Media Sosial Bisa Membantu Anda Mendapatkan Deal dengan 5 Strategi Ini

Social Media Marketing

Menjual sesuatu via media sosial bukan merupakan konsep yang baru lagi, dan karenanya, media sosial pun menjadi medium untuk mendatangkan prospek dan berinteraksi dengan customer utama. Melakukan prospek via media sosial pun menjadi hal yang juga lazim dilakukan. Berikut ini beberapa strategi yang bisa Anda curi untuk memanfaatkan media sosial semaksimal mungkin dalam mendatangkan prospek, membangun relasi dan pada akhirnya melakukan closing deal!

  1. Bangun image terbaik dari brand Anda

Rapikan terlebih dahulu berbagai akun media sosial dari brand Anda. Anda tentunya tidak ingin ketika prospek Anda mengunjungi sosial media Anda, mereka menemukan sesuatu yang tidak profesional. Pastikan apapun yang ditampilkan di mata virtual publik mewakili bisnis Anda dan dapat dipercaya sebelum kepercayaan customer diberikan. Jadikan media sosial sebagai alat branding personal bagi bisnis Anda.

 

  1. Temukan audiens Anda dan jangkau mereka

Tentukan keberadaan dominan dari target audiens Anda dalam beberapa platform media sosial. Temukan cara untuk berinteraksi dan menyediakan kebutuhan atau solusi yang dicari oleh customer Anda, entah itu di Facebook atau di Twitter. Selalu berpikiran terbuka, karena dalam media sosial, semua mungkin terjadi bagi bisnis Anda. Dengan menjadi yang teratas dalam hal kehadiran di media sosial, bisnis Anda dapat menjadi pilihan pertama bagi customer yang juga merupakan penggunaan media sosial aktif.

Social Media Marketing
Sumber Gambar: entrepreneur.com
  1. Buatlah koneksi personal

Dengan menggunakan media sosial, hampir tidak ada lagi alasan untuk melakukan cold calling. Anda dapat dengan mudah menemukan orang yang perlu Anda ajak berkomunikasi dalam perusahaan dengan mencari kontak mereka lewat LinkedIn atau Facebook, mempelajari background dari seseorang sebelum membangun koneksi yang sifatnya personal. Anda dapat memahami apa yang menjadi kebutuhan atau masalah yang tengah membutuhkan solusi dari sudut pandang prospek Anda. Sesudah itu, Anda dapat melakukan sharing konten atau sharing mengenai jasa Anda yang memang sesuai dengan apa yang mereka cari.

 

  1. Sediakanlah sesuatu yang bernilai bagi mereka dan bergabunglah dalam percakapan yang tengah berlangsung

Secara berkala, lakukanlah content sharing yang bermanfaat dan posisikanlah bisnis Anda sebagai ahli dari suatu hal yang spesifik dalam channel media sosial Anda. Fokuslah dalam membantu mencari solusi bagi problem yang Anda temukan tengah dihadapi oleh target audiens Anda di media sosial. Dengarkan dan risetlah apa yang relevan dengan bisnis Anda dalam berbagai percakapan di media sosial, bergabunglah dengan grup diskusi dan lakukan interaksi dengan anggota lainnya.

Social Media Marketing
Sumber Gambar: blog.snobmonkey.com

 

  1. Jangan melupakan platform komunikasi yang lainnya

Selain media sosial yang memang sedang marak-maraknya, jalur komunikasi Anda lainnya seperti email, telepon atau meeting person to person juga jangan sampai terlupakan. Media sosial dapat menjadi jalan masuk Anda membangun komunikasi, namun untuk menjamin adanya keberlanjutan dari percakapan yang dilakukan, Anda masih membutuhkan telepon dan email hingga deal tercapai.

Sudahkah Anda mengecek performa media sosial Anda saat ini?

You may also like

× Contact Us!