Qontak WhatsApp

KPI Sales Marketing yang Wajib Diukur

KPI Sales Marketing yang Wajib Diukur

KPI Sales Marketing dapat Membantu Mencapai Target Bisnis, Pelajari Selengkapnya!

KPI sales marketing yang disusun dan diukur secara teratur dapat membantu pebisnis untuk mencapai target yang telah ditentukan. Namun, untuk mencapai target bisnis yang telah Anda tentukan, Anda harus mengetahui KPI sales marketing apa saja yang harus Anda ukur dan maksimalkan.

Berikut ini terdapat 8 KPI sales marketing yang wajib Anda ukur saat menjalankan bisnis:

  1. Cost per Lead (CPL)
  2. Marketing Qualified Leads (MQLs)
  3. Customer Retention
  4. Cost per Customer Acquisition (CPA)
  5. Marketing ROI
  6. Sales Qualified Leads
  7. Opportunity-to-Win Ratio
  8. Sales Revenue

Pelajari KPI Sales Marketing yang Membantu Mencapai Target Bisnis


Apa Itu KPI Sales Marketing?

KPI sales marketing adalah nilai atau metrik terukur yang terkait dengan tujuan spesifik dari aktivitas pemasaran dan penjualan. KPI sendiri merupakan singkatan dari Key Performance Indicator yang harus dilacak secara konsisten untuk mengetahui status pencapaian dan efektivitas sebuah penjualan atau kampanye dalam memenuhi target bisnis.

Untuk melacak dan mengukur KPI, Anda dapat menggunakan aplikasi KPI sales marketing. Aplikasi tersebut akan menunjukkan kinerja dan analisis bisnis yang terkait dengan proyek dan kampanye tertentu pada sebuah KPI sales marketing dashboard.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!

Baca Juga: Pengertian dan Perbedaan OKR dan KPI


8 KPI Sales Marketing yang Wajib Diukur?

1. Cost per Lead (CPL)

KPI Sales Marketing CPL

Biaya per prospek atau CPL, memungkinkan Anda untuk mengukur efektivitas biaya kampanye pemasaran dan penjualan Anda dalam menghasilkan prospek baru. KPI ini menunjukkan jumlah biaya yang harus dikeluarkan untuk setiap prospek yang dihasilkan oleh kampanye Anda. Anda dapat menganalisis efektivitas opsi periklanan online seperti AdWords atau iklan lainnya. Nilai CPL yang berhasil akan rendah untuk setiap prospek jika dibandingkan dengan jumlah keseluruhan prospek yang layak.

2. Marketing Qualified Leads (MQLs)

KPI Sales Marketing MQL

Setiap prospek akan ditangani oleh tim marketing sebelum ditangani oleh tim sales. Hanya prospek yang memenuhi syarat lah yang akan diberikan kepada departemen penjualan untuk ditindaklanjuti. Cara mengidentifikasinya adalah dengan menggunakan aplikasi KPI, baik melalui pengiriman formulir, perilaku prospek pada situs web, atau tindakan lainnya. Anda dapat melacak langkah-langkah yang mengarah pada kesiapan prospek untuk tim sales, yang dapat menciptakan keefektifan dalam jalur pemasaran dan penjualan.

3. Customer Retention

Customer Retention atau Retensi Pelanggan mengukur efektivitas bisnis Anda dalam mempertahankan pelanggan untuk jangka panjang. Biaya untuk memperoleh pelanggan baru lebih mahal daripada mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Oleh karena itu, Anda sebaiknya berfokus pada indikator kinerja utama ini untuk membantu mempertajam reputasi bisnis, proses layanan pelanggan, dan pengalaman pelanggan secara keseluruhan.

4. Cost per Customer Acquisition (CPA)

KPI Sales Marketing CPA

Cost per Acquisition atau disebut Biaya Akuisisi per Pelanggan berguna untuk menghitung biaya yang dibutuhkan untuk menghasilkan kesepakatan bisnis dengan calon pelanggan. Selain biaya produk itu sendiri, biaya akuisisi per pelanggan mencakup semua biaya yang diperlukan, bahkan biaya yang tidak terlihat seperti biaya survei dan pemasaran. Dengan mengetahui berapa biaya yang dibutuhkan untuk setiap pelanggan baru, Anda dapat menentukan rute mana yang paling efisien untuk bisnis dan anggaran Anda. Membandingkan biaya akuisisi per pelanggan adalah cara yang baik untuk mengidentifikasi prioritas produk bisnis Anda.

5. Marketing ROI

Laba atas investasi atau disebut ROI, memungkinkan Anda mengukur berapa banyak pendapatan yang dihasilkan oleh sebuah kampanye tertentu. ROI dapat dianggap sebagai KPI terpenting untuk dipantau dan dinilai.

Untuk melacak KPI ini, Anda harus menghitung jumlah prospek yang dihasilkan oleh sebuah kampanye lalu dibagi dengan nilai peluang atau nilai rata-rata per deal, kemudian dibagi dengan rasio rata-rata lead-to-win Anda.

6. Sales Qualified Leads (SQL)

KPI Sales Marketing SQL

SQL adalah calon pelanggan yang potensial yang telah dikualifikasi oleh tim marketing sebagai peluang bagi tim sales. KPI sales marketing SQL sangat diperlukan untuk mengetahui seberapa banyak calon pelanggan yang potensial yang berhasil dikonversi dan akhirnya menjadi pelanggan. Hal ini merupakan indikator penting yang bisa menunjukkan performa tim marketing. Data dari SQL ini juga bisa membantu tim sales untuk mencapai potensi terbaiknya.

7. Opportunity-to-Win Ratio

KPI ini memberi Anda nilai yang mudah dipahami untuk menentukan tingkat keberhasilan Anda dalam mengubah prospek yang memenuhi syarat menjadi pelanggan. Dengan informasi ini Anda dapat mengetahui siapa di tim Anda yang hebat dalam menciptakan peluang, tetapi tidak terlalu hebat untuk menciptakan deal. Ini merupakan data berharga yang dapat Anda gunakan untuk melatih tim penjualan Anda di area spesifik yang paling mereka butuhkan, baik di tingkat individu maupun kolektif.

8. Sales Revenue

Sales Revenue

Ini adalah KPI sederhana yang memungkinkan Anda mengukur kemajuan bisnis Anda dalam menghasilkan pendapatan penjualan. Dengan beberapa data, Anda dapat menentukan trend dan proyeksi pertumbuhan bisnis Anda. Dengan KPI sales marketing ini Anda dapat melacak kesuksesan bisnis Anda secara keseluruhan, serta secara individual, karena Anda dapat menerapkannya kepada anggota tim bisnis Anda untuk mengembangkan target yang dipersonalisasi. Ini merupakan cara yang bagus untuk terus meningkatkan pertumbuhan bisnis Anda  serta meningkatkan pendapatan.

Artikel Terkait: 8 KPI Salesman yang Tepat untuk Diukur dan 17 KPI Marketing yang Harus Anda Ukur


Apa Manfaat Mengukur KPI Sales Marketing Menggunakan Aplikasi KPI?

Seperti yang dijelaskan diatas bahwa menyusun,  melacak, dan mengukur KPI memberikan banyak manfaat untuk bisnis. Berikut ini merupakan beberapa manfaat mengukur KPI sales marketing pada bisnis:

  • Memantau aktivitas anggota tim sales dan marketing apakah mereka bekerja sesuai dengan jalur/target yang ditentukan.
  • Mengetahui performa tim sales dan marketing secara keseluruhan dengan cara melacak aktivitas mereka yang terekam pada KPI sales marketing dashboard.
  • Menciptakan efisiensi waktu kerja tim sales dan marketing dengan bantuan sistem otomatisasi pada aplikasi KPI sales marketing.
  • Membantu menyusun strategi sales dan marketing dengan lebih baik untuk berikutnya dari hasil evaluasi kinerja tim bisnis.
  • Memperbaiki fokus tim sales dan marketing dalam mencapai target, bukan lagi disibukkan dengan urusan administrasi.
  • Fleksibel dan dapat dikustomisasi seiring dengan pertumbuhan bisnis yang terkadang ada di luar ekspektasi.
  • Melacak kehadiran tim sales dan marketing melalui GPS secara akurat dan real-time.
  • Dapat diakses dimanapun (mobile) sehingga memungkinkan bisnis untuk memantau bisnis dimanapun dan kapanpun.

Dapatkan KPI Sales Marketing Terbaik untuk Bisnis Anda!

Aplikasi CRM Qontak.com

Anda bisa mendapatkan aplikasi KPI sales marketing terbaik hanya di Qontak.com. Mengapa? Karena Qontak.com merupakan penyedia aplikasi CRM dengan fitur wajib terlengkap di Indonesia yang dapat membantu bisnis Anda untuk menyusun, melacak, mengukur, dan menganalisis KPI sales marketing pada bisnis Anda.

Sistem CRM Qontak.com berbasis Omnichannel sehingga dapat mengintegrasikan banyak saluran bisnis dalam satu platform sehingga dapat dikelola dengan mudah. Tak heran dengan banyak kelebihan tersebut, ada lebih dari 1000 perusahaan ternama di Indonesia yang telah menggunakan aplikasi CRM Qontak.com.

Jika Anda tertarik untuk memiliki aplikasi CRM yang menyediakan KPI sales marketing dashboard canggih dengan antarmuka yang ramah untuk pengguna, klik opsi dibawah ini:

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!

Atau dengan mengisi form di bawah:


Baca Juga: 7 Alasan Menggunakan Aplikasi KPI 

You may also like

0 comments

By