Membangun Komunitas Seiring dengan Pertumbuhan Bisnis Anda

community in business

Mungkin Anda bertanya, apa pentingnya komunitas bagi bisnis Anda? Salah satu bentuk dari pengalaman customer atau customer service yang baik adalah adanya komunitas yang terbentuk untuk membantu sesama customer yang satu dengan yang lainnya. Hal ini berarti bisnis Anda telah bertumbuh dan mencapai titik di mana brand Anda sudah memiliki banyak supporter yang saling berbagi pengalaman demi pengalaman terbaik menggunakan jasa atau produk yang bisnis Anda tawarkan.

Jika Anda berpikir bahwa hal ini akan terjadi dengan sendirinya suatu saat nanti, maka Anda salah. Jika Anda dapat segera membangun komunitas dalam brand Anda, jangan menundanya. Rancang sebuah wadah dalam bentuk platform yang mudah diluncurkan dan dapat terus dikembangkan sehingga ke depannya Anda dapat menghemat lebih banyak waktu sekaligus pengeluaran dalam hal customer service yang mendukung bisnis Anda dan pertumbuhannya.

Bagaimana sebaiknya Anda membangun komunitas pendukung pertumbuhan bisnis Anda ini?

community in business
Sumber Gambar: entrepreneur.com

1. Buat perencanaan komunitas yang matang serta kumpulkan dukungan pihak eksekutif

Semua brand dan bisnis di dunia ini sedang bekerja keras untuk dapat memberikan customer experience yang terbaik sekaligus sesuai dengan ekspektasi para customer tersebut. Merancang pembentukan komunitas yang berdiskusi mengenai produk dan jasa Anda merupakan pengembangan bisnis yang paling solutif, dapat diperluas serta dapat dimanfaatkan hampir untuk hal apapun yang dibutuhkan bisnis Anda. Karenanya, untuk memastikan komunitas yang Anda bentuk benar berjalan ke arah yang tepat, dukungan dari eksekutif haruslah mengimbangi perencanaan yang matang. Perencanaan yang matang ini juga haruslah memiliki aspek proses bisnis yang melibatkan pula komunitas sebagai salah satu bagiannya. Selain itu, diperlukan juga adanya manajer komunitas yang fokus memastikan berjalannya segala interaksi dan sosialisasi di dalam komunitas agar sejalan dengan bisnis Anda.

2. Bergeraklah sesuai dengan kecepatan pergerakan customer Anda

Suksesnya pembentukan sebuah komunitas sangat tergantung kepada seberapa cepatnya customer yang merupakan anggota komunitas Anda bergerak. Karena perubahan yang akan konstan terjadi mengikuti customer Anda, sebaiknya awalilah komunitas Anda dengan platform yang merupakan template yang tinggal Anda sesuaikan. Selanjutnya, pastikan setiap area dalam platform komunitas bagi bisnis Anda memiliki ketersinambungan dan kontinuitas.

community in business
Sumber Gambar: wordpress.tv

Manfaatkanlah teknologi-teknologi pembangun komunitas yang tidak rumit dan dapat sebisa mungkin terus dipertahankan meski banyak perubahan yang terjadi, seperti salah satunya integrasi dengan media sosial untuk membuat percakapan dalam komunitas Anda tetap informatif dan sesuai dengan tren. Cara demikian dapat membantu komunitas Anda menjadi rujukan bagi customer dan calon customer Anda dalam hal informasi maupun hal lainnya.

Dua cara tersebut dapat membantu Anda membangun komunitas bisnis dari nol yang memiliki ketahanan yang lebih panjang dengan manfaat yang lebih terasa, baik bagi bisnis Anda secara internal maupun eksternal. Selamat mencoba!

You may also like