Qontak WhatsApp

Live Chat: Manfaat dan 5 Pilihan Terbaik

alasan-menggunakan-live-chat-untuk-bisnis

Kenali 5 Pilihan Live Chat Terbaik untuk Bisnis Anda!

Di dunia digital seperti sekarang ini, kecepatan adalah segalanya. Hal tersebut juga berlaku dalam bisnis, seperti kecepatan pengiriman dalam satu hari, akses yang mudah terhadap produk yang ditawarkan, hingga customer service. Salah satu cara terbaik untuk memberikan pelayanan yang cepat kepada pelanggan adalah melalui live chat atau obrolan langsung.

5 Rekomendasi Penyedia live chat terbaik untuk bisnis Anda, sebagai berikut:

  1. Qontak.com
  2. LiveChat
  3. Wati
  4. LiveAgent
  5. Olark

Apa itu Live Chat?

Live chat adalah salah satu jenis aplikasi untuk customer service yang melayani pelanggan melalui pesan singkat. Cara ini digemari pelanggan maupun bisnis, sebab dinilai lebih efektif dan efisien. Bahkan bisnis bisa memanfaatkan robot chat yang fungsinya hampir sama dengan Whatsapp Chatbot.

Live chat bisa juga dikategorikan ke dalam aplikasi helpdesk online. Aplikasi ini memungkinkan bisnis untuk memiliki percakapan real-time dengan pelanggan ketika mereka sedang mengunjungi website bisnis tersebut. Pelanggan biasanya menyukainya karena live chat memberikan respon yang lebih cepat dibandingkan media lainnya.

Penggunaan obrolan langsung sudah dikenal memberikan pelayanan yang lebih baik dan memperbaiki waktu respon kepada pelanggan bagi perusahaan, mulai dari bank hingga e-commerce. Oleh karena itu, aplikais obrolan langsung sudah banyak dimanfaatkan bisnis sebagai customer support.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!


Apa Manfaat Live Chat untuk Bisnis?

Selain sebagai media komunikasi dengan pelanggan, live chat juga sudah banyak digunakan bisnis untuk meningkatkan penjualan. Selain itu, masih banyak manfaat yang akan bisnis dapatkan dari live chat, diantaranya sebagai berikut:

– Meningkatkan konversi dan penjualan

Selebuah penitian dari American Marketing Association menunjukkan bahwa perusahaan B2B yang menggunakan live chat dapat meningkatkan rata-rata konversi hingga 20%.

Pada saat melakukan browsing di website, biasanya akan muncul pertanyaan dari prospek dan pelanggan mengenai produk/jasa yang ditawarkan. Anda dapat menjawabnya secara langsung dengan obrolan langsung di saat pembeli masih berada di website. Bahkan, biasanya bot akan menjangkau terlebih dahulu dengan menawarkan bantuan. Dengan terhubung kepada pelanggan secara proaktif selama proses pembelian, bisnis dapat meningkatkan konversi dan penjualan.

Penelitian lainnya dari eMarketer menunjukkan bahwa 35% orang melakukan pembelian setelah menggunakan live chat.

Pada saat melakukan browsing di website, biasanya akan muncul pertanyaan dari prospek dan pelanggan mengenai produk/jasa yang ditawarkan. Anda dapat menjawabnya secara langsung dengan obrolan langsung di saat pembeli masih berada di website. Bahkan, biasanya bot akan menjangkau terlebih dahulu dengan menawarkan bantuan. Dengan terhubung kepada pelanggan secara proaktif selama proses pembelian, bisnis dapat meningkatkan konversi dan penjualan.

Penelitian lainnya dari eMarketer menunjukkan bahwa 35% orang melakukan pembelian setelah menggunakan live chat.

– Mengurangi biaya customer support

Sistem call center hanya memungkinkan agen customer service untuk menangani satu pelanggan di satu waktu. Sementara itu, dengan menggunakan software live chat, agen CS dapat berinteraksi dengan banyak pelanggan sekaligus. Manfaat ini sama ketika bisnis menggunakan Chatbot Whatsapp untuk customer support.

Dengan menangani banyak pelanggan sekaligus, bisnis hanya memerlukan tim CS yang lebih sedikit, yang artinya dapat mengurangi biaya customer support. Dari segi biaya pun, pemasangan software live chat lebih murah dibandingkan sistem call center.

– Membangun kepercayaan pelanggan

Membangun kepercayaan pelanggan yang baru pertama melakukan pembelian tidaklah mudah, apalagi ketika dilakukan secara online. Melalui penggunaan obrolan langsung, bisnis dapat melakukan interaksi langsung dengan pembeli sehingga dapat membangun kepercayaan mereka.

Hal ini sangatlah penting, sebab jika pembeli tidak mempercayai bisnis tersebut, mereka tidak akan memberikan informasi kontak atau data personal lainnya.

– Meningkatkan kepuasan pelanggan

Live chat merupakan salah satu cara untuk memperbaiki manajemen customer service dan meningkatkan customer relation melalui pengalaman berbelanja yang menyenangkan. Penggunaan aplikasi ini dapat meningkatkan kepuasan karena memberikan efisiensi dan kecepatan dalam merespon pelanggan. Dengan berkomunikasi melalui platform yang disukai pelanggan, bisnis dapat mempertahankan mereka menjadi pelanggan loyal.

– Memahami pelanggan lebih baik dengan analitik live chat

Salah satu kunci dari proses penjualan adalah memahami kebutuhan pelanggan dan memberikan solusi yang tepat kepada mereka. Software obrolan langsung tidak hanya mempercepat terjadinya close deal, tetapi juga mengumpulkan insight pelanggan. Caranya yaitu dengan meninjau riwayat percakapan yang terjadi dengan pelanggan. Bisnis dapat memperoleh informasi berharga dan memahami pemikiran, opini, dan perilaku mereka. Hal tersebut kemudian dapat digunakan untuk pengembangan produk, marketing, hingga strategi bisnis kedepannya.


Apa saja Aplikasi Live Chat Terbaik untuk Bisnis?

1. Qontak.com

Live Chat Qontak

Qontak.com menyediakan live chat terbaik di Indonesia. Obrolan langsung dari Qontak.com memiliki fitur lengkap yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Selain itu, tools obrolan chat Qontak.com ini dapat mudah digunakan dan dipelajari sehingga sangat cocok bagi hampir seluruh kalangan pelaku bisnis.

Harga Qontak.com mulai dari Rp 200.000 dengan uji coba selama 14 hari.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!

Fitur yang ditawarkan:

  • Pesan dua arah
  • Laporan dan analitik
  • Otomatisasi penyimpanan chat
  • ChatBot untuk otomatisasi pesan
  • Integrasi CRM
  • Support selama 24/7
  • Agent routing
  • Kustomisasi Template

2. LiveChat

Live Chat-LiveChat

LiveChat menyediakan obrolan online yang mudah untuk dihubungkan dengan website. Aplikasi LiveChat pertama kali diluncurkan pada tahun 2002 dan saat ini dikembangkan dan diterapkan dalam model bisnis SaaS oleh LiveChat Software S.A.

Harga LiveChat mulai dari $ 16 per bulan.

Fitur yang ditawarkan:

  • Chat tools yang lengkap
  • Customer engagement
  • Lengkap dengan laporan dan analisis bisnis.
  • Aman untuk digunakan.
  • Kustomisasi obrolan

3. WATI

Live Chat WATI

WATI menyediakan live chat untuk WhatsApp dari negara Hongkong. Aplikasi WATI telah digunakan oleh banyak perusahaan besar untuk melayani pelanggan. WA blast WATI dapat diintegrasikan dengan aplikasi CRM yang membantu mengembangkan bisnis Anda.

Harga WATI mulai dari $ 49 per bulan

Fitur yang ditawarkan WATI, meliputi:

  • All-in-one inbox
  • Notifikasi yang dapat dipersonalisasi
  • Bot tanpa kode dan Flowbuilde

4. LiveAgent

Live Chat LiveAgent

LiveAgent adalah penyedia live chat untuk membalas pesan pelanggan dengan sistem omnichannel. Platform ini menawarkan fitur pendukung seperti tiket email, obrolan langsung, obrolan video, pelacakan waktu, pusat panggilan, dan masih banyak lagi..

Harga LiveAgent mulai dari $ 15 per bulan.

Fitur yang ditawarkan:

  • Kotak masuk pesan yang universal
  • Ticketing system, tags, SLA
  • Pelacakan Waktu
  • Manajemen kontak pelanggan
  • Spam filter dan template email
  • Drag and drop file penting seperti gambar

5. Olark

Live Chat Olark

Olark merupakan solusi live chat populer yang mudah digunakan. Mengobrol dalam waktu nyata dengan melibatkan pelanggan Anda, menjawab pertanyaan, dan kumpulkan umpan balik. Seluruh percakapan akan disimpan di Olark atau CRM Anda.

Harga yang ditawarkan Olark mulai dari $ 19 per bulan

Fitur yang ditawarkan:

  • Sistem otomatisasi dan chatbox
  • Laporan obrolan real-time
  • Transkrip obrolan
  • Informasi pengunjung situs web Anda disajikan dengan lengkap sebelum obrolan

Gunakan Live Chat untuk Bisnis Anda Sekarang!

Pelanggan tentu menginginkan pelayanan langsung yang cepat untuk membantu mereka selama proses pembelian. Bisnis dapat berkomunikasi dengan pelanggan melalui media yang mereka inginkan dan memberikan pengalaman berbelanja yang mengesankan dengan menggunakan fitur obrolan langsung ini. Selain itu, bisnis juga dapat mengurangi biaya customer support dan meningkatkan penjualan keseluruhan.

Jika tertarik menggunakan live chat untuk bisnis Anda, salah satu yang menyediakan layanan tersebut adalah Qontak. Qontak tidak hanya membantu bisnis dalam berinteraksi melalui website saja, tetapi juga telepon, email, serta aplikasi pesan seperti Whatsapp, Facebook Messenger, dan Line. Selain itu, kelebihan lainnya platform Qontak memungkinkan agen untuk mengintegrasi interaksi pelanggan langsung dengan software CRM. Integrasi berbagai saluran dalam satu dashboard ini dikenal dengan istilah omnichannel, yang merupakan strategi bisnis untuk meningkatkan customer experience (CX).

Miliki interaksi pelanggan yang lebih baik dan tingkatkan penjualan Anda melalui penggunaan live chat. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi kami di sini.

Hubungi Qontak.com sekarang atau dengan mengisi form COBA GRATIS dibawah ini:

You may also like

By