Membuat Profil Salesperson yang Meyakinkan di LinkedIn

Sales Profile

Pada dasarnya, Anda pasti setuju kalau LinkedIn merupakan platform untuk Anda berjualan mengenai kemampuan diri Anda dan usaha Anda. Di LinkedIn setiap harinya, Anda bisa bertemu dengan jutaan salesperson lainnya, dan tidak mudah untuk menjadi salah satu yang menonjol dari segi pengalaman dan kemampuan sehingga dipercaya oleh headhunter, calon klien atau calon customer.

Dalam hal ini, Anda perlu mengandalkan kemampuan Anda menjual untuk bisa membuat profil yang meyakinkan dan menarik. Sebagai seorang salesperson, pastikan profil Anda di platform LinkedIn ini memiliki tujuan untuk menarik prospek yang baru, menangkap perhatian mereka untuk kemudian berkesempatan membuktikan kredibilitas Anda. Berikut ini yang dapat Anda lakukan.

  1. Dalam menyusun profil Anda di LinkedIn, pikirkanlah apa yang kira-kira dilihat pertama kali oleh prospek Anda

Deskripsi pendek dan jabatan Anda yang tertulis jelas saja belum cukup untuk menunjukkan kredibilitas Anda di LinkedIn. Susunlah strategi yang tertuang dalam rangkuman deskripsi diri Anda dan pada headline profil Anda secara spesifik mengingat itulah yang kali pertama dilihat orang saat menemukan profil Anda. Apa yang kira-kira ingin ditemukan oleh prospek Anda itu dan apa yang menarik untuk mereka baca? Deskripsi tersebut harus cukup kuat dan menarik sehingga prospek akan mau berbicara dengan Anda berkaitan dengan sales.

 

  1. Spesifiklah dengan keahlian Anda dalam informasi yang Anda sediakan

Keahlian Anda dapat tercermin dari deskripsi soal perusahaan tempat Anda bekerja serta apa posisi Anda di dalam perusahaan tersebut. Detail ini dapat membantu orang yang melihat kemunculan nama Anda tertarik untuk meng-klik dan membaca lebih lanjut. Jelaskan mengenai misi Anda sebagai seorang salesperson serta seberapa besar nilai yang dipegang teguh oleh perusahaan yang Anda wakili. Calon customer pun dapat melihat ketersediaan alasan yang tepat untuk meluangkan waktu mendengarkan tawaran dari Anda.

Sales Profle
Sumber gambar: floridatechonline.com

 

  1. Aktiflah dalam platform LinkedIn

Social media tersedia sebagai wadah untuk Anda aktif berkomunikasi dan mencari kesempatan di dunia maya. Jangan hanya mengisi profil LinkedIn lalu membiarkannya begitu saja. Seringlah melakukan pengecekan dan libatkan diri Anda dalam berbagai komunitas dan grup yang ada di LinkedIn. Bergabunglah dengan grup-grup tempat Anda pernah bernaung, grup sales dan grup-grup industri tempat target market Anda banyak berada. Posting sesuatu di page-page ini, lakukan share artikel menarik yang mungkin dibutuhkan oleh orang-orang yang ada di dalam grup yang sama. Networking lewat LinkedIn juga membutuhkan usaha, sama seperti networking di dunia nyata.

 

  1. Kumpulkan kredibilitas

LinkedIn merupakan platform yang memungkinkan Anda membanggakan diri sendiri dan orang lain, serta dibanggakan oleh orang lain. Manfaatkan hal ini dengan rajin memberikan endorsements dan menuliskan rekomendasi pada orang-orang yang pernah bekerja sama dengan Anda agar mereka membalas dengan memberikan hal yang sama. Semakin tinggi endorsement yang Anda terima pada suatu bidang, semakin dapat diandalkan kinerja Anda. Hal ini dapat membantu calon customer dan klien untuk melihat bahwa Anda cukup disegani dan dipercaya oleh banyak orang, sehingga mereka pun tidak ragu lagi untuk bekerja sama dengan Anda.

Sales Profile
Sumber gambar: customerexperienceinsight.com

 

 

Bagi Anda yang sudah memiliki akun LinkedIn namun sangat jarang mengurusnya, saatnya untuk menginstall aplikasinya dalam smartphone Anda dan mulai kembali aktif. Perbaiki profil Anda dan tulis ulang deskripsi diri Anda, pengalaman Anda serta deskripsi pekerjaan Anda dari sudut pandang prospek Anda. Bergabunglah dalam grup-grup yang mungkin Anda butuhkan dan aktiflah terlibat dalam interaksi untuk membangun reputasi Anda.

 

 

 

You may also like

× Contact Us!