Manfaat Melakukan Livestreaming Bagi Brand dan Penjualannya

Livestreaming

Sudah bukan hal baru lagi di dunia serba digital seperti saat ini, di mana Anda dapat menyaksikan sebuah konser atau menjadi bagian dari sebuah seminar hanya via internet yang terpasang di rumah Anda dan dari layar laptop Anda. Bahkan, livestreaming adalah salah satu strategi marketing dan sales yang bisa Anda manfaatkan dan mencetak keuntungan yang Anda inginkan.

Livestreaming atau streaming video yang langsung dilakukan saat acara yang direkam tersebut berlangsung. Platform-platform khusus untuk mengakomodasi keperluan livestreaming juga sudah semakin bermunculan dan makin banyak digunakan oleh masyarakat luas. Brand yang ingin memperluas market harus benar-benar mempertimbangkan penggunaan livestreaming sebagai alat promosi, pemasaran dan penjualan.  Manfaat-manfaat yang dapat dirasakan dari mempraktekkan livestreaming sebagai salah satu strategi penjualan antara lain:

  1. Livestreaming memberikan cara terkoneksi baru antara brand dan fans atau pengguna dari brand tersebut

Livestreaming dapat digunakan untuk berinteraksi langsung secara real time, dan bisa membuat orang yang menontonnya merasa menjadi bagian dari brand Anda dan aktivitasnya yang terekam kamera live. Mereka dapat langsung mengajukan pertanyaan, permintaan dan memberikan masukan yang pastinya akan sangat berharga juga bagi perkembangan brand Anda. Mengingat belum banyak brand yang benar-benar memanfaatkan platform ini, brand Anda dapat menjadi salah satu pionir yang menyajikan sesuatu yang berbeda dan menarik bagi prospek Anda. Spontan dan relevan, serta interaktif bagi brand Anda.

Livestreaming
Sumber gambar: prettymuchamazing.com
  1. Livestreaming tidak memerlukan banyak alat yang mahal dan tidak menyulitkan

Untuk dapat melakukan livestreaming, Anda cukup bermodalkan smartphone Anda saja. Anda dapat melakukan pertunjukan live dengan menjadikan smartphone dan aplikasi pilihan Anda sebagai mediumnya dan siapa saja bisa dengan mudah melakukannya. Sekarang, Anda tinggal memikirkan konten seperti apa yang menarik untuk membuat orang mau melakukan livestreaming di channel brand Anda saja.

  1. Livestreaming mudah dipromosikan dan dapat diintegrasikan

Salah satu contoh platform livestreaming yang saat ini tengah sangat populer adalah Periscope yang dikembangkan oleh Twitter. Saat Anda mulai melakukan broadcast via platform ini, sebuah tweet atas nama brand Anda akan dipublikasikan sebagai promosi gratis yang memberitahukan orang-orang bahwa mereka bisa melakukan livestreaming sekarang. Anda dapat juga melakukan promosi beberapa hari atau sehari sebelumnya untuk membuat beritanya tersebar lebih luas dan membangun antisipasi.

Livestreaming
Sumber gambar: videolink.ca
  1. Livestreaming bagus untuk meluncurkan sesuatu yang time-sensitive

Artinya, livestreaming sangat cocok menjadi platform membangun antisipasi bagi hal yang cepat habis masa berlakunya. Anda dapat meminta orang-orang untuk tune in ke broadcast live Anda dan menyimak perkataan Anda untuk mendapatkan petunjuk mengenai kupon potongan harga sebesar sekian persen untuk berbelanja dan Anda perlu memberitahukan bahwa kesempatan untuk menayangkan ulang video yang terekam saat livestreaming hanya 24 jam saja. Karenanya, orang-orang akan lebih memprioritaskan kesempatan untuk bergabung dalam livestreaming. Anda dapat juga melakukan sesi tanya jawab dalam peluncuran produk via livestreaming agar banyak orang mau bergabung demi bisa bertanya secara live, mengingat sesi tanya jawab langsung tidak mungkin bisa dilaksanakan dengan tayang ulang video saja.

Livestreaming merupakan medium baru yang juga memiliki sifat evergreen. Artinya, Anda masih bisa melakukan pembahasan lanjutan mengenai video tersebut dengan cara mendownload video broadcast live tersebut dan mempostingkannya dalam blog, disertai dengan konten yang mengulas mengenai broadcast live tersebut. Anda bisa menyediakan akses bagi prospek yang terpaksa harus melewatkan livestreaming dan masih bisa mencetak penjualan dari konten lanjutan tersebut. Saatnya mencoba!

You may also like

× Contact Us!