Pentingnya Automasi Bagi Praktek Marketing Digital Bisnis Anda

Digital Marketing Automation

Melakukan digital marketing di era yang sudah sangat maju seperti sekarang datang dengan berbagai kelebihan yang membuat praktekanya lebih mudah. Pembuatan konten yang informatif dan menarik dapat membantu Anda mempromosikan produk atau jasa secara lebih efektif dan membangun relasi yang kuat dengan prospek dan para customer Anda. Di era digital marketing, iklan semata tidak lagi seefektif dulu.

Produksi konten dalam bentuk tulisan blog atau artikel maupun body email bisa membuat Anda kewalahan dan terlalu membuang banyak waktu. Untuk itu, agar Anda menghemat biaya dan waktu Anda, bisnis Anda memerlukan automasi atau automation. Automasi seperti apa yang harus Anda lakukan?

  1. Lakukan email tertarget untuk persona customer yang berbeda-beda.

Konten generik yang disebarluaskan ke penonton yang luas tidak akan bekerja seefektif konten yang lebih tertarget. Artikel yang terlalu generik cenderung akan dilewati dan tidak mendapatkan perhatian dari pembaca akibat terlalu umum. Kecenderungan konten yang terlalu generik juga akan banyak menjual dan menjual tanpa peduli akan nilai yang sekiranya dapat diperoleh oleh pembaca. Jika konten semakin fokus, pembaca yang merasa mendapatkan sesuatu yang berharga dari konten Anda justru akan lebih mungkin melakukan pembelian. Gunakan automasi email yang sudah terset untuk persona tertentu dan pilih tools yang memungkinkan Anda melakukan hal ini sehingga sistem sudah tercipta, memudahkan Anda untuk menjalankannya sekaligus menghemat waktu. Lebih baik repot di awal untuk kemudahan jangka waktu panjang.

Digital Marketing Automation
Sumber gambar: frankwatching.com
  1. Lakukan automasi dengan media sosial

Media sosial tidak lagi sesederhana dulu, dan diperlukan sistem penggunaan media sosial yang jelas dan memudahkan Anda untuk melakukannya. Pastikan ada interaksi terjadi antara brand atau bisnis Anda dengan media-media sosial utama seperti Facebook, Twitter, Pinterest, Instagram dan LinkedIn. Banyaknya media sosial tempat brand Anda perlu hadir membuat automasi sangatlah diperlukan. Jadwalkan postingan Anda di media-media sosial tersebut dengan memanfaatkan satu tools yang sudah mengakomodasi semua media sosial dan langsung serentak melakukan postingan yang sudah disesuaikan dengan masing-masing media sosial dan penggunanya. Dengan tools yang tepat, Anda dapat menghemat waktu sekaligus melakukan monitoring pada semua social media secara berbarengan.

Digital Marketing Automation
Sumber gambar: cmo.com.au
  1. Lakukan pula automasi pada pelaporan dan dashboard tempat Anda melakukan digital marketing

Melakukan pelaporan bisa memakan sangat banyak waktu, mulai dari kompilasi hasil analitik konten hingga penjualan bulanan, berbagai sumber data harus Anda akses satu per satu dan dimasukkan ke Excel atau presentasi Power Point. Terkadang, saking banyaknya, beberapa data tanpa disadari jadi terlewat begitu saja dan hasil akhirnya tidak maksimal. Dengan memasang automasi, proses pelaporan dapat dipersingkat dan dibuat dengan lebih mudah. Membangun automasi untuk mempermudah hal ini akan berat di awal, tapi ringan di akhirnya. Susun dashboard yang membuat Anda mudah melakukan pekerjaan Anda, begitu juga dengan penerus Anda. Anda dapat menggunakan dashboard ini tidak hanya untuk membuat laporan, tapi juga untuk melihat tren apa yang tengah dibicarakan untuk menjadi bahan konten dan kampanye Anda selanjutnya. Dengan demikian, Anda bisa lebih fokus menghasilkan konten yang mendatangkan konversi.

Bagaimana rencana Anda dalam melakukan automasi pada praktek digital marketing Anda?

You may also like

× Contact Us!