Pengertian, Manfaat dan Contoh Marketing Automation

contoh marketing automation

Apa itu marketing automation? Bagaimana contoh penggunaan marketing automation untuk bisnis Anda?

Penggunaan marketing automation telah berkembang dan menjadi sangat populer dengan berbagai manfaatnya. Sebuah survey yang dilakukan oleh CustomerThink menyatakan bahwa 80% dari responden telah memiliki marketing automation untuk bisnis mereka. Terdapat beberapa alasan mengapa mereka menggunakan marketing automation. Tiga alasan utamanya adalah untuk menghasilkan calon pelanggan, kampanye untuk menjaga pelanggan, dan marketing berbasis akun. Namun apa sebenarnya marketing automation dan contoh penggunaannya dalam bisnis?

Pengertian Marketing Automation

Marketing automation adalah sebuah teknologi untuk mengelola proses marketing dan kampanye melalui berbagai media secara otomatis. Dengan marketing automation, bisnis dapat menargetkan pelanggan dengan pesan otomatis melalui email, website, maupun media sosial. Pesan tersebut akan secara otomatis terkirim sesuai dengan instruksi yang telah diatur sebelumnya. Instruksi ini dinamakan workflow. Workflow dapat didefinisikan sebagai template yang digunakan dalam melakukan marketing automation.

Apa yang dilakukan marketing automation?

Marketing automation digunakan oleh tim marketing dan sales untuk melakukan kampanye marketing dan aktivitas sales. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pendapatan dan memaksimalkan efisiensi. Jika digunakan secara efektif, tim marketing dapat mengatasi tugas yang repetitif dan dapat berfokus pada masalah yang lebih sulit. Hal ini juga menghindari kemungkinan terjadinya human error.

Marketing automation merupakan alat yang didesain untuk mempersingkat dan menyederhanakan tugas marketing yang dapat menghabiskan waktu. Hal ini dilakukan mulai dari mengotomatisasi proses kualifikasi calon pelanggan hingga membuat digital campaign. Marketing automation dapat melakukan strategi digital marketing tanpa harus menekan tombol ‘send’ secara manual pada tiap email, kampanye, maupun postingan yang dibuat. Marketing automation yang baik membantu melakukan identifikasi audiens, mendesain konten yang tepat, dan melakukan marketing berdasarkan jadwal dan perilaku customer secara otomatis.

Dengan melakukan strategi marketing secara otomatis, Anda dapat menghemat waktu dan tenaga sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan ROI (return of investment) sembari fokus mengembangkan bisnis.

Bagaimana cara kerja marketing automation?

Dengan kumpulan data yang berasal dari berbagai interaksi seperti email, website, dan sosial media, Anda dapat melihat tiap pelanggan secara 360 derajat. Aplikasi customer relationship management atau CRM seperti Qontak dapat membantu menyimpan dan mengelola kumpulan data tersebut dengan baik untuk mempermudah marketing automation bisnis Anda.

Data-data tersebut kemudian digunakan oleh marketing automation untuk mempersingkat proses segmentasi dan target pelanggan dalam menentukan audiens yang tepat. Dengan demikian Anda dapat membuat pesan yang terpersonalisasi dan relevan melalui email, website, maupun media sosial hanya dengan beberapa klik saja.

Apa saja manfaat marketing automation?

  • Mengurangi tugas repetitif: Tim marketing dapat menghemat waktu dan fokus pada hal lain yang lebih penting
  • Personalisasi: Membuat pelanggan merasa berharga dan berbeda
  • Segmentasi: Membantu untuk mengirim konten yang relevan pada target yang tepat

Contoh Marketing Automation pada Bisnis

Contoh penggunaan marketing automation pada bisnis berbeda, tergantung jenis bisnis Anda apakah B2C atau B2B. Jika Anda saat ini sedang mempertimbangkan untuk menggunakan marketing automation, berikut adalah contoh marketing automation yang bisa dijadikan sebagai panduan berdasarkan jenis bisnisnya.

Contoh Marketing Automation pada B2C

  1. Welcome Email

Welcome email adalah kesempatan untuk membuat kesan pertama yang bagus pada subscriber Anda. Dengan marketing automation, Anda dapat membuat pengalaman yang menarik bagi subscriber dengan welcome email.

Salah satu toko fashion online terkemuka di Asia, Zalora, adalah contoh yang bagus. Ketika membuka website mereka, Anda langsung disambut penawaran potongan harga bagi subscriber baru. Jika sudah mengisi alamat email, mereka akan mengirim welcome email yang berisi kode voucher untuk pembelian pertama.

Mengirimkan welcome email adalah cara simple untuk memacu pemasukan untuk bisnis.

Dengan mengirim email langsung setelah seseorang melakukan subscribe, Zalora memaksimalkan pembelian dengan menawarkan diskon. Hal ini dapat menciptakan engage pada calon pelanggan baru.

  1. Email reminder

Mengirimkan email reminder berdasarkan tanggal tertentu adalah kesempatan yang bagus, bukan hanya untuk mengirimkan pesan terjadwal saja, tetapi juga untuk membuat mereka tetap membeli dan menggunakan jasa bisnis Anda.

Sociolla menyimpan data pelanggan mereka, termasuk barang yang ada pada wishlist Anda. Mereka akan mengirim email reminder ketika barang tersebut sedang promo. Hal ini akan menjadi pengingat customer dan mendorong mereka untuk melakukan pembelian.

Mereka juga mengirimkan email pengingat jika ada barang yang tertinggal di chart atau keranjang belanja. Inilah hebatnya marketing automation, Anda dapat mengirim email berdasarkan apa yang dilakukan dan tidak dilakukan subscriber.

  1. Ulang tahun atau anniversary

Memberi ucapan selamat ulang tahun adalah strategi yang sangat efektif untuk memacu pendapatan sekaligus meningkatkan kepuasan customer. Pastikan Anda menyimpan data ulang tahun pelanggan, lalu siapkan template untuk dikirim secara otomatis ketika tanggal ulang tahun mereka. Cantumkan juga penawaran seperti diskon ulang tahun untuk mendorong customer melakukan pembelian.

Anda juga bisa menerapkan ini untuk anniversary perusahaan Anda.

  1. Feedback dan review

Mengirim survey untuk mendapat feedback tentang produk Anda atau meminta review terhadap produk yang telah dibeli oleh customer adalah contoh lain dari marketing automation yang baik.

Email seperti ini membuat pelanggan merasa pendapatnya didengar, sehingga membantu meningkatkan kepuasan pelanggan.

  1. Peluncuran produk baru

Mengirim email mengenai peluncuran produk baru adalah cara yang bagus untuk menggapai pelanggan. Dengan memberikan informasi tentang produk baru dan penawaran tertentu, pembeli akan merasa terdorong untuk melakukan pembelian.

  1. Newsletter

Newsletter merupakan email yang akan dikirim ketika ada informasi terbaru. Ini dapat diatur untuk dikirim secara otomatis setiap hari, minggu, 2 minggu, atau bulan. Email newsletter biasanya berisi kabar terbaru, tips, maupun informasi berguna lainnya kepada subscriber.

Contoh Marketing Automation pada B2B

  1. Auto-responder untuk menjaga calon pelanggan

Auto-responder merupakan email marketing yang digunakan untuk mengedukasi calon pelanggan mengenai bisnis, produk atau jasa, dan bagaimana Anda dapat membantu mengatasi permasalahan mereka.

Ketika pengunjung melakukan sign up pada website, itu terjadi karena mereka membutuhkan bisnis yang Anda tawarkan. Baik melalui konsultasi gratis atau memberikan free trial, pengunjung merasa tertarik untuk memberikan alamat emailnya sehingga Anda dapat berkomunikasi lebih jauh dengan mereka.

Tujuannya adalah untuk membantu calon pelanggan mengenal dan membuat mereka mempercayai bisnis Anda.

contoh marketing automation

Sebagai contoh, Qontak memberikan konsultasi gratis dan free trial selama 14 hari untuk calon klien mereka mengenai solusi software CRM. Dengan demikian, calon klien yang masih awam dengan aplikasi CRM dan apa itu CRM dapat mengenal dan melihat keuntungan serta kegunaan CRM bagi perusahaan.

Auto responder dapat dilakukan dengan menggunakan software marketing automation atau CRM seperti Qontak.

Baca juga: 5 Metode CRM untuk Meningkatkan Marketing Anda

  1. Otomatisasi berdasarkan perilaku

Dengan mengetahui produk atau jasa mana yang membuat customer bertahan, Anda dapat mengidentifikasi permasalahan dalam bisnis dan meningkatkan pendapatan Anda. Perhatikan dan analisis data pelanggan yang Anda miliki.

Kunci sukses dari marketing automation adalah memberikan pesan yang tepat untuk orang yang tepat pada waktu yang tepat. Inilah pentingnya membangun buyer persona untuk bisnis Anda.

Anda harus dapat memahami siapa pelanggan Anda, apa permasalahan mereka, dan mengapa bisnis Anda adalah solusi terbaik untuk mereka. Dengan mengetahui hal tersebut, marketing automation dapat sangat membantu bisnis Anda.

Anda dapat menggunakan software CRM sebagai database marketing. Mengapa CRM dijadikan sebagai database marketing? Dengan data yang disimpan pada software CRM, Anda dapat melacak seluruh interaksi dengan pelanggan sehingga diperoleh data mengenai pelanggan yang dapat digunakan untuk membuat buyer persona.

Kesimpulan

Contoh marketing automation untuk B2C dan B2B berbeda. Terlepas dari perbedaan tersebut, yang terpenting adalah pilihlah solusi marketing automation tepat. Pastikan software yang dipilih mudah digunakan, sesuai dengan kebutuhan bisnis, dan yang pasti sesuai dengan budget.

Software CRM Qontak dapat membantu Anda melakukan marketing automation melalui email campaigns. Qontak melakukan penargetan untuk undangan perusahaan dan email campaign kepada pihak yang tepat dengan menggunakan database yang berjumlah lebih dari 1 juta. Campaign dapat difilter berdasarkan jabatan, departemen, industry, ukuran perusahaan, dan lainnya.

contoh marketing automation

Qontak juga dapat melakukan manajemen RSVP dengan disertai follow up telemarketing untuk meningkatkan conversion. Gunakan teknologi email blast internal Qontak dengan open rate >80% dan konfirmasi RSVP hingga 100%.

Hubungi Qontak sekarang untuk konsultasi marketing automation bisnis Anda!

You may also like

× Contact Us!