implementasikan, dan coba implementasikan secara menyeluruh agar customer Anda mengenal dan mengingat brand Anda.

Jangan sampai melewatkan training bagi anggota tim Anda

Menyediakan pengalaman berkesan bagi customer Anda tidak bisa terjadi hanya dengan usaha satu orang saja. Anda perlu memberikan pelatihan bagi tim Anda agar mereka semua sepakat dan serentak dalam memberikan pengalaman terbaik bagi customer Anda. Entah itu anggota tim lama maupun baru, investasikanlah waktu dan tenaga Anda untuk melakukan hal ini dengan layak. Utamakan anggota tim dengan sikap dan karakter yang baik, bukan dengan kemampuan terbaik saja.


Tingkatkan Customer Experience Anda Sekarang!

Seperti yang dijelaskan perbedaan customer service dan customer experience sebelumnya, bahwa kepuasan pelanggan akan berdampak sedikitnya keluhan yang diajukan oleh pelanggan melalui customer service. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk menciptakan customer experience yang baik.

Qontak.com menawarkan aplikasi CRM terbaik di Indonesia yang terintegrasi dengan sistem Omnichannel. Aplikasi CRM Qontak.com dapat memberikan pengalaman pelanggan konsisten di setiap saluran bisnis Anda sehingga tercipta customer experience. Qontak.com telah dipercaya lebih dari 1000+ bisnis untuk memberikan kepuasan pelanggan mereka.

Hubungi Qontak.com sekarang atau dengan mengisi form COBA GRATIS di bawah ini:

You may also like

By