Qontak WhatsApp

Mau Bisnis Cepat Booming? Ikuti 5 Trik Ampuh Ini

Make Business Booming

Siapa yang tak mau bila bisnis yang dibangun menjadi booming? Atau bahkan menjadi trendsetter baru. Sudah pasti para pelanggan akan berbondong-bondong datang. Para investor juga pasti langsung tertarik.

Apa hal itu bisa dilakukan?

Tentu saja bisa. Asalkan trik berbisnis yang Anda gunakan tepat. Pertanyaannya, trik seperti apa yang bisa membuat bisnis cepat booming? Syarat utama agar bisnis menjadi booming, yaitu bisnis Anda harus menjadi buah bibir. Bisnis Anda harus sering menjadi pembicaraan orang-orang.

Ingat Word of Mouth Marketing. Tanpa perlu menggelontorkan uang dalam jumlah besar untuk beriklan pelanggan selalu berdatangan karena rekomendasi dari kerabatnya. Rekomendasi atau penyampaian informasi dari orang ke orang masih menjadi cara marketing paling ampuh sampai saat ini. Sebab hal itu berkaitan dengan kepercayaan.

Karena itu, 5 trik ini berkaitan dengan cara membangun Word of Mouth bagi bisnis Anda. Sehingga bisnis Anda pun menjadi buah bibir bagi banyak orang. Sehingga bisnis Anda pun menjadi booming.

1. Tentukan dan Bentuk Citra Merek

Bila Anda ingin bisnis Anda menjadi booming, maka hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menentukan dan membentuk citra merek. Sebab citra merek berkaitan dengan citra sosial yang terbentuk nantinya pada pelanggan Anda. Pasalnya, merek-merek besar banyak yang berhasil menjadi trendsetter karena telah berhasil membangun citra merek mereka.

Sebut saja seperti merek jam tangan Rolex. Merek ini berhasil membangun citra bahwa jam tangan mereka diperuntukkan bagi kalangan konglomerat. Dan siapa saja yang menggunakan jam tangan Rolex akan merasa bangga sebab status sosial mereka sudah dapat terlihat.

Atau seperti Cocacola yang sudah membangun citranya sebagai minuman anak muda. Tak heran kalau minuman bersoda ini selalu ada di setiap acara-acara anak muda.

Inilah salah satu cara untuk membuat orang selalu membicarakan bisnis Anda. Buatlah mereka menjadi bagian dari merek Anda. Sehingga mereka dengan senang hati akan selalu membicarakan dan merekomendasikan bisnis Anda.

Make Business Booming
Sumber Gambar: contemporarymediasolutions.com

2. Buat Kesan yang Mudah Melekat

Hal ini masih berkaitan dengan citra merek, tapi kesan lebih kepada ingatan orang pada merek atau produk Anda. Kesan inilah yang dapat memicu orang-orang agar selalu teringat pada merek Anda dan membicarakannya.

Kesan biasanya dapat dibentuk melalui keunikan dan kelebihan produk itu sendiri maupun dari iklan yang dibuat. Misal, ketika Anda mendengar tanggal tua, maka otak Anda akan langsung mengarah pada mie instan dengan merek Indomie. Indomie memang sudah menyematkan kesan makanan murah yang enak dengan ragam rasa. Dan semua produk Indomie memang dikenal enak.

Kesan sangat penting diciptakan agar konsumen selalu teringat pada produk atau merek Anda. Sebab kesanlah yang dapat memicu konsumen untuk selalu ingat pada produk atau merek tertentu saat berangkat dari rumah sampai ke tempat berbelanja.

3. Ciptakan Emosi

Manusia memiliki sisi emosional yang dapat dimanfaatkan bagi sebuah merek untuk meraih simpati. Dengan berhasil menarik simpati, maka produk Anda sudah pasti akan menjadi buah bibir dan selalu diingat oleh orang banyak. Sebab orang-orang akan lebih senang membicarakan dan menggunakan sesuatu yang mampu memancing sisi emosional dalam dirinya.

Sisi emosional di sini tak berarti marah, melainkan bisa dalam bentuk kegembiaraan karena lucu, menyentuh atau berupa kekaguman.

Beberapa merek yang berhasil menciptakan emosi adalah Go-Jek dan Grab. Setidaknya dua merek ini melalui berbagai kampanyenya berhasil meyakinkan konsumen bahwa seluruh mitra ojek online mereka berjuang untuk keluarga. Dan para mitra mereka berhasil mengumpulkan pundi-pundi uang lebih besar karena lebih aktif mencari penumpang daripada hanya diam menunggu di pangkalan.

Dua aplikasi online ini mampu menciptakan emosi di benak konsumen sehingga konsumen pun lebih memilih ojek online dan loyal. Bahkan para konsumen tak segan memberikan tips kepada para mitra ojek online.

4. Informasikan Kegunaan dan Fungsi Produk Anda

Pastikan Anda sudah menyebarkan informasi mengenai fungsi dan kegunaan produk Anda kepada konsumen bila ingin bisnis Anda cepat booming. Pasalnya, orang jauh lebih senang memberikan solusi kepada kerabatnya. Sebab itu, konsumen Anda tak mungkin dapat merekomendasikan produk Anda bila dinilai kurang bermanfaat bagi kerabatnya.

Seperti keberadaan Tokopedia atau Bukalapak. Dua marketplace ini pastinya sering sekali direkomendasikan oleh teman-teman Anda ketika Anda mencari barang yang sulit didapat di toko.

Atau misalkan ada produk fesyen yang diperuntukkan bagi perempuan hamil agar tetap nyaman berpergian dan tetap trendi. Tentu produk tersebut akan selalu direkomendasikan oleh konsumen pada kerabat-kerabatnya yang tengah hamil.

Make Business Booming
Sumber Gambar: deptofmarketing.com

5. Story Telling

Orang-orang selalu senang dengan cerita dan senang berbagi cerita. Karena itu buatlah cerita bagi merek Anda sendiri. Cerita yang mengandung pesan moral dan pelajaran. Sehingga orang-orang akan senang membagikannya.

Sama seperti Go-Jek atau Grab. Di awal kemunculan, mereka selalu sering membagikan cerita kesuksesan para mitra ojek online-nya menghidupi keluarga, terbebas dari status pengangguran, hingga ada yang bisa berkurban sapi. Cerita-cerita ini kemudian membentuk citra dan kesan di benak konsumen.

Sekarang cobalah untuk menjalankan 5 trik ini agar bisnis Anda menjadi buah bibir. Bila berhasil, maka Anda sudah pasti dapat merasakan kekuatan Word of Mouth sesungguhnya. Anda tak perlu mengeluarkan uang banyak untuk beriklan atau membayar orang untuk mendorong posisi SEO. Sebab bisnis Anda sudah booming berkat rekomendasi satu orang ke orang lain dan itu gratis.

You may also like

By