Whatsapp Automation: Cara Baru Mempercepat Bisnis!

Whatsapp Automation

Automation menjadi solusi yang semakin dicari bisnis saat ini. Salah satu cara yang dapat dipilih adalah Whatsapp Automation.

Dengan lebih dari 1,5 milyar pengguna di dunia dan 60 milyar pesan dikirim tiap harinya, Whatsapp merupakan aplikasi pesan paling populer dan berhasil. Tidak heran jika Whatsapp banyak digunakan oleh bisnis untuk terhubung dengan pelanggan. Kini Whatsapp berkembang menjadi lebih baik bagi bisnis dengan diluncurkannya Whatsapp Business API. API Whatsapp mendukung adanya berbagai fitur lainnya, seperti Whatsapp Chatbot dan integrasi dengan CRM atau sering disebut Whatsapp CRM. Fitur-fitur tersebut memungkinkan bisnis untuk mengotomatisasi bisnis dengan Whatsapp yaitu Whatsapp Automation. Sebenarnya apa itu Whatsapp Automation dan bagaimana cara kerjanya?

Apa itu Whatsapp Automation?

Whatsapp Automation merupakan kumpulan API yang terhubung dengan Whatsapp, yang memungkinkan pengguna melakukan otomatisasi dalam mengirim dan menerima pesan, menambahkan pesan baru, dan melakukan broadcast message ke berbagai kontak.

Whatsapp Automation memberikan banyak manfaat bagi bisnis. Salah satu manfaat utamanya adalah memberikan customer experience yang lebih baik, yaitu dengan memungkinkan tim support dan sales untuk berinteraksi dengan pelanggan melalui pesan Whatsapp otomatis.

Manfaat utama Whatsapp Automation

  1. Mengirim pesan kepada pelanggan secara otomatis dengan Whatsapp untuk memberikan update dan informasi dengan cepat dan efisien
  2. Menyimpan data dari Whatsapp dan percakapan secara otomatis
  3. Menghasilkan ticket secara otomatis sehingga tim support dapat memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan
  4. Mempercepat proses sales dengan mengotomatisasi respon ke pelanggan dan membuat task untuk tim sales melalui integrasi dengan CRM
  5. Menjamin keamanan pesan dengan adanya verifikasi dan autentikasi pada pesan Whatsapp
  6. Mendeteksi nama dari pesan Whatsapp baru yang masuk secara otomatis

Bagaimana cara memperoleh Whatsapp Automation?

Ada beberapa tujuan yang dicari oleh pengguna ketika mencari otomatisasi Whatsapp. Ada yang hanya mencari fungsi otomatisasi dalam mengirim pesan, ada juga yang mencari otomatisasi yang lebih canggih. Jika hanya mencari solusi untuk mengotomatisasi pesan, Anda dapat mendapatkannya dengan mudah melalui berbagai aplikasi gratis yang tersedia di Playstore maupun Appstore. Fitur yang tersedia biasanya terbatas, misalnya mengatur auto responder sederhana atau menjadwalkan pengiriman pesan. Anda bisa juga membuat pesan otomatis sendiri menggunakan Phyton, namun bagi yang tidak memahami coding tentu hal ini akan membingungkan.

Jika Anda mencari solusi yang lebih canggih dari Whatsapp Automation, Anda harus harus memiliki Whatsapp API terlebih dahulu. Untuk mendapatkan Whatsapp API, Anda harus bekerja sama dengan mitra resmi Whatsapp API di Indonesia (official Whatsapp API partner), salah satunya adalah Qontak.

Selengkapnya: Cara Membuat API Whatsapp: Ini Langkah-Langkahnya!

Mitra resmi akan membantu Anda mengajukan permohonan untuk WA API berlinsensi yang dapat diintegrasikan dengan teknologi apa pun. Berbagai fitur yang terdapat pada Whatsapp Business API menawarkan sistem end to end untuk memenuhi berbagai kebutuhan bisnis, termasuk percakapan omnichannel dan solusi CRM yang dapat meningkatkan penjualan dan layanan pelanggan.

Di sini kami akan fokus membahas Whatsapp Automation yang lebih canggih melalui API Whatsapp.

Bagaimana Whatsapp Automation terintegrasi dengan Qontak

Sebagai mitra resmi Whatsapp API Indonesia, Qontak dapat memberikan solusi Whatsapp Automation untuk bisnis. Beberapa hal yang dapat dilakukan dengan Whatsapp Automation yaitu:

  1. Mengirimkan pesan secara otomatis melalui template dan auto responder

Anda dapat mengirimkan pesan massal Whatsapp secara otomatis berdasarkan triggers atau pesan yang masuk, atau berdasarkan template yang telah diatur sebelumnya. Pesan yang keluar akan dikirim melalui sistem CRM ke Whatsapp pelanggan. Selanjutnya, pesan yang terkirim akan muncul pada panel chat multi CS.

Tipe pesan yang dapat dilakukan yaitu faktur, reminder, notifikasi, OTP, dan konfirmasi. Berdasarkan peraturan yang diatur oleh Whatsapp, Anda tidak diizinkan untuk melakukan promosi blast atau notifikasi kampanye, kecuali jika diminta oleh pelanggan.

Dengan mengirimkan pesan otomatis secara massal, Anda dapat memberikan komunikasi yang lebih cepat, lebih baik, dan lebih efisien kepada pelanggan.

whatsapp automation

  1. Menyimpan data dari Whatsapp ke dalam sistem CRM

Anda tidak perlu memindahkan kontak Whatsapp Anda ke dalam sistem CRM. Seluruh database kontak dan riwayat percakapan dapat tersimpan otomatis ke dalam CRM. Fungsi ini akan mengefisienkan waktu tim sales dalam proses sales dan membantu tim support ketika menangani keluhan pelanggan.

  1. Mengalokasi agen secara otomatis

Anda dapat menyesuaikan routing agen dan percakapan secara otomatis berdasarkan lokasi atau tim spesifik melalui round robin sesuai dengan kebutuhan tim manajemen.

whatsapp automation

  1. Mengotomatisasi pesan dengan sistem chatbot

Fitur bot di Whatsapp memudahkan bisnis dalam memberikan respon ke pelanggan lebih cepat dan tersedia selama 24/7. Dengan Whatsapp Chatbot, Anda dapat mendesain, mengubah, dan menyesuaikan alur percakapan tanpa membutuhkan coding. Selain itu, Anda juga dapat menghubungkan alur percakapan dengan database yang ada melalui fungsi JSON API.

  1. Memperoleh laporan dan analisis menyeluruh secara otomatis

Anda akan memperoleh laporan secara real time dan instan dari semua aktivitas untuk meningkatkan kinerja percakapan tim sales maupun support Anda dengan pelanggan.

whatsapp automation

Kesimpulan

Melakukan otomatisasi dan mengembangkan bisnis dengan Whatsapp Automation dapat menjadi solusi end to end terbaik untuk memenuhi semua kebutuhan bisnis Anda. Untuk pertanyaan lebih lanjut mengenai solusi Whatsapp API dan harga, silakan hubungi kami.

× Contact Us!