Qontak WhatsApp

Lead Management Software: 7 Cara Dapat Leads

lead management software

Lead Management Software Membantu Menjaring Leads

Lead management software adalah perangkat lunak penting yang harus dimiliki oleh sebuah bisnis untuk menjaring leads berkualitas. Software ini menjalankan tugas lead management yakni menarik orang dan mengubahnya menjadi pelanggan Anda. Dengan adanya sistem lead management yang solid, tim sales dan tim marketing Anda akan bekerja lebih baik karena disertai data yang akurat.

Selain itu lead management software memudahkan untuk mendeteksi potensi leads bisnis Anda. Hal ini sangatlah berguna mengingat perilaku konsumen Indonesia yang terbuka dengan produk atau merek baru. Dikutip dari Gizmologi.id, sebanyak 66% pelanggan Indonesia mengatakan terbuka untuk memilih merek lain atau akan membeli berbagai merk saat berbelanja online.

Sebuah studi mengungkapkan pelanggan dengan strategi loyalitas 1,5 kali lebih berpeluang menjadi seorang promotor, dibanding mereka yang tidak memiliki strategi. Penelitian lain menyebutkan bahwa sekitar lebih dari 45% pelanggan dengan loyalitas membuat rekomendasi produk, dan sebanyak 25% lebih akan meningkatkan frekuensi pembelian ke depan nya.

Melihat perilaku konsumen Indonesia, kesempatan besar bagi bisnis Anda untuk mendapatkan banyak leads. Caranya bisa dengan memaksimalkan penggunaan Lead Management Software Indonesia untuk menyusun strategi loyalitas leads.


Baca penjelasan singkat mengenai Lead Management Software presentasi slide di bawah ini:


7 Cara Mendapatkan Leads dengan Lead Management Software:

1. Mengenali Leads

Ada baiknya untuk dapat mengenali pengunjung situs digital bisnis Anda apakah mereka dapat diubah menjadi leads potensial. Ketika sudah menentukan leads potensial, cobalah untuk aktif dan selalu memperbarui berita atau informasi seputar bisnis. Disisi lain Anda juga perlu menyiapkan sales leads siap menerima penjualan.

2. Penilaian Leads

Lakukan penelitian terhadap masing-masing leads yang Anda miliki. Misalnya dinilai berdasarkan minat dan keinginan. Minat adalah mereka yang memiliki sedikit keinginan tapi belum memiliki rencana untuk berbelanja. Sedangkan niat adalah saat minat semakin tinggi dan merasa harus segera memiliki. Anda bisa memprioritaskan untuk melakukan closing yang lebih cepat dengan leads yang memiliki niat.

3. Menjaga Leads yang belum siap

Maksimalkan potensi leads yang belum siap beli dengan menyimpan data mereka pada aplikasi CRM yang Anda gunakan. Kemudian, mulailah untuk menggunakan fitur-fitur dalam aplikasi CRM untuk menarik mereka dengan rutin menyebar informasi bisnis Anda. Informasi yang diberikan hendaknya fokus dengan tujuan Anda sehingga mereka akan lebih mudah follow-up untuk menjadi leads.

4. Desain Bisnis Mudah Digunakan oleh Leads

Leads akan meningkatkan ketertarikan pada bisnis Anda apabila mereka mengenal dan menggunakannya. Anda bisa meningkatkan ketertarikan mereka dengan desain bisnis yang mudah digunakan dan dapat dipercaya.

5. Manfaatkan Media Sosial

Berbagai macam platform sosial media dapat menjadi cara mudah leads dalam berinteraksi dan lebih mengenal bisnis Anda. Hal ini didukung hasil studi yang menunjukan sekitar 57% pelanggan di Indonesia mengetahui tentang produk-produk dan brand baru lewat media sosial. Manfaatkan medsos bisnis Anda dengan menyediakan informasi menarik dan menggiring mereka mengunjungi website Anda, sehingga peluang menambah leads semakin besar.

6. Tawarkan Diskon atau Free Trial Produk

Cara ini membuka peluang untuk mendapatkan calon pelanggan secara langsung. Selain itu meningkatkan peluang mendapatkan leads dalam product qualified lead maupun service qualified lead. Apalagi kalau untuk mendapatkannya, mereka hanya dimintai alamat email dan sedikit info personal. Anda bisa menampilan penawaran ini di laman landing page. Sebab landing page akan terus ada di website tanpa ada batasan waktu.

7. Menyediakan Live Chat

Sebagian besar pelanggan akan mencari kolom live chat ketika butuh informasi. Ketika pengunjung mengklik kolom chat, untuk mengajukan pertanyaan, pastinya mereka akan memberikan data email atau nomor telepon. Keduanya bisa dijadikan sebagai data awal yang nantinya digunakan untuk penerapan strategi leads lanjutan atau follow-up leads. Kolom ini dikendalikan oleh admin atau dengan aplikasi bisnis atau bisa pula Anda menggunakan ChatBot.


Apa Saja Fitur pada Lead Management Software?

Lead management software memungkinkan Anda untuk menghasilkan kepercayaan pelanggan potensial untuk membeli produk. Salah satu contoh Lead Management Software Indonesia adalah Qontak.com. Dengan fitur-fitur canggihnya, membantu kinerja tim sales untuk mengoptimalkan omset bisnis Anda.

Berikut fitur-fitur Lead Management Software Indonesia Qontak.com yang mendukung bisnis Anda untuk mendapatkan leads bermutu:

  • Database 360°: fitur ini menampilkan detail lengkap pelanggan dan percakapan dengan Anda, status kesepakatan, touchpoint dengan bisnis dan tugas serta janji temu yang dijadwalkan dengan leads. Semuanya ditampilkan dari satu layar dalam perspektif statis dan dinamis.
  • Akses hirarki database: fitur ini mengamankan dan melindungi database Anda. Untuk memudahkan mengidentifikasi leads, kelompokan tim Anda berdasarkan geografi, ukuran kesepakatan, divisi produk, dan banyak lagi.
  • Timeline historis: fitur ini menyimpan semua data leads secara otomatis. Anda dapat mengatur otomatisasi di CRM untuk mengingatkan tim Anda untuk follow-up peristiwa dan kejadian tertentu.
  • Default laporan: fitur ini memungkinkan anda membuat laporan kustom tentang prospek, kontak, akun dan peluang
  • Dashboard canggih: fitur ini dilengkapi filter yang memudahkan konversi materi leads, dan bisa diunduh ke dalam bentuk PDF, CSV dan XLS.
  • Otomatisasi dokumen: fitur ini secara instan mengotomatiskan dokumen leads seperti quotation, invoice, proposal dan lainnya untuk menghemat waktu Anda.
  • Laporan garis trend dan aktivitas: fitur ini menampilkan tren penjualan Anda serta aktivitas leads dalam periode waktu mingguan, bulanan, triwulan dan tahunan.
  • Sales pipeline: fitur ini memungkinkan Anda untuk beralih diantara semua proses penjualan bisnis dalam satu sistem terpadu, sehingga tidak ada sistem yang tumpang tindih.

lead management software


Bagaimana Mendapatkan Lead Management Software di Indonesia?

Lead management software sangat penting bagi bisnis Anda untuk mendapatkan leads berkualitas. Anda dapat meningkatkan bisnis dengan bijak mengoptimalkan leads bermutu yang ada dan sesuai untuk kebutuhan bisnis Anda. Salah satu contoh Lead Management Software terbaik di Indonesia adalah Qontak.com. Fitur-fitur canggih Qontak.com membatu kinerja tim sales untuk mengoptimalkan omset bisnis Anda.

Coba GRATIS sekarang Lead Management Software terbaik di Indonesia dan dapatkan leads bermutu untuk peningkatan bisnis Anda. Hubungi Kami apabila Anda ingin berkonsultasi terlebih dahulu!

lead management software

You may also like

By