Manfaat Komunitas dalam Bisnis

Insting manusia untuk saling bercerita, bertukar pikiran/pendapat, atau hanya sekedar berbagi telah menjadikan komunitas sebagai kebutuhan hidup. Tidak cukup hanya berbagi dengan rekan kantor, sahabat atau keluarga, pada sebagian orang bergabung dalam komunitas dengan minat tertentu bisa meluapkan aspirasi mereka. Termasuk juga dalam komunitas bisnis.

Komunitas bisnis berisikan orang dengan minat yang sama, bisa berdasarkan lokal atau regional. Para anggota sering mengadakan event offline sebagai wadah bagi mereka untuk bertemu dan bertukar pikiran demi kemajuan bisnis masing-masing.

Saat ini, dengan pertumbuhan pemakaian internet yang semakin meningkat, tidak lagi membutuhkan pertemuan offline, mereka memanfaatkan forum/komunitas online untuk saling diskusi/bertukar pikiran. Berikut beberapa Manfaat komunitas bisnis:

1.Jaringan Bisnis

Dengan banyaknya orang yang tergabung dalam komunitas, Anda memiliki kesempatan mengenal pebisnis lain dari berbagai daerah dan latar belakang. Dengan begitu wawasan bisnis Anda akan berkembang dan bisa diaplikasikan pada bisnis yang sedang Anda jalankan.

2. Informasi

Salah satu fungsi dari komunitas adalah mudahnya para anggota untuk saling bertukar informasi/pikiran atau sharing mengenai dunia wirausaha/bisnis. Anda akan menemukan ilmu yang terkadang tidak terdapat dalam teori bisnis.

Sedangkan bagi yang belum memiliki usaha, perbincangan dengan orang yang sukses dengan bisnisnya akan semakin menumbuhkan keinginan Anda untuk segera memiliki usaha.

3. Relasi Bisnis

Intensnya pertemuan/diskusi antar anggota dalam komunitas, baik itu dalam pertemuan offline maupun online menjadikan hubungan para anggota tidak sekadar hubungan biasa, sudah menjadi hubungan yang akrab dan emosional.

Ketika dihadapkan pada suatu masalah, relasi bisnis bisa membantu dengan mendiskusikan bersama-sama atau memberikan solusi berdasarkan pengalamannya.

You may also like