Qontak WhatsApp

Pahami Fitur Facebook Ads Untuk Dongkrak Marketing dan Sales

Facebook Ads Optimization

Facebook merupakan salah satu media sosial yang paling banyak peggunananya di dunia. Bahkan di Indonesia sendiri penggunanya telah mencapai 88 juta di akhir 2016. Angka tersebut akan diprediksi terus meningkat.

Banyaknya pengguna Facebook membuat media sosial ini menjadi alat beriklan yang efektif. Apalagi Facebook sendiri telah menyediakan fitur beriklan (Facebook Ads) yang budget-nya dapat diatur oleh pengguna. Keuntungan lainnya yakni telah diakuisisinya Instagram oleh Facebook membuat benefit tambahan, yakni dapat munculnya iklan kita di Instagram.

Namun untuk dapat menggunakan fitur Facebook Ads agar dapat mencapai hasil maksimal tidak semudah yang dibayangkan. Setidaknya ada 3 hal mendasar yang harus diperhatikan agar uang yang Anda keluarkan untuk beriklan dapat memberikan hasil.

1. Ketahui Karakter Target Market

Facebook Ads memberikan kemudahan kepada pengiklan dengan dapat menentukan sendiri karakter target marketnya dengan akurat, mulai dari berdasarkan wilayah jangkauan, minat, usia, hingga jaringan. Bahkan Facebook memberikan kita kebebasan untuk mengatur waktu muncul dan berakhirnya iklan per harinya.

Namun sekalipun Facebook memberikan kemudahan menentukan target market dengan fitur di atas, justru hal tersebut dapat membuat Anda bingung sendiri bila tak dapat memahami seperti apa karakter terget market Anda. Bahkan bisa jadi iklan Anda menjadi tidak tepat sasaran karena Anda salah memasukkan data penargetan yang dibutuhkan.

Misalkan, bisnis Anda merupakan produsen susu anak yang semestinya mengincar target market dengan karakteristik wanita dewasa dan berusia antara 24-35 tahun. Namun karena Anda salah memasukkan batas usia, maka iklan Anda tidak akan efektif.

Facebook Ads Optimization
Sumber Gambar: rssground.com

2. Pahami Fitur Canggih Facebook Ads

Facebook memang dikenal sebagai platform media sosial yang terus berinovasi. Hal itu dapat terlihat dari semakin barunya fitur-fitur yang ada di Facebook Ads.  Karena itu perlu bagi Anda memahami apa saja fitur yang disediakan oleh Facebook Ads dan kegunaannya.

Beberapa fitur Facebook Ads:

3. Fitur Tata letak

Tak hanya dapat menentukan budget iklan per hari yang ingin Anda keluarkan, Facebook pun memberikan keleluasaan dalam hal peletakkan iklan Anda. Biasanya Facebook memberikan pilihan apakah Anda ingin iklan Anda muncul di beranda layaknya sebuah postingan pada umumnya, atau muncul di side bar sehingga terlihat benar-benar seperti iklan.

Namun untuk setiap pilihan letak iklan Facebook sudah menentukan lebih dulu seperti apa iklan yang dapat dimuat di sana. Sebab itu Anda harus benar-benar membuat iklan Anda sesuai dengan kriteria yang ditetapkan Facebook.

4. Retargeting

Fitur ini berguna untuk membidik ulang orang-orang yang sudah pernah mengunjungi website Anda. Bisa dikatakan bahwa fitur ini terus mem-follow up target market Anda agar terus teringat dengan merek Anda. Itulah kenapa iklan Anda akan selalu muncul di laman Facebooknya.

Barangkali Anda pernah mengunjungi sebuah online shop, lalu tanpa Anda sadari iklannya selalu muncul di laman Facebook Anda. Sebetulnya pada saat itu Anda sudah masuk dalam radar retargeting fitur Facebook Ads ini.

Sebetulnya masih banyak lagi fitur Facebook Ads yang perlu Anda pahami. Karena itu segeralah cari tahu artikel yang membahas detail fitur-fitur iklan di Facebook sehingga dapat membantu Anda.

Facebook Ads Optimization
Sumber Gambar: xahoithongtin.com.vn

5. Buat Iklan yang Semenarik Mungkin

Terdapat banyak kemudahan pada Facebook Ads tak lantas membuat Anda melupakan satu hal ini, yakni iklan yang menarik. Dan perlu diketahui bahwa perubahan zaman dapat memengaruhi karakteristik target market Anda dalam menanggapi sebuah iklan.

Untuk saat ini saja tidak banyak orang yang akan menaruh perhatiannya pada iklan yang hanya mengandalkan teks. Pengguna media sosial saat ini lebih suka menaruh perhatiannya pada iklan yang disertai gambar seperti foto maupun infohgrafis menarik atau video.

You may also like

By