Qontak WhatsApp

Pentingnya Personalisasi Customer untuk Marketer

personalisasi customer

Mengapa Personalisasi Customer Penting untuk Marketer?

Sebagai seorang marketer, penting bagi Anda melakukan personalisasi bagi setiap customer demi meningkatkan relevansi produk terhadap calon pembeli. Semakin personal sebuah kampanye marketing, semakin besar kemungkinannya untuk sukses mendatangkan konversi. Namun, sebelum dapat mempersonalisasikan produk Anda bagi setiap customer, Anda perlu mengetahui tipe data apa yang bisa membantu Anda melakukan hal ini.

Beberapa tipe data yang biasanya memang dapat membantu personalisasi kampanye meliputi email dan beberapa jenis media komunikasi lainnya. Kemampuan untuk mendengarkan dan mengutamakan feedback dari audiens Anda juga akan mempermudah proses personalisasi bagi bisnis Anda dan strategi marketingnya.

Berikut ini 4 bukti diperlukannya personalisasi customer untuk bisa memiliki strategi marketing yang berhasil.

  1. Penggunaan data untuk memperbaiki pengalaman yang dilalui customer Anda dapat membuat brand atau bisnis dikenal sebagai pendengar yang baik

Menggunakan topik atau media serta jenis konten yang memang pernah disebutkan atau selalu disukai oleh customer Anda dapat menunjukkan pada mereka bahwa Anda mendengarkan dan peduli akan masukan serta permintaan customer. Gunakan tools dan akses yang dimiliki oleh marketer di dunia digital masa kini untuk memaksimalkan interaksi dengan customer, klik serta waktu yang dihabiskan customer Anda dalam laman website Anda. Lihat data yang tersedia, tentukan strategi untuk memperbaiki performa dan membangun personalisasi yang dibutuhkan.

Customer Personalization

  1. Personalisasi haruslah dilakukan untuk kesuksesan brand dan bisnis Anda

Personalisasi bukan hanya mengenai total interaksi yang diperoleh, namun lebih mengenai bagaimana Anda menyampaikan pesan yang relevan bagi customer. Selain itu, membuat mereka kembali lagi pada Anda untuk menggunakan produk dan jasa yang Anda tawarkan. Saat personalisasi diberlakukan, tingkat kepuasan customer dan interaktivitas customer juga akan meningkat dengan sendirinya.

  1. Kini, personalisasi digital sudah mulai mengganti interaksi face-to-face

Data-data industri terkini menunjukkan semakin sedikitnya meeting secara face-to-face. Semakin sedikit orang yang berpikir bahwa meeting secara fisik masih efektif karena adanya perubahan dalam cara berkomunikasi serta cara menjangkau customer. Penggunaan email marketing semakin maksimal bagi para pemilik bisnis yang ingin membuat pengalaman customer semakin personal dan semakin loyal terhadap brand.

personalisasi customer

  1. Pelajari apa yang bisa dikembangkan dan diperbaiki dari personalisasi customer bagi brand dan bisnis Anda, dan terus lanjutkan

Anda mungkin belum mengetahui praktek terbaik bagi bisnis Anda dalam hal personalisasi. Selalu coba lagi hingga Anda menemukan formula yang berhasil untuk dipraktekkan bagi personalisasi brand Anda. Cobalah melakukan personalisasi terhadap berbagai persona yang berbeda hingga Anda menemukan satu teknik yang dapat diaplikasikan secara lebih luas. Selalu pastikan Anda memiliki sikap positif dengan data yang tetap update, dan jangan berhenti belajar dan mengeksplorasi hal-hal yang berhubungan dengan customer Anda.

Bagaimana cara bisnis Anda memberikan personalisasi untuk setiap customer?

Dapatkan Aplikasi CRM untuk Personalisasi Customer dengan Mudah!

Itulah 4 alasan penting mengapa Anda perlu menerapkan personalisasi customer yang baik. Hal ini dapat dimudahkan dengan bantuan sebuah Aplikasi CRM dari Qontak.com. Qontak.com menyediakan aplikasi CRM dengan fitur terlengkap untuk kemudahaan bisnis mulai dari perusahaan besar hingga UMKM.

Coba lah secara GRATIS Aplikasi CRM untuk bisnis Anda sekarang juga atau hubungi tim Qontak.com disini untuk konsultasi gratis!

You may also like

By