Menulis Konten Marketing Berdasarkan Prinsip Jurnalisme

Journalism Principle

Anda tentu tahu prinsip dasar penulisan dalam dunia jurnalisme yang terdiri dari formula 5W 1H bukan? Jika Anda terjun ke dunia konten, besar kemungkinan Anda sudah punya pengalaman di dunia penulisan dan cukup familiar dengan istilah 5W 1H yang meliputi who, when, why, where, what serta how ini. Penulisan jurnalisme yang sesuai haruslah menjawab kelima hal ini, dan ada baiknya jika konten marketing Anda pun mempraktekkan hal yang sama.

  1. Who atau Siapa

Pertimbangkan siapa audiens yang ingin Anda tuju lewat konten yang Anda buat. Jika Anda tidak tahu kepada siapa Anda berbicara, bagaimana Anda dapat mencapai mereka? Ketahui siapa audiens Anda secara spesifik tidak hanya dari segi kelompok usia saja, namun juga perkembangan tren dan demografiknya seiring dengan berjalannya waktu. Selalu lakukan riset untuk semakin mendekat dan menjawab kebutuhan audiens lewat konten yang Anda hadirkan dan cobalah membangun persona untuk membuat sosok target audiens Anda menjadi lebih nyata terepresentasikan.

 

  1. What atau Apa

Apa yang Anda diskusikan dalam konten Anda tersebut dan apa yang dilakukan oleh target audiens Anda? Poin ini mengingatkan Anda untuk berfokus pada pesan dari brand Anda lewat konten yang memenuhi apa yang ingin diketahui oleh pembaca atau prospek bisnis Anda. Menentukan hal ini tidak selamanya mudah karena Anda harus  berpikiran terbuka serta mau mengulang dan mengganti ide jika terbukti tidak akan bekerja. Di sinilah Anda harus menentukan dan mengeliminasi berbagai topik sampai menemukan yang paling pas dengan brand Anda.

Journalism Principle
Sumber gambar: medium.com

 

  1. When atau Kapan

Apa aspek waktu yang harus dipertimbangkan matang-matang dalam konten marketing? Jawabannya adalah pengaturan waktu distribusi konten yang sesuai dengan jam-jam aktif target audiens Anda melakukan aktivitas online. Anda sebagai seorang digital marketer haruslah mengetahui dan mengenal hal ini. Jangan mengirimkan atau mengumumkan adanya konten baru di jam di mana tidak ada seorangpun yang akan melihat postingan Anda tersebut. Buatlah jadwal postingan rutin di mana Anda melakukan penyebaran konten yang sudah Anda buat secara lebih teratur.

 

  1. Where atau Di Mana

Faktor “di mana” cukup memainkan peranan penting dalam konten marketing, terutama dalam hal platform apa yang Anda gunakan untuk menyiarkan konten Anda. Di manakah target audiens Anda paling banyak aktif di media sosial? Ke sanalah Anda harus melakukan distribusi dan penyebaran konten serta menginvestasikan budget marketing Anda.

C
Sumber gambar: journalismfestival.com

 

  1. Why atau Mengapa

Mengapa target audiens Anda harus peduli dengan isi konten Anda? Pertanyaan yang satu ini dapat membantu Anda menentukan Key Performance Indicator atau KPI dari konten Anda sehingga pendistribusian konten pun lebih fokus. Anda dapat melihat banyaknya interaksi, loyalitas serta sales leads yang berhasil diperoleh dengan menjawab pertanyaan mengapa konten Anda tersebut harus dipedulikan oleh audiens Anda.

Bagaimana Anda akan menjawab lima pertanyaan ini sehubungan dengan konten marketing Anda?

You may also like