Mengapa Media Sosial dan SEO adalah Penentu Kesuksesan Marketing di Tahun 2016

Media sosial dan SEO

Media sosial dan SEO adalah dua hal yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya dalam dunia digital marketing. Lewat media sosial, Anda dapat berinteraksi lansung dengan orang-orang yang memang membutuhkan bisnis Anda, dan SEO membantu orang-orang yang tepat menemukan bisnis Anda lewat mesin pencari macam Google dan yang lainnya.

Saat Anda sebagai marketer dan salesperson dapat menemukan konektivitas di antara dua hal ini, maka Anda sudah mengantongi resep kesuksesan marketer online. Saat Anda aktif di media sosial dan dikenal baik lewat interaksi yang brand Anda lakukan dengan para customer, dan Anda pun memiliki ranking yang bagus di mesin pencari, konversi tidak perlu dicari dan akan datang dengan sendirinya. Untuk sampai ke titik ini, pastikan Anda mengimplementasikan hal-hal berikut ini.

  1. Lakukan riset mengenai kata kunci yang paling relevan di media sosial

Konten yang berkualitas adalah konten yang dapat mengundang trafik untuk mengikuti brand Anda di media sosial. Lakukan riset terlebih dahulu mengenai apa yang paling dibicarakan dan disenangi oleh orang-orang di media sosial yang termasuk dalam target market Anda. Masukkan kata kunci yang relevan dengan hal-hal yang menarik minat customer yang Anda tuju dalam konten Anda, kemudian lakukan share konten di media sosial. Selalu lakukan monitoring di media sosial dan jadilah yang pertama tahu tren apa yang banyak dibahas di media sosial, lalu sesuaikan konten Anda dengan hasil penelitian Anda. Masukkan kata kunci dalam judul konten, hashtag, foto serta postingan media sosial untuk segera dikenali.

  1. Bangun link di dalam media sosial Anda

Link adalah sesuatu yang dapat di-tracking oleh analytics, yang membantu Anda mengetahui berapakah orang yang tertarik dan benar-benar mengklik link tersebut dan menganalisa demografi orang-orang yang mengklik link tersebut. Semakin banyak orang yang masuk ke link yang Anda cantumkan, semakin banyak trafik yang Anda terima dan menandakan semakin berkualitasnya konten yang Anda hadirkan. Yang jadi target Anda haruslah untuk membuat konten Anda dijadikan sumber oleh orang lain yang menuliskan konten yang serupa dengan konten Anda. Dengan menyediakan konten yang berisikan tren-tren yang berusaha Anda buat viral, Anda akan mengundang orang lain untuk melakukan share pada link Anda dan semakin meningkatkan ranking SEO Anda.

Media sosial dan SEO
Sumber gambar: sproutsocial.com
  1. Tambahkan jumlah follower di media sosial Anda lewat interaksi

Postingan-postingan yang interaksi, seperti pertanyaan yang menantang followers untuk berpikir, mengadakan kuis berhadiah atau melakukan polling membuat followers Anda akan meninggalkan komentar dan melakukan share. Alhasil, konten Anda dapat tersebar dengan sendirinya dan meningkatkan awareness bagi brand Anda. Ingatlah pentingnya untuk tidak membeli followers dan mempertahankan orang-orang nyata untuk menjadi followers Anda. Followers nyata akan memberikan interaksi nyata dan akan menghindarkan penalti dari Google.

  1. Mulailah membangun percakapan

Komunikasi, dari dulu hingga sekarang, tetaplah kunci dari awareness terhadap brand Anda. Komunikasi juga merupakan jembatan yang akan membantu Anda membangun audiens Anda di dunia maya dan memberikan kesan nyata pada brand Anda. Mulailah membangun percakapan dengan followers Anda, berpartisipasilah dalam memberikan komentar dan bergabunglah dengan grup-grup di Facebook. Selalu balas komentar orang di postingan brand Anda sendiri.

Media sosial dan SEO
Sumber gambar: fortresscg.com

Tidak bisa dipungkiri, SEO dan media sosial akan selalu saling melengkapi satu sama lain. Perkuat dua kubu ini demi kesuksesan digital marketing Anda.

You may also like

× Contact Us!