Qontak WhatsApp

Platform Online: 3 Cara Memanfaatkannya untuk Berjualan Jasa

platform online

Mengapa Bisnis Jasa Perlu Menggunakan Platform Online?

Istilah “platform online” telah digunakan untuk menggambarkan berbagai layanan yang tersedia di internet. Ini termasuk marketplace, mesin pencari, media sosial, outlet konten kreatif, app stores, layanan komunikasi, sistem pembayaran, dan masih banyak lagi.

Semakin berkembang dunia digital marketing, semakin tidak terbatas kesempatan kolaborasi yang menguntungkan yang dapat mengambil tempat di ranah dunia maya. Saat Anda berbicara soal memulai bisnis yang menawarkan jasa, terdapat banyak sekali jasa yang laku keras akhir-akhir ini.

Selain jasa menulis, platform digital merupakan tempat yang tepat untuk menawarkan jasa mengajar, konsultasi, desain, jasa pembuatan situs, jasa programming, dan sebagainya. Anda sekarang bahkan bisa menawarkan jasa mengajar musik dan bahasa asing dengan platform online video chat.


Bagaimana Sebaiknya Anda Memulai Berjualan Jasa di Platform Online?

  1. Tentukan tipe jasa apa yang hendak Anda tawarkan dan bagaimana platform online dapat membantu Anda

Anda harus berpikir efisien. Bagaimana jasa yang Anda tawarkan dapat menjadi sebuah sistem yang dapat dipakai berulang kali dan menghasilkan keuntungan berkali-kali? Jika Anda menyediakan pelatihan dan materi untuk dijual, Anda dapat mengupload materi yang sudah Anda buat di platform seperti Udemy. Anda juga bisa menuliskan e-book mengenai layanan Anda yang dapat dijual via Amazon. Jika Anda seorang fotografer, Anda dapat memasukkan foto ke situs stock foto yang berbayar. Berbeda jika Anda menjual cara yang lebih teknis, Anda dapat menjualnya dalam bentuk video.

Platform Online

 

  1. Menganalisa apakah jasa yang Anda jual tersebut akan berhasil terjual

Sebelum Anda terjun ke dalam berbagai pembuatan video dan e-book, Anda perlu menganalisa terlebih dahulu apakah penjualan atau jasa yang ditawarkan akan laku. Langkah awal yang baik adalah jika Anda memiliki website yang dapat Anda gunakan sebagai alat untuk mengetes lewat mencari tahu berapa jumlah visitor situs Anda dan berapa banyak orang yang mau melakukan subscribe di email list Anda. Perhatikan juga kegiatan Anda di media sosial dan interaksi yang diterima oleh bisnis Anda, gunakan platform ini untuk mengadakan survey. Jika reaksi yang Anda terima tergolong sedikit, Anda perlu kembali mengevaluasi apakah yang Anda tawarkan memang benar-benar memiliki permintaan yang tinggi.

Platform Online

  1. Setelah mengevaluasi ulang tawaran jasa Anda, cobalah menawarkan promosi menarik

Anda dapat memberikan diskon jika mereka melakukan pendaftaran early bird atau melakukan pre-order. Jika dari tawaran ini saja banyak orang yang mau berpartisipasi, Anda dapat menjadikannya tolak ukur dan penilaian awal terhadap minat masyarakat. Lihatlah apakah Anda dapat meraup keuntungan dengan berjualan jasa tersebut. Anda juga dapat melakukan penyesuaian dan perbaikan sambil menjalankannya, dan yang terpenting adalah Anda harus segera memulainya.

Menjual jasa secara online dapat menjadi sumber pendapatan baru Anda dan pemanfaatan yang baik dari market online yang serba luas dan tanpa batas!


Gunakan Aplikasi Pendukung Platform Online Anda!

Jika Anda sudah menggunakan platform online, Anda tentu mengharapkan adanya kehadiran customer yang loyal dan pasti melakukan transaksi, serta trafik situs yang tinggi. Dengan konsisten melakukan tips-tips di atas dan terus menyesuaikan bisnis Anda dengan tren, Anda akan tetap menjaga loyalitas customer. Jangan lupa untuk selalu menghadirkan produk-produk berkualitas dan konten menarik agar terus mengundang customer baru dan mengembangkan bisnis Anda.

Selain itu, Anda perlu mempertimbangkan penggunaan aplikasi yang dapat mendukung penjualan online Anda. Pesatnya penambahan jumlah online shop saat ini berpengaruh pada munculnya aplikasi-aplikasi baru yang khusus diciptakan untuk bisnis online. Aplikasi tersebut hadir dengan fitur yang berbeda-beda sehingga agak sulit untuk menggunakan dan mengelolanya sekaligus secara bersamaan.

Nah, di antara banyaknya jenis aplikasi untuk toko online, aplikasi CRM hadir dengan fitur lengkap yang sangat dibutuhkan bisnis dengan banyak platform. Anda dapat memulai dengan aplikasi CRM Qontak.com yang dapat terintegrasi dengan platform online atau sistem internal yang bisnis Anda sudah gunakan.

Hubungi tim Qontak.com untuk konsultasi atau coba GRATIS aplikasi CRM untuk manajemen platform online Anda sekarang juga!

platform online

You may also like

By