Mengenal Perbedaan Konsultan SEO dan Agensi SEO untuk Praktek Marketing Bisnis Anda

SEO Agency VS SEO Consultant

Salah satu cara untuk meningkatkan visibilitas dari konten yang disajikan kepada audiens Anda untuk dapat mengenal produk Anda adalah dengan mempraktekkan SEO atau Seach Engine Optimization. Praktek SEO biasanya dapat dilakukan secara ahli maupun secara organik, yang biasanya dapat Anda lakukan sendiri seperti menyesuaikan kata kunci atau mengisi tag dalam situs.

Pada akhirnya, Anda tetap akan membutuhkan jasa profesional karena SEO hanya semakin rumit dan tidak bisa dilakukan tanpa bantuan ahlinya. Jika Anda serius dengan praktek SEO bisnis Anda, maka Anda perlu mempertimbangkan dua pilihan antara bekerja sama dengan konsultan SEO atau dengan agensi SEO. Lalu bagaimana sebaiknya Anda memutuskannya? Berikut berbagai perbedaan di antara keduanya yang dapat Anda jadikan pertimbangan.

1. Konsultan SEO

SEO Agency VS SEO Consultant
Sumber Gambar: ibgdigital.ae

Konsultan SEO menawarkan layanan yang lebih spesifik dan menyeluruh dibandingkan dengan agensi SEO. Konsultan SEO biasanya akan berperan sebagai penasehat secara umum, melakukan share teknik-teknik yang mereka kuasai dan akan melatih Anda sebagai pemilik bisnis agar dapat secara spesifik memahami strategi-strategi SEO. Di lain pihak, agensi SEO menawarkan layanan digital yang lebih umum, namun memiliki kemampuan juga di bidang SEO. Agensi SEO akan cenderung beroperasi berdasarkan proyek yang sedang berjalan dan lebih terspesialisasi dalam proyek jangka panjang yang besar.

Konsultan SEO biasanya merupakan seorang ahli secara individual yang harus Anda ajak bekerja sama dan pakai layanannya sebagai penasehat, menyediakan nasehat dalam level makro dalam hal strategi SEO. Anda dapat bekerja sama dengan dasar kontrak, atau dalam hitungan per jam, dan Anda dapat memperoleh layanan evaluasi bagi aktivitas digital bisnis Anda selama ini sehingga dapat diperbaiki menjadi lebih efektif.

Bekerja dengan konsultan SEO berarti memiliki seorang ahli atau satu tim penuh ahli SEO untuk mengawasi dan membantu memaksimalkan aktivitas SEO bisnis Anda. Seorang konsultan akan membantu membuat keputusan yang terkait dengan SEO untuk bisnis Anda dan memikirkan strategi yang bisnis Anda butuhkan. Merekalah yang melakukan formulasi, menjadi penasehat dan penanggung jawab strategi SEO bisnis Anda, dan Andalah eksekutornya.

Kelebihan menggunakan jasa konsultansi SEO adalah adanya komunikasi yang lebih dekat dan konsisten dibandingkan dengan komunikasi bersama agensi, serta adanya training yang lebih mendalam antara bisnis Anda dan konsultan yang Anda ajak bekerja sama. Kekurangan dari penggunaan jasa konsultansi SEO dibandingkan dengan agensi adalah dibutuhkannya banyak waktu untuk benar-benar bekerja bersama konsultan, membuat Anda harus memberikan waktu ekstra untuk layanan mereka. Anda harus menyediakan waktu untuk berdiskusi dan harus mengikut training dengan harga yang tidak murah tentunya.

2. Agensi SEO

SEO Agency VS SEO Consultant
Sumber Gambar: neptunedesign.com.au

Agensi SEO biasanya akan menawarkan layanan penuh aktivitas digital marketing yang salah satunya merupakan layanan SEO dan berbagai strateginya. Agensi SEO biasanya akan bekerja sama dengan Anda berdasarkan kontrak per proyeknya.

Agensi SEO biasanya memiliki banyak sepak terjang di industri tempat Anda bergelut dibandingkan dengan konsultansi, mengingat mereka juga merupakan pemain di dalam industri Anda. Mereka juga memiliki taktik ber-SEO yang lebih beragam dibandingkan dengan jasa konsultansi dengan metode tracking data metrics yang lebih terbuka.

Jika Anda mengingkan layanan SEO dalam jangka panjang dan cakupan yang luas, maka bekerja sama dengan agensi SEO merupakan pilihan yang lebih baik dibandingkan dengan bekerja bersama konsultan. Agensi juga biasanya memiliki proses dan teknologi yang lebih terstandarisasi dalam menangani proyek besar.

Agensi SEO juga biasanya akan memberikan layanan bagi keseluruhan proyek, mulai dari mengaudit cara Anda melakukan SEO saat ini, membuat perencanaan, hingga mengimplementasi strategi Anda. Agensi biasanya memiliki resources yang lebih lengkap dibandingkan dengan konsultansi.

Meski demikian, Anda tetap harus mengetahui kelemahan dari menggunakan jasa agensi SEO, yang biasanya memiliki pendekatan yang lebih general. Digital marketing sendiri pada dasarnya terlalu luas sehingga tidak mungkin agensi Anda dapat mengetahui segalanya dan serba bisa. Mereka cenderung rentan bisa melakukan banyak hal tidak secara spesifik dan tidak sampai ahli layaknya jasa konsultansi yang lebih spesifik.

Tetap saja, agensi memberikan layanan yang lebih murah harganya dibandingkan konsultan serta membutuhkan lebih sedikit waktu dan usaha dari bisnis Anda dibandingkan dengan konsultansi. Agensi bekerja secara lebih fleksibel dan mereka membuka semua data analitik untuk dapat Anda periksa.

Jadi, manakah jasa yang lebih Anda butuhkan?

You may also like