Membangun Database Email dengan 5 Alat Ini

database email

Database Email

Melakukan email marketing merupakan salah satu aktivitas terpenting yang merekatkan semua hal dalam marketing online. Email sebagai alat komunikasi utama di dunia digital marketing ini dapat disesuaikan dengan keperluan brand dan penjualan Anda, membantu Anda membangun database atau data diri subscribers yang sangat berharga untuk strategi marketing Anda selanjutnya, mengumpulkan leads dan akhirnya, customers. Anda dapat melakukan filter, pengelompokan pada database email serta melakukan penjualan lewat email agar terjadi konversi.

Sebelum melakukan marketing lewat email, satu hal yang harus Anda miliki terlebih dahulu adalah database email yang sudah diatur. Memiliki daftar visitor situs merupakan aset yang berharga karena Anda sedang menargetkan langsung orang yang memiliki ketertarikan terhadap brand Anda. Anda perlu database email yang terorganisir, efektif, memiliki kejelasan serta daya tarik bagi mereka yang mengunjungi situs Anda.

Berikut 5 tools yang dapat Anda manfaatkan untuk membangun database email:

  1. Email Pop-Ups

Memunculkan pop-ups memungkinkan orang yang mengunjungi situs Anda untuk langsung memasukkan data dirinya dan melakukan sign-up. Hal ini terbukti dapat meningkatkan perolehan subscriber hingga 660%. Alasan dari berhasilnya pop-up adalah karena sulit bagi visitor untuk melewatkan tampilan pop-up yang mendadak muncul tanpa perlu dicari. Dalam pop-up, Anda dapat pula menyertakan sales pitch untuk newsletter dan bisnis Anda, lengkap dengan desain yang atraktif, copywriting yang menarik dan tawaran spesial jika sign-up dilakukan.

  1. Sign-Up Bars

Pop-up mungkin dapat bekerja efektif di beberapa halaman, namun Anda tidak dapat menempatkan pop-up di setiap halaman. Anda perlu menyediakan bar sign-up yang dapat diakses dari halaman manapun. Anda dapat menempatkannya di bagian atas atau bawah yang dapat menyertakan juga pesan promosi, tawaran dan hal lainnya tanpa menjadi intrusif. Sign-up bar ini membuat Anda terus menyediakan akses untuk semua orang yang berpotensi melakukan sign-up lewat halaman mana pun.

database email

  1. Slide-In Email Sign-Up Form

Jenis tools lainnya yang efektif adalah penggunaan slidein email form. SlideIn merupakan window kecil yang dapat menyelipkan diri ke dalam browser dan membuat formulir sign-up Anda muncul di lokasi utama pada situs Anda. Jenis formulir sign-up ini dapat dikontrol sesuai dengan jumlah page views, berapa lama waktu yang dihabiskan seseorang dalam situs Anda, jumlah halaman yang di-scroll, serta pemicu kecenderungan pengunjung lainnya. Taktik ini membantu Anda menyodorkan formulir signup hanya pada visitor yang memang benar-benar tertarik dengan brand Anda dilihat dari lamanya menghabiskan waktu di situs Anda.

database email

  1. Navigasi CalltoAction

Jika Anda menggunakan landing page untuk meregenerasi leads, maka Anda perlu mengarahkan trafik Anda ke halaman-halaman tersebut. Anda perlu mengarahkan pengunjung situs Anda agar masuk ke halaman landing Anda karena tidak ada visitor yang akan secara sadar masuk ke landing page Anda. Gunakanlah navigasi calltoaction yang dapat dilakukan dengan pop-up, sign-up bar atau slide-in window sehingga Anda dapat mengontrol juga cara Anda melakukan engagement pada pengunjung Anda.

  1. Exit offers

Akan banyak pengunjung situs yang keluar dan menutup situs Anda tanpa melakukan subscription. Di sinilah Anda dapat memanfaatkan penawaran sebelum keluar dan melakukan setting agar pilihan ini keluar tepat sebelum visitor menutup halaman. Pilihan ini sangat efektif karena hal ini seperti pengingat dan filter terakhir yang bisa meyakinkan pengunjung untuk menjadi subscriber.

Yang mana tools yang paling tepat untuk bisnis Anda?

Gunakan aplikasi marketing untuk database email yang mudah digunakan, sesuai dengan kebutuhan bisnis dan budget.

Dengan kumpulan data yang berasal dari email, Anda dapat mengenal perilaku pengunjung dan melakukan personalisasi pelanggan lebih baik dari sebelumnya. Aplikasi CRM Qontak.com dapat membantu menyimpan dan mengelola kumpulan data tersebut dengan baik untuk mempermudah otomatisasi pemasaran bisnis Anda.

Data-data tersebut kemudian dapat digunakan menjadi marketing automation untuk mempersingkat proses segmentasi dan target pelanggan dalam menentukan audiens yang tepat. Dengan demikian Anda dapat membuat pesan yang terpersonalisasi dan relevan melalui email, website, maupun media sosial hanya dengan beberapa klik saja.

Hubungi tim Qontak.com untuk konsultasi atau coba GRATIS aplikasi CRM Qontak.com untuk marketing yang lebih baik.

You may also like