Qontak WhatsApp

Manfaat WhatsApp Business yang Wajib Anda Ketahui

Manfaat WhatsApp Business yang Wajib Anda Diketahui

Inilah Manfaat WhatsApp Business yang Sayang Dilewatkan!

WhatsApp luncurkan fitur khusus untuk bisnis menjalin komunikasi dengan pelanggan melalui WhatsApp Business. Selain menjalin komunikasi, masih banyak manfaat WhatsApp Business seperti media untuk marketing atau menyebarkan pesan promosi.

WhatsApp Business juga membuat jalinan komunikasi Anda dengan pelanggan lebih personal. Apa saja manfaat WhatsApp Business? Berikut adalah ulasan manfaat dan cara menggunakan WhatsApp untuk bisnis dibawah ini.

Inilah Manfaat WhatsApp Business yang Sayang Dilewatkan


Apa Itu WhatsApp Business?

WhatsApp Business adalah platform pesan instan dirancang khusus untuk bisnis. Aplikasi ini memudahkan bisnis untuk berinteraksi dengan pelanggan.

Manfaat WhatsApp Business dibandingkan WhatsApp Messenger adalah fitur-fitur pendukung yang canggih. Fitur tersebut bisa dimanfaatkan untuk mengotomatisasi, menyortir dan merespon pesan pelanggan lebih cepat.

Sementara semua fitur WhatsApp Messenger masih bisa Anda manfaatkan pada WhatsApp Business. Misalnya mengirimkan dokumen, foto dan lain sebagainya.


Apa Manfaat WhatsApp Business?

Manfaat WhatsApp Business utama adalah membantu Anda menjalin komunikasi baik dengan pelanggan. Dimana WhatsApp bisnis ini didukung fitur-fitur canggih yang mempermudah Anda merespon pelanggan lebih cepat.

Manfaat WhatsApp Business lainnya diantaranya sebagai berikut:

1. Lebih mudah menjalin komunikasi dengan pelanggan

Manfaat WhatsApp pertama adalah memudahkan menjalin komunikasi dengan pelanggan. Sebab pelanggan berinteraksi langsung dengan bisnis melalui aplikasi WhatsApp Messenger yang mereka gunakan. Anda juga dapat mengatur WhatsApp bisnis untuk otomatis mengirimkan welcome message, setiap kali pelanggan mulai berinteraksi. Diharapkan komunikasi selanjutnya akan lebih cair.

2. Memiliki katalog produk online

Manfaat WhatsApp Business selanjutnya adalah fitur katalog pada profil Anda. Dimana fitur ini bisa Anda manfaatkan sebagai etalase yang menampilkan foto-foto produk Anda. Hal ini memudahkan Anda untuk mempromosikan produk bisnis. Sebab pelanggan dapat bisa langsung membuka profil WA Anda untuk produk apa saja yang Anda tawarkan.

3. Meningkatkan efisiensi bisnis

Manfaat WhatsApp Business terakhir dapat meningkatkan performa bisnis Anda, khususnya layanan pelanggan. Hal tersebut berkat dukungan fitur-fitur canggih yang dimiliki WA business. Misalnya jawab otomatis yang membantu Anda mempertahankan pelanggan, katalog WA membantu promosi bisnis dan lainnya.

Baca juga: 5 Cara Meningkatkan Penjualan di WhatsApp


Apa Kekurangan WhatsApp Business?

Selain manfaat WhatsApp Business diatas, aplikasi ini juga memiliki kekurangan yang perlu Anda perhatikan. Sebab kekurangan WhatsApp bisnis ini justru bisa merugikan Anda. Berikut kekurangan WhatsApp bisnis yang dimaksud:

– Nama akun abadi

Berbeda dengan nama WhatsApp messenger yang bisa Anda ubah kapan saja, nama yang Anda gunakan pada WhatsApp bisnis tidak bisa diganti selamanya (abadi). Bahkan peringatan tidak bisa mengubah akan muncul setelah Anda mengunduh aplikasi dari Play Store atau App Store. Maka dari itu, Anda harus memilih nama akun bisnis yang tepat.

– Nomor berbeda dengan WhatsApp Messenger

Nomor yang didaftarkan untuk akun WhatsApp bisnis harus berbeda dengan WhatsApp Messenger. Meskipun Anda dapat menggunakan kedua aplikasi pada satu ponsel. Nomor yang digunakan untuk WhatsApp bisnis juga tidak bisa diganti-ganti. Jadi Anda perlu memastikan nomor tersebut selalu aktif.

– Resiko data pribadi bocor

WhatsApp bisnis rentan untuk disusupi oknum tak bertanggungjawab. Oknum tersebut akan mengakses data pribadi Anda yang didaftarkan di aplikasi ini. Data pribadi Anda tersebut bisa mereka salah gunakan.

– Perangkat yang digunakan terbatas

WhatsApp Business hanya bisa diakses melalui satu perangkat selain HP. Hal ini tentu membatasi Anda yang memiliki banyak admin. Sementara pelanggan yang harus mereka tangani banyak. Maka banyak bisnis harus memiliki akun WhatsApp Business cadangan dengan nomor berbeda. Hal ini justru membuat pelanggan bingung menggunakan nomor mana untuk menghubungi Anda.

– Smartphone harus selalu aktif

Perangkat utama WhatsApp business adalah smartphone. Meski Anda bisa mengakses WA bisnis dari desktop, akses tersebut akan berhenti saat smartphone mati. Artinya apabila ponsel Anda mati atau tidak terhubung jaringan internet, Anda tidak bisa mengakses Whatsapp Business Web.

Kekurangan WhatsApp Business diatas, tidak akan Anda dapatkan jika menggunakan Whatsapp Business API. Sebab WhatsApp API merupakan akun WhatsApp yang telah di verifikasi pihak WhatsApp. Selain itu, WhatsApp API juga memiliki sistem keamanan enkripsi end to end. Artinya hanya bisnis dan pelanggan yang terlibat dapat mengakses riwayat percakapan. Selain itu masih banyak manfaat lainnya dari WhatsApp API.

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!


Apa Manfaat WhatsApp Business API?

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kekurangan WhatsApp Business tidak akan Anda alami jika menggunakan WhatsApp Business. Sebab WhatsApp Business API merupakan versi upgrade WhatsApp business. Artinya semua kekurangan tersebut sudah ditutupi dengan fitur canggih dari WhatsApp API.

Selain memiliki manfaat WhatsApp Business, API WhatsApp juga memiliki manfaat lainnya seperti berikut:

1. Membangun brand awareness

brand awareness-Manfaat WhatsApp Business

WhatsApp API dilengkapi dengan profil yang bisa Anda gunakan untuk membangun branding. Dimana profil tersebut memuat informasi yang bermanfaat untuk pelanggan, seperti alamat, deskripsi bisnis, alamat email dan situs web Anda. Hal ini memudahkan pelanggan untuk mengenali bisnis Anda, sekaligus membangun brand awareness.

2. Merespon pelanggan lebih cepat

Merespon lebih cepat-manfaat WhatsApp Business

Berbeda dengan WhatsApp Business, manfaat menggunakan WhatsApp API adalah bisa diakses banyak agen di berbagai device sekaligus. Dengan banyak agen yang aktif, bisnis Anda bisa memberikan respon pelanggan lebih cepat.

3. Meningkatkan customer experience

Meningkatkan customer experience-manfaat WhatsApp Business

API WhatsApp dilengkapi sistem otomatisasi yang akan menyimpan dan mengunduh semua kontak, percakapan serta informasi pelanggan lainnya. Hal ini bermanfaat bagi tim support memberikan customer experience yang lebih baik.

4. Meningkatkan kepercayaan pelanggan

centang hijau-manfaat WhatsApp Business

WhatsApp Business API didukung dengan centang hijau (green tick). Tanda ini menunjukan bahwa akun WhatsApp Anda terverifikasi atau terbukti memiliki bisnis. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas Anda dimata pelanggan.

5. Meneruskan pesan otomatis

Rotator-Manfaat WhatsApp Business

Fitur rotator pada WhatsApp API otomatis akan meneruskan pesan pelanggan ke customer service. Sehingga semua pesan yang masuk dapat ditangani lebih cepat dan tepat.

6. Asisten Virtual (ChatBot)

sisten Virtual (ChatBot)

WhatsApp Business API memiliki fitur unggulan ChatBot yang mampu merespon pelanggan secara otomatis. Robot virtual ini dapat menyelesaikan permintaan pelanggan sederhana dalam waktu cepat tanpa perlu bantuan customer service.

7. Mengirimkan pesan blast

Mengirimkan pesan blast

WhatsApp blast atau WhatsApp bulk mengirimkan pesan sekaligus secara bersamaan. Pesan tersebut bisa berupa promosi. Hal ini dapat meningkatkan produktivitas tim CS dan media promosi yang efisien.

8. Integrasi dengan CRM

Integrasi-Manfaat WhatsApp Business

API WhatsApp Business dapat diintegrasikan dengan CRM. Aplikasi CRM (Customer Relationship Management) dapat mengelola hubungan pelanggan lebih baik. Hal ini akan mendorong pertumbuhan bisnis dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

Rekomendasi: 10 Cara Jualan Online Laris di WhatsApp


Apa Perbedaan WhatsApp Messenger vs WhatsApp Business Biasa vs WhatsApp Business API?

Meski bermanfaat sebagai pesan instan, WhatsApp Messenger, WhatsApp Business Biasa dan WhatsApp Business API memiliki perbedaan. Dimana perbedaan tersebut terletak pada fitur dan manfaat dari masing-masing aplikasi.

Misalnya WhatsApp Messenger dan WhatsApp Business hanya diakses melalui dua perangkat (HP dan Desktop). Hal ini membatasi Anda untuk menggunakan 2 agen saja untuk satu akun WhatsApp.

Berbeda dengan WhatsApp Business API yang tidak membatasi penggunaan perangkat (multi device). Artinya Anda dapat menambahkan banyak agen tak terhingga untuk aktif bersamaan dengan satu akun WhatsApp atau WhatsApp Multi users. Hal ini membuat bisnis menangani pelanggan lebih cepat.

Pelajari lebih lengkap perbedaan WhatsApp Messenger vs WhatsApp Business biasa vs WA Business API pada tabel dibawah ini:

WhatsApp Biasa (Messenger) WhatsApp Business Biasa API WhatsApp Business 
Profil Bisnis

Ya

Ya

Template Pesan

Ya

Ya

Jumlah Agen

Hanya 2 agen CS / 1 nomor

Hanya 2 agen CS / 1 nomor

multiple agen (lebih dari 2) dalam 1 nomor

Manajemen Basis Data Pelanggan dan Obrolan

Ya

Pesan Keluar Massal

Terbatas 

Tak terbatas

Laporan Kinerja

Ya

Tanda Centang Hijau Resmi

Ya


Bagaimana Cara Menggunakan WhatsApp Business yang tepat?

Setelah Anda mengetahui manfaat WhatsApp Business, mungkin Anda tertarik menggunakannya. Berikut cara menggunakan WhatsApp Business antara lain:

– Personalisasi pesan pelanggan

Kemampuan WhatsApp API mengirimkan pesan otomatis ke pelanggan. Pesan tersebut dapat Anda personalisasi. Hal ini untuk menjaga hubungan pelanggan yang lebih baik.

– Menawarkan produk ke pelanggan

Selain digunakan untuk melayani pelanggan, WA Business API juga Anda dapat gunakan untuk mengirimkan pesan berisi katalog atau promo produk Anda. Metode ini lebih efektif dan hemat biaya dengan bantuan WhatsApp blast yang dapat mengirim pesan ke nomor-nomor pelanggan meski mereka tidak menyimpan nomor bisnis Anda.

– Mengirimkan notifikasi pengingat pelanggan

WhatsApp API dapat mengirimkan pesan pengingat ke pelanggan otomatis. Misalnya pelanggan lupa untuk meneruskan proses transaksi dengan bisnis. Diharapkan pelanggan terpacu untuk melanjutkan tahapan yang tertunda.

– Meminta feedback

Sebelum mengakhiri interaksi, Anda dapat menanyakan langsung umpan balik untuk bisnis ke pelanggan. Cara ini lebih efektif dibandingkan meminta pelanggan untuk mengisi form. Umpan balik ini dapat Anda manfaatkan untuk bahan evaluasi bisnis Anda.

– Meningkatkan Produktivitas

WA bisnis API memiliki asisten virtual yang dapat menyelesaikan permasalahan pelanggan sederhana, sehingga tim support dapat fokus mengerjakan permasalahan kompleks. Hal ini sebuah keuntungan bagi bisnis karena lebih banyak permintaan pelanggan yang dapat diselesaikan.

– Memantau performa bisnis

Dengan menggunakan aplikasi WhatsApp bisnis API, Anda bisa mengakses banyak data penting dengan mudah dan dalam bentuk grafis yang tak susah untuk dimengerti. Hal-hal yang bisa Anda akses meliputi berapa persen dari pesan Anda yang sukses terkirim, diterima, dan dibaca oleh pengguna. Sehingga Anda bisa menggunakan strategi yang lebih baik kedepannya untuk melayani mereka dan mengoptimalkan engagement.

Baca juga: Cara Melakukan Optimasi WhatsApp untuk Bisnis


Manfaatkan WhatsApp Business untuk Tingkatkan Bisnis Anda Sekarang!

Qontak.com

WhatsApp Business memiliki banyak manfaat untuk meningkatkan layanan pelanggan serta performa bisnis. Untuk memaksimalkan manfaat diatas, Anda perlu meng-upgrade menjadi WhatsApp API. Sebab selain manfaat WhatsApp Business biasa, Anda akan mendapatkan manfaat lainnya dari WhatsApp bisnis API.

Sementara untuk menggunakan WhatsApp API, Anda harus bermitra dengan BSP (Business Solution Partner) WhatsApp seperti . WhatsApp ApI Qontak.com didukung dengan fitur canggih untuk membantu Anda mengelola marketing, sales dan customer service. Qontak.com juga dipercaya lebih dari 1000++ perusahaan yang telah merasakan manfaat WhatsApp Business.

Hubungi Qontak.com sekarang atau dengan mengisi form COBA GRATIS di bawah ini:

0 comments

By