Memanfaatkan Pencarian Keywords yang Tepat untuk Menemukan Niche Bisnis yang Menguntungkan

Finding your Content Niche

Saat Anda memulai sebuah medium untuk berkomunikasi mengenai bisnis Anda seperti blog, Anda harus memahami terlebih dahulu pentingnya konten untuk bisnis Anda. Hingga kini, konten masih merupakan bentuk utama marketing di dunia serba digital apapun produknya. Saat memulai membangun keberadaan konten Anda inilah Anda harus mengetahui tema spesifik dan niche industri apa yang ingin menjadi pokok pembahasan dalam blog Anda. Menentukan hal ini tidak serta-merta dapat Anda lakukan tanpa pertimbangan dan riset yang memadai, karena jika tidak, Anda hanya akan memproduksi sesuatu yang tidak memiliki tujuan jelas dan membuang waktu serta tenaga.

Niche yang ingin Anda bahas dalam konten yang Anda publikasikan sebagai strategi marketing Anda akan menjadi terarah jika memiliki satu tema spesifik, dan dapat menjadi ahli di bidang tertentu yang membuat pencarian di search engine juga lebih berfokus sehingga trafik masuk ke situs bisnis Anda. Untuk itu, lakukan riset terlebih dahulu mengenai niche dari industri Anda, dengan trik berikut.

  1. Mencari di mana tepatkan keywords memiliki posisi di dalam industri Anda

Mulailah dari meriset mengenai kata kunci yang akan secara langsung menggambarkan sebagian besar pembahasan konten Anda dan yang menguntungkan. Kata kunci yang menguntungkan biasanya merupakan jenis kata kunci yang belum terlalu banyak digunakan namun dengan tepat merepresentasikan bisnis Anda serta memiliki skor tinggi dalam daftar pencarian di internet.

Beberapa perusahaan besar cenderung memanfaatkan pengolahan data dan riset market yang lebih ekstensif untuk bisa mendapatkan hasil terukur mengenai kata kunci yang sesuai degan bisnis Anda. Meski mendalam, hal ini bisa memakan banyak sekali biaya, pengeluaran yang mungkin belum bisa dilakukan oleh perusahaan yang masih berkembang.

Finding your Content Niche
Sumber Gambar: zoranbosancic.com

Solusinya ada dalam bentuk tools atau software pencari keywords yang secara langsung dapat memberitahu Anda statistik dan informasi lain sehubungan dengan keberadaan keywords tersebut di dunia maya. Tools-tools tersebut antara lain:

  1. Serpstat

Serpstat membantu Anda mendapatkan gambaran mengenai audiens atau target market Anda dan apa yang biasanya mereka cari dan ketikkan di dalam mesin pencari. Tidak hanya itu, Serpstat juga memberikan informasi perihal bagaimana performa kompetitor Anda berikut dengan taktik SEO yang cocok untuk niche bisnis Anda. Serpstat memiliki filter “Competition: yang memungkinkan Anda menemukan kata kunci dengan kompetisi yang sedikit dan banyak dicari.

  1. Buzzsumo

Nama yang tentunya sudah tidak asing bagi Anda, karena software yang satu ini sangat berpusat pada aktivitas konten marketing sehingga akan menjadi lebih berguna ketika Anda sudah mulai memproduksi konten dan mengarahkannya ke tujuan Anda.

  1. Menganalisa kapan tepatnya sebuah niche memberikan Anda keuntungan

Kata kunci yang tepat saja tidak cukup, karena menggunakannya saja belum tentu membuat Anda untung. Jika Anda sudah mengetahui kata kunci apa yang tepat untuk niche bisnis Anda, cobalah analisa hal-hal seperti apakah niche yang Anda pilih tersebut hanya sesuai karena sedang tren atau adakah kontinuitas yang dapat dipercaya dari niche ini. Anda perlu memilih jenis niche yang bukan hanya sekedar tren yang tengah lewat saja, niche bisnis Anda harus memiliki relevansi yang terus-menerus dibutuhkan. Jika tidak, jangan buang waktu Anda mengolah dan mengeksplor niche ini. Selain itu, pertimbangkan apakah benar ada tuntutan pencarian yang tinggi bagi kata kunci pilihan Anda yang bisa Anda targetkan serta apakah ada topik yang bisa Anda inovasikan untuk dijadikan konten membahas niche tersebut. Kode etik juga merupakan salah satu hal yang harus Anda perhitungkan, apakah Anda merasa cukup nyaman menargetkan niche ini dan apakah sudah sesuai dengan kultur dan kode etik bisnis Anda. Terakhir, pastikan Anda tahu bagaimana Anda bisa memasarkan niche ini dan membuat automasi pada akhirnya.

Finding your Content Niche
Sumber Gambar: prestashop.com

Jika Anda sudah berhasil mengetahui dan mengukur keberhasilan niche bisnis Anda, selalu ingat bahwa bisnis lain yang sudah besar dan berhasil tidak selalu harus menjadi kompetisi bisnis Anda. Fokus pada niche yang masih belum terlalu banyak dilirik, bangun kredibilitas dan popularitasnya, lalu kembangkan lagi niche lainnya ketika Anda sudah punya fondasi yang cukup kuat.

You may also like

× Contact Us!