Pengertian dan Tujuan CRM dalam Bisnis

Pengertian CRM Dalam Bisnis

Tujuan Aplikasi CRM Pada Perusahaan

Pada tingkat yang paling dasar, CRM software memungkinkan para karyawan pemasaran, penjualan dan operasional untuk mengelola dan menganalisis hubungan dengan pelanggan aktual dan potensial perusahaan atau dapat meningkatkan produktivitas perusahaan. Perangkat lunak ini memungkinkan terjadinya pelacakan pada setiap interaksi dan KPI yang terdapat didalam dan diluar perusahaan serta dapat mengumpulkan informasi tentang para pelanggan.

Dengan cara ini, ketika berbicara dengan para pelanggan, perusahaan akan selalu tahu siapa mereka dan dapat melihat sejarah mereka dengan perusahaan. Hal ini dapat membuat interaksi yang terjadi menjadi lebih personal, meningkatkan peluang konversi, dan mendorong kepercayaan serta loyalitas pelanggan.

CRM memiliki berbagai fungsi yang memungkinkan Anda untuk dapat melacak interaksi antara pelanggan/ perusahaan melalui berbagai media yang tersedia, termasuk:

  • Email
  • Panggilan telepon (masuk & keluar)
  • Media sosial
  • Aplikasi obrolan seperti Whatsapp (Whatsapp CRM adalah fitur Qontak.com)
  • Formulir kontak
  • Mesin pencari

Perangkat lunak ini menangani proses tertentu, beberapa diantaranya adalah otomatisasi tugas berulang yang dilakukan oleh tenaga pemasaran, mengatur pengingat untuk acara-acara penting, dan menampilkan peringatan jika ada hal yang benar-benar membutuhkan perhatian. Beberapa CRM juga menawarkan kemampuan analitik sehingga memungkinkan Anda untuk melacak efisiensi dari berbagai upaya pemasaran yang dilakukan yang bertujuan untuk menghasilkan arahan dan konversi.

Perangkat lunak CRM yang dikombinasi dengan otomatisasi pemasaran akan menciptakan tim penjualan dan pemasaran yang lengkap untuk mengelola seluruh saluran penjualan dan pemasaran, mulai dari kualifikasi calon pelanggan hingga manajemen peluang, prakiraan, dan penutupan transaksi.

Pengertian Fitur & Fungsi CRM Pada Perusahaan

Fitur & Fungsi CRM
Source: naukrirms.com

Manajemen ujung ke ujung pada saluran penjualan melibatkan sebuah kombinasi antara sistem otomatisasi pemasaran (saluran paling atas) dan fungsionalitas CRM (saluran paling bawah). Kami menyaksikan sebuah tren bahwa ada banyak program CRM populer yang memperoleh atau mengembangkan sistem otomatisasi pemasaran mereka sendiri yang menawarkan fungsionalitas. HubSpot, misalnya, menawarkan keduanya, sementara CRM lainnya memungkinkan integrasi yang mudah dengan sistem otomatisasi pemasaran lainnya.

Berikut ini merupakan daftar beberapa fungsi yang biasanya ditawarkan oleh program CRMbaca disini untuk melihat daftar yang lebih panjang:

  1. Manajemen calon pelanggan: Sebuah CRM dapat melacak calon pelanggan perusahaan (kontak/ basis data), selain itu juga memungkinkan tim pemasaran untuk memasukkan calon pelanggan baru ke dalam sistem (secara otomatis atau manual) serta melacak dan menganalisis data tentang mereka.
  2. Pelacakan Kinerja KPI: Beberapa CRM melacak KPI (Indeks Kinerja Utama) apapun yang ingin dilacak oleh perusahaan seperti jumlah rapat, jumlah survei yang telah dilakukan, atau hal apapun yang ingin dilacak oleh perusahaan. Dengan melacak variabel-variabel ini, sebuah perusahaan dapat mengubah budaya mereka menjadi sebuah budaya sentris data. Ketika kita dapat mengukur data, maka kita dapat meningkatkan kinerja.
  3. GPS Pelacakan Kehadiran SDM: Beberapa CRM juga dapat melacak lokasi GPS. Namun, dalam banyak kasus, lokasi GPS dapat dipalsukan dengan menggunakan aplikasi lain. Oleh karenanya, CRM terbaik harus dapat berfungsi juga secara offline (tanpa koneksi internet) yang terhubung dengan satelit dan juga harus dapat beroperasi dengan sistem Check-in/ Check-out serta pelacakan GPS secara langsung.
  4. Otomatisasi alur kerja: Sistem CRM dapat membantu sebuah bisnis dalam mengoptimalkan proses kerja dengan merampingkan beban kerja biasa, sehingga memungkinkan para karyawan untuk fokus pada tugas-tugas kreatif dan tugas dengan tingkat beban yang lebih tinggi.
  5. Analisis: solusi CRM dapat menawarkan alat analitik bawaan yang memberikan wawasan dan membantu meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan. Seorang karyawan pemasaran dapat menganalisis data dan membuat kampanye bertarget yang sesuai. Analisis CRM dapat membantu melacak atribusi dan memberikan wawasan tentang kualitas pengalaman pelanggan.
  6. Intelegensi buatan: solusi CRM sekarang menawarkan kemampuan AI yang tertanam dalam sistem untuk membantu mengenali pola secara otomatis yang mengarah kepada kesuksesan penjualan, yang dapat membantu Anda membangun strategi yang lebih akurat untuk kegiatan pemasaran di masa mendatang.
  7. Pengalaman pelanggan individual: Anda juga dapat menggunakan CRM untuk menciptakan pengalaman secara pribadi dan konsisten bagi pelanggan potensial Anda di berbagai saluran pemasaran, yang dapat membantu meningkatkan konversi dan meningkatkan kesadaran merek.

Solusi CRM Siap Pakai

Ada banyak perusahaan yang menawarkan solusi CRM komersial yang siap pakai. Program tersebut datang dalam berbagai bentuk dan ukuran, tetapi biasanya disediakan sebagai perangkat lunak berbentuk layanan, yang menawarkan tenaga pemasaran sebuah kombinasi antara fungsi penjualan, pemasaran, dan layanan pelanggan.

Berikut ini adalah beberapa contoh beberapa sistem CRM yang populer:

Qontak.com (CRM di Indonesia & Asia)

Qontak merupakan solusi CRM terkemuka, yang juga merupakan solusi untuk perusahaan dimana programnya dapat disesuaikan dengan mudah dalam waktu 10 menit. Solusi ini sangat populer di kalangan bisnis kecil dan bisnis besar, dan juga menawarkan opsi penyebaran yaitu baik penyebaran di tempat maupun penyebaran yang berbasis penyimpanan data.

Tenaga penjualan

Tenaga penjualan dianggap sebagai CRM siap pakai yang terdepan. Menurut raksasa penelitian Gartner, kepeloporan solusi yang berbasis penyimpanan data saat ini membuat lonjakan sebesar 19,7% pada pangsa pasar.

Oracle

CRM Oracle menangani semua masalah manajemen hubungan pelanggan dan proses bisnis pada satu program dan menawarkan berbagai metode penyebaran.

CRM Microsoft Dynamics

CRM Microsoft Dynamics mengikuti jejak tenaga penjualan dalam hal pembagian dan penjualan. Program ini telah berkembang pesat selama beberapa tahun terakhir dan saat ini tersedia di tempat atau di penyimpanan data.

Masa Depan CRM

Tujuan CRM
Tujuan CRM Pada Perusahaan

Program CRM telah menjadi mata pencaharian dalam dunia bisnis saat ini. Dengan membangun milik Anda sendiri yang disertai dengan solusi lokal yang hebat akan mampu memberikan beberapa keuntungan bisnis yang besar.

Sistem CRM modern telah berevolusi dan mulai menawarkan fungsionalitas melampui dari apa yang mereka lakukan saat mengumpulkan data pelanggan di berbagai saluran. Kami memperhatikan integrasi media sosial, integrasi obrolan, AI, profil holistik, dan masih banyak lagi.

Jika Anda bermitra dengan perusahaan yang menawarkan pengembangan CRM khusus, Anda dapat berharap bahwa solusi CRM yang dihasilkan akan dapat terukur dan siap untuk tumbuh bersama perusahaan Anda dengan merefleksikan prosesnya dan mengintegrasikannya dengan sistem yang ada.

Hal ini juga merupakan peluang untuk memanfaatkan teknologi yang muncul dan menjadi pelopor dengan keunggulan yang kompetitif dalam industri ini, yaitu jauh sebelum vendor siap pakai lainnya mengejar ketinggalan.

 

You may also like