Daftar isi
2 min read

Melakukan Penjualan Efektif dalam Skala Lokal

Tayang 02 Februari 2016
Diperbarui 17 Februari 2024
Local SEO
Melakukan Penjualan Efektif dalam Skala Lokal

Semakin tertarget dan spesifik tujuan penjualan Anda dari segi lokasi, semakin mungkin performa sales Anda mengalami peningkatan signifikan. Untuk membuat bisnis yang Anda pasarkan dapat ditemukan dalam lingkup lokal, usaha yang Anda lakukan mau tidak mau akan melibatkan juga penempatan SEO local yang memungkinkan Anda ditemukan di dunia maya.

Hingga saat ini, tidak semua bisnis berskala kecil menyadari pentingnya SEO dan online marketing untuk memperluas pasar dan menambah pendapatan. Padahal, kalau saja kehadiran took secara fisik dengan kehadiran online disatukan, jumlah customer yang diraih akan semakin banyak dan luas. Dengan melokalkan SEO yang dilakukan, perusahaan apapun, besar ataupun kecil, dapat memperoleh berbagai macam manfaat yang meningkatkan penjualan. Cara memaksimalkan SEO lokal tersebut adalah sebagai berikut:

1. SEO lokal untuk menambah kehadiran di berbagai lokasi berbeda

Dengan membuat halaman yang terpisah-pisah bagi setiap lokasi serta melakukan optimasi dengan tags judul yang relevan dan lebih tertarget lagi, Anda dapat meningkatkan ranking posisi Anda dalam laman pencarian serta menambah kredibilitas URL Anda. Anda dapat menambahkan pula backlink ke website lain dengan trafik dan ranking pencarian yang bagus sebagai salah satu strategi SEO untuk meningkatkan trafik secara organik. Dengan konten orisinil dan monitor yang terus-menerus dilakukan bagi setiap URL yang Anda hasilkan, maka SEO lokal dapat dimaksimalkan.

2. Gunakan kutipan

Kutipan merupakan trik untuk mendapatkan ranking tinggi di pencarian lokal. Kutipan ini haruslah menyebutkan informasi perusahaan, termasuk nama, alamat dan nomor telepon di internet. Kutipan NAP yang biasanya digunakan memiliki prinsip semakin banyak yang Anda peroleh, semakin baik hasil yang Anda lihat dari usaha SEO lokal Anda. Meski demikian, hal ini harus dilakukan secara konsisten. Jika banyak calon customer dapat menemukan informasi mengenai brand atau perusahaan Anda dikutip di berbagai database dalam web, hal ini akan meningkatkan kredibilitas brand Anda.

3. Tampilkan review dari customer

Review dari customer merupakan alat word of mouth online yang paling efektif untuk mengembangkan bisnis Anda, mengingat Anda dapat menambah reputasi yang terpercaya dengan review dari orang-orang yang nyata. Keberadaan review yang positif terhadap suatu bisnis akan membuat orang lebih yakin untuk bertindak dan melakukan pembelian. Online reviews mendapatkan kepercayaan sebesar 88% dari customer yang lalu lalang di dunia maya daripada rekomendasi personal. Karenanya, mulailah mengumpulkan serta menampilkan review positif dari customer-customer Anda untuk meningkatkan jangkauan Anda terhadap berbagai customer potensial.

Kini, penjualan dalam skala lokal akan semakin maksimal!

Kategori : Sales
WhatsApp WhatsApp Sales