Qontak WhatsApp

Melakukan Email Marketing Bagi Bisnis Skala Kecil

Email Marketing

Menjadi pelaku marketing atau sales dari sebuah bisnis dengan skala yang lebih kecil dapat menjadi hal yang menantang. Masalah-masalah yang berkaitan dengan bisnis kecil seringkali terjadi di seputaran cara melakukan perluasan market dengan biaya seadanya serta bagaimana cara mendatangkan keuntungan yang stabil setiap bulannya. Jika Anda termasuk pelaku di bisnis kecil, dua masalah yang sudah disebutkan tersebut dapat diatasi dengan mengambil langkah marketing lewat email.

Mungkin Anda merasa skeptis dengan efektivitas email marketing, karena Anda juga tidak selalu membaca email yang Anda dapatkan jika Anda ‘mengendus’ adanya bau promosi. Anda hanya akan mengklik dan membaca email yang sudah jelas merupakan email marketing jika Anda memang pengikut setia dari brand yang bersangkutan atau jika Anda memang menemukan sesuatu yang menarik dan menjawab kebutuhan Anda tercantum pada subjek emailnya. Banyak orang lain yang seperti Anda dan orang-orang ini bisa berubah menjadi customer Anda jika saja Anda tahu cara menjangkau mereka lewat email marketing. Cara-cara mudah untuk menambah jumlah customer bagi email marketing bisnis berskala kecil meliputi:

  1. Lakukan penempatan box opt-in email yang berstrategi

Artinya, Anda tidak langsung menyambut orang yang baru masuk ke situs Anda untuk melakukan subscribe saja, tapi memikirkan baik-baik di mana tempat yang masih terlihat, tidak mengganggu dan cukup mempengaruhi orang untuk melakukan subscribe pada situs Anda dan mengimplementasikannya. Tempatkan berbagai lokasi untuk melakukan subscribe agar tersebar di seluruh situs untuk memudahkan orang yang sedang menjelajahi situs Anda dan mengingatkan kembali mereka untuk melakukan subscribe. Tempatkan di lokasi-lokasi terlihat dan normal, seperti di bagian atas laman, di sidebar atau di bagian paling bawah pada laman. Jangan memasang setting pop-up email yang berulangkali muncul dan mengganggu orang yang ingin melihat konten situs Anda.

  1. Batasi permintaan data diri

Biasanya, untuk Anda yang memiliki situs yang sudah didesain dengan sangat baik dan Anda ingin segera mengumpulkan list database yang besar, kebanyakan dari Anda akan mencantumkan formulir data diri yang harus diisi orang yang ingin mempunyai akun di situs Anda. Terkadang, data diri yang Anda minta terlalu banyak dan sebenarnya tidak diperlukan. Jika data diri yang diminta terlalu mendetail, customer juga akan menjadi ragu untuk memberikan informasi mengenai dirinya terutama dengan maraknya penyalahgunaan informasi di internet. Selalu usahakan untuk hanya mengambil data diri terpenting, seperti alamat email, untuk meningkatkan kuantitas subscribe pada situs Anda.

Email Marketing
Sumber gambar: youtechassociates.com
  1. Tambahkan bukti sosial

Salah satu cara meningkatkan efektivitas subscribe email pada situs Anda adalah dengan mencantumkan social proof atau bukti sosial. Anda yang memiliki bisnis berskala kecil dapat melakukan hal ini dengan mencantumkan foto customer yang puas atau testimoni dari orang yang memiliki nama yang terkenal pada situs Anda. Tidak hanya itu, Anda juga dapat mencantumkan berapa banyak subscribers Anda saat ini jika jumlahnya cukup fantastis serta berapa banyak visitor situs Anda setiap harinya. Hal ini dapat menjadi konformasi bagi para calon customer untuk memberikan informasi mengenai emailnya dengan harapan Anda akan menyediakan informasi berharg yang dicari oleh calon customer.

Email Marketing
Sumber gambar: cvent.com
  1. Tukarkan email mereka dengan harga spesial atau hadiah gratis

Misalnya, tawarkan pada orang yang melakukan subscribe untuk dapat menebus bukti subscribe-nya dengan sample produk atau dengan kode diskon spesial maupun akses gratis ke e-book yang dapat digunakan di pembelian utama. Selalu pertimbangkan win-win solution bagi Anda yang menginginkan list building email serta bagi calon customer yang ingin mendapatkan sesuatu dari Anda.

Dengan empat cara ini, Anda dapat melakukan list building untuk mulai menjalankan email marketing bagi bisnis berskala kecil Anda!

 

You may also like

By