Qontak WhatsApp

Memahami Tugas dan Kegunaan Layanan Call Center

apakah-bisnis-perlu-layanan-call-center

Pelajari Tugas, Cara Kerja dan Kegunaan Layanan Call Center

Peran layanan call center sangatlah penting bagi bisnis. Selain menyediakan informasi, call center juga bertugas sebagai telemarketing, client telepon hingga debt collection. Artinya Call center bertanggung jawab membantu bisnis dalam bidang customer service, marketing dan sales.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai call center seperti definisi, tugas, cara kerja dan kegunaanya, yuk simak artikel dibawah ini.

Apa itu Layanan Call Center?


Apa itu Layanan Call Center?

Layanan call center adalah pelayanan pelanggan yang dilakukan oleh operator contact center dari jarak jauh melalui saluran telepon. Mereka bertugas menjawab pertanyaan hingga menangani pengembalian produk.

Layanan call center (Contact Center) telah membantu banyak perusahaan untuk meningkatkan pelayanan mereka. Dengan adanya call center, pelanggan dapat memperoleh informasi tentang segala pertanyaan atau keraguan mereka tanpa harus meninggalkan rumah.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!


Mengapa Layanan Call Center Dibutuhkan oleh Bisnis?

Perusahaan sebenarnya memiliki sejumlah departemen yang dapat berkomunikasi dengan pelanggan. Namun, terkadang interaksi antara pelanggan dan perusahaan tidak dapat tercapai karena beberapa masalah.

Departemen perusahaan memiliki beban kerja yang berat. Sementara pelanggan memiliki waktu sedikit untuk menyampaikan pertanyaan atau keluhannya kepada layanan perusahaan. Itu lah alasan mengapa Anda membutuhkan aplikasi call center.

Aplikasi Layanan Call Center by Qontak


Apa Tugas Layanan Call Center dalam Perusahaan?

Layanan call center biasanya dikerjakan oleh banyak agen sekaligus atau dikenal juga sebagai tim call center. Dimana tugas  call center tersebut diantaranya:

  • Menerima panggilan telepon yang masuk melalui saluran call center
  • Mendengarkan penjelasan dari pelanggan secara seksama dan merespon setiap keluhan pelanggan dengan sopan.
  • Memberikan informasi yang jelas sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
  • Memberikan solusi terbaik atas setiap permasalahan atau kendala yang dihadapi pelanggan.
  • Memastikan pelanggan mendapatkan pelayanan terbaik, ramah dan cepat.

Apa saja Peran Layanan Call Center pada Bisnis?

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, call center memiliki peran penting pada sebuah bisnis. Dimana hampir semua departemen yang berhubungan dengan pelanggan, membutuhkan peran call center didalamnya, berikut diantaranya:

– Departemen layanan pelanggan (customer service)

Layanan-Call-Center-Akses-Data

Customer service (CS) bertugas untuk memberikan informasi tentang fitur produk atau layanan kepada para pelanggan. Biasanya pelanggan akan menghubungi (inbound call) untuk menyampaikan pertanyaan atau keluhan.

Setelah itu, tim CS akan membantu memecahkan masalah yang dihadapi oleh pelanggan saat menggunakan produk atau layanan perusahaan. Dengan begitu, tercipta kepuasan pelanggan.

– Departemen Penjualan (Telemarketing)

Layanan-Call-Center-Penjualan

Telemarketing bertugas melayani pelanggan yang ingin membeli produk atau menyewa sebuah jasa melalui telepon. Telemaketer akan melakukan panggilan keluar (outbound call) untuk menawarkan produk atau menindaklanjuti prospek yang belum menyelesaikan transaksi.

– Departemen Piutang Dagang (Debt Collection)

Departemen Piutang Dagang (Debt Collection)

Departemen ini memfasilitasi lokalisasi pelanggan nakal dan meningkatkan pengumpulan pembayaran yang terlambat maupun investasi. Karyawan debt collector akan melakukan melakukan panggilan keluar (outbound call) kepada pelanggan-pelanggan bermasalah.


Bagaimana Cara Kerja Layanan Call Center?

Pada intinya cara kerja layanan call center ada dua, yakni melayani panggilan masuk (inbound call) dan melakukan panggilan keluar (outbound call). Dimana tujuan aktivitas tersebut agar terciptanya kepuasan pelanggan, dan tercapainya target-target bisnis Anda.

Kerja call center kini dipermudah dengan adanya teknologi. Beberapa teknologi telah mendukung untuk speech synthesis dan speech recognition dari perangkat komputer. Teknologi tersebut membantu bisnis menangani pelanggan lebih baik.


Apa Kegunaan Layanan Call Center?

Implementasi aplikasi call center dalam perusahaan diharapkan akan meningkatkan pelayanan perusahaan. Selain itu, kegunaan layanan contact center adalah sebagai berikut:

  • Kecepatan dan ketegasan: Melayani pelanggan melalui telepon lebih cepat daripada melayani mereka secara langsung. Waktu yang dibutuhkan untuk menunggu akan lebih singkat dan karyawan dapat lebih objektif ketika memecahkan dan menghadapi masalah.
  • Inovasi: Memberikan layanan secara cepat dan efektif dapat meningkatkan citra perusahaan berkaitan dengan status tanggung jawab dan komitmen.
  • Kualitas: Merekam panggilan melalui aplikasi untuk dianalisa secara berkala dapat meningkatkan peluang perusahaan untuk mengembangkan fitur yang belum memenuhi harapan pelanggan.
  • Ketersediaan: Pelanggan dapat menghubungi perusahaan tanpa penundaan atau batasan setiap waktu.

Baca juga:
Fitur Wajib Dimiliki Aplikasi Call Center Terbaik di Indonesia!
10 KPI Call Center yang Harus Dilacak Perusahaan
10 Manfaat Call Center atau Contact Center


Apa Kerugian Bisnis Layanan Call Center?

Meski memiliki banyak kegunaan, namun layanan contact center juga memiliki kekurangan. Dimana layanan ini menggunakan telepon, sehingga mungkin masalah pelanggan tidak diselesaikan dengan baik atau ada kendala teknis lainnya. Selain itu kerugian layanan contact center diantaranya:

  • Interaksi antara pelanggan dan karyawan terputus ditengah jalan. Memberikan bantuan melalui telepon sulit bagi karyawan dan pelanggan ketika permasalahan yang belum terselesaikan karena terputus saluran telepon. Sementara saat pelanggan menghubungi kembali, pelanggan tersebut diberikan kepada karyawan yang berbeda beberapa kali. Hal ini memaksa pelanggan harus mengulangi permintaannya.
  • Pergantian karyawan: Bekerja dengan karyawan yang baru direkrut namun kurang berpengalaman dapat menimbulkan masalah bagi perusahaan. Meskipun masih banyak yang menganggap bahwa pergantian karyawan merupakan kelemahan lumrah di bagian call center. Perusahaan harus melakukan pelatihan kepada setiap karyawan baru.

Kedua kerugian tersebut dapat dihindari apabila bisnis Anda menggunakan aplikasi call center seperti yang disediakan Qontak.com. Software ini dilengkapi dengan fitur yang akan menyimpan percakapan secara otomatis. Sehingga apabila panggilan pelanggan terputus, agen tetap dapat mengakses riwayat panggilan dan pelanggan tidak perlu mengulang permintaan. Selain itu aplikasi call center Qontak.com juga user friendly, sehingga karyawan baru dapat dengan mudah mengoperasikannya.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!


Bagaimana Strategi Meningkatkan Layanan Call Center Bisnis Anda?

Kehadiran layanan call center sudah menjadi sebuah kebutuhan bagi setiap perusahaan. Hal tersebut karena kemampuan call center memberikan dukungan pelanggan serta meningkatkan penjualan bisnis.

Oleh karena itu, kami menyusun strategi meningkatkan layanan , sebagai berikut:

– Tingkatkan Interaksi Pelanggan

Tugas utama call center adalah memberikan kualitas terbaik kepada pelanggan. Caranya adalah dengan menjalin hubungan baik yang didukung wawasan tentang produk perusahaan yang lengkap.

– Manajemen Waktu

Sebagian pelanggan tidak suka disuruh menunggu, meski itu untuk menyelesaikan masalah mereka. Oleh karena itu, Anda harus memenuhi permintaan pelanggan secara efisien. Tipsnya saat Anda menyadari tidak tahu solusi dari permintaan mereka, jangan ragu minta bantuan anggota lainnya.

– Manfaatkan teknologi

Di era perkembangan teknologi saat ini, layanan call center telah bertransformasi dilengkapi sistem canggih atau aplikasi call center. Pemanfaatan aplikasi call center berbasis cloud membuat call center Anda lebih praktis, fleksibel dan hemat biaya. Terpenting dapat melayani pelanggan lebih cepat sehingga menciptakan kepuasan pelanggan.

Aplikasi call center dilengkapi sistem antrian yang otomatis mengatur antrian panggilan pelanggan. Selain itu juga mampu memprioritaskan panggilan mana yang harus segera ditangani. Serta dilengkapi juga dashboard yang menampilkan informasi pelanggan lengkap yang dapat diakses oleh tim call center kapanpun dibutuhkan.


Tingkatkan Layanan Call Center dengan Aplikasi dari Qontak.com Sekarang!

Seperti dijelaskan sebelumnya, layanan call center sangat penting bagi bisnis. Dimana layanan tersebut akan meningkatkan kepuasan pelanggan. Cara paling mudah untuk meningkatkan layanan call center adalah melalui aplikasi call center.

Qontak.com sebagai penyedia aplikasi call center Indonesia menampilkan berbagai alat yang akan memfasilitasi dan mempercepat komunikasi antara karyawan dan pelanggan Anda. Dengan Qontak.com, Anda dapat memberikan layanan berkualitas tinggi apapun bidang bisnis Anda, yaitu layanan berupa perekaman panggilan, laporan, sistem IVR, skrip, obrolan , dll.

Hubungi Qontak.com sekarang atau dengan mengisi form COBA GRATIS di bawah ini:

You may also like

By