Meluncurkan Bisnis Sendiri Meski Tetap Bekerja di Siang Hari

Business and Day Job

Meluncurkan bisnis dan berusaha membangunnya dari nol sambil tetap mempertahankan sumber pendapatan utama sehari-hari dapat menjadi tantangan tersendiri bagi mereka yang sedang menjalaninya. Tren bisnis terkini yang bisa diluncurkan dengan waktu persiapan yang lebih singkat dan efektif adalah startup, dan hal inipun tidak luput dari potensi kegagalan yang tinggi karena timing yang kurang tepat maupun karena kurang matangnya produk maupun jasa yang ditawarkan dan konsep bisnis. Saat Anda sudah bertekad untuk meluncurkan usaha Anda tapi Anda tetap ingin mempertahankan penghasilan utama Anda, tantangan yang dihadapi pun akan semakin besar. Berikut ini tips untuk bisa menghadapi pekerjaan yang mendatangkan penghasilan sekaligus mempersiapkan bisnis Anda.

  1. Ingatlah selalu mengapa Anda melakukan keduanya secara bersamaan

Selalu tanamkan dalam pikiran Anda alasan utama Anda melakukan keduanya sekaligus. Ingat alasan mengapa Anda memulainya, ingat alasan mengapa Anda mempertahankannya saat hal ini membuat Anda merasa kewalahan dan kesulitan. Bukan hanya berpatokan pada kekayaan materialistis, motivasi yang sesungguhnya biasanya berupa passion dan keinginan untuk memberi sumbangsih pada masyarakat. Kedua motivasi inilah yang akan membuat Anda lebih bertahan menjalaninya.

  1. Kuatkan komitmen Anda pada mimpi yang sudah Anda miliki ini

Sulit sekali bagi Anda yang ingin hijrah menjadi entrepreneur untuk berkomitmen penuh pada mimpi Anda. Menginginkan sesuatu memang mudah, tapi mencapai atau mendapatkannya adalah hal yang sama sekali berbeda. Komitmen yang besar akan menuntut Anda untuk melakukan pengorbanan, mulai dari waktu, tenaga, hingga materi. Terkadang, hal ini pun akan membuat Anda harus melepaskan pekerjaan yang memberi Anda penghasilan tersebut. Hal ini hanya mungkin Anda lakukan dengan komitmen penuh pada mimpi Anda.

Business and Day Job
Sumber gambar: jordanhatfield.com
  1. Buatlah business plan

Business plan harus ada untuk menjadi pengarah serta fondasi Anda dalam melakukan segala sesuatunya secara lebih terstruktur dan terekam dengan sistematis. Hal ini semakin harus dimiliki kalau Anda masih mempertahankan pekerjaan yang memberi Anda penghasilan juga. Dengan adanya business plan, Anda jadi punya tujuan yang jelas, target yang harus dicapai dan deadline yang akan membuat Anda lebih disiplin. Hal inilah yang akan membantu Anda tetap fokus.

  1. Saat Anda tengah produktif, saat itulah Anda harus mengurusi bisnis Anda

Jika Anda serius ingin mengembangkan bisnis Anda, ambillah waktu dalam sehari di mana Anda paling produktif dan paling semangat mengerjakan segala sesuatunya. Tanpa hal ini, Anda akan tergoda untuk mengesampingkan bisnis Anda, apalagi jika pekerjaan Anda di siang hari sudah cukup berat dan memakan tenaga serta pikiran Anda. Alhasil, bisnis akan terhenti dan Anda tidak lagi termotivasi untuk menyelesaikannya.

Business and Day Job
Sumber gambar: repricerexpress.com
  1. Bergabunglah dengan kelompok Mastermind

Kelompok Mastermind merupakan kelompok yang berisi sesama entrepreneur yang bisa saling membagikan tips dan memberikan motivasi. Dengan bergabung dalam komunitas ini, Anda tidak akan terlalu merasa sendirian menghadapi semuanya dan termotivasi ketika ada sesama entrepreneurs yang yang sudah berhasil.

  1. Terus lakukan pembelajaran

Jangan berhenti mencari informasi dan pengetahuan tambahan mengenai bisnis yang Anda geluti. Semakin banyak pengetahuan yang Anda kumpulkan, semakin kuat dan kokoh fondasi Anda dalam membangun bisnis. Belajarlah dari entrepreneur lainnya, temukan mentor atau coach dan kenali prinsip-prinsip mendasar dari bisnis tersebut.

Anda memang masih membutuhkan penghasilan dari pekerjaan utama Anda saat ini, dan pengorbanan kehidupan sosial mungkin harus Anda lakukan. Meski begitu, ada saatnya nanti Anda harus fokus melakukan bisnis Anda, dan saat hal tersebut tiba, pastikan Anda sudah siap secara finansial.

You may also like

× Contact Us!