Qontak WhatsApp

KPI Dashboard: 5 Pilihan Terbaik di Indonesia

Kenali Apa Itu KPI Dashboard

KPI dashboard (dasbor Key Performance Indicators) adalah solusi untuk menetapkan apa yang perlu dicapai bisnis dan mengukur apakah berada di jalur yang tepat untuk mencapainya. Software KPI menyatukan semua KPI dalam satu tempat untuk perbandingan dan memudahkan analisis.

Bisnis akan mendapatkan gambaran instan tentang proses bisnis yang terjadi melalui dasbor yang menampilkan kinerja perusahaan secara keseluruhan. Selain itu juga membantu tim manajemen mengidentifikasi area mana masalah terbentuk secara real time. Dengan begitu mereka bisa langsung menyusun strategi penyelesaian masalah tersebut.

Dikutip dari detik.com, perusahaan Google menemukan terjadi disrupsi pada layanannya setelah melihat tanda berwarna oranye pada tampilan peta KPI dashboard dan segera melakukan perbaikan pada sistem yang bermasalah. Hal serupa juga dapat dilakukan oleh bisnis Anda dengan download aplikasi dashboard yang baik.

Alasan mengapa software KPI penting bagi bisnis Anda, baca: 7 Alasan Menggunakan Aplikasi KPI


Apa Saja 8 Jenis KPI Dashboard?

Sales KPI Dashboard

Sales KPI dashboard menampilkan visualisasi KPI sales bisnis Anda. Dasbor sales memungkinkan bisnis mengerti siklus pembelian mereka, menelusuri lokasi penjualan dan memaksimalkan KPI sales dalam waktu tertentu yang meningkatkan proses analisis penjualan.

Dasbor KPI sales jenis ini memiliki tampilan analisis berbeda berdasarkan analisis penjualan, merk, dan rasio cost. Dashboard tersebut biasanya terbagi lagi menjadi dasbor analisis panggilan sales, dasbor analitik berdasar merek, dan dasbor opex-to-sales.

Marketing KPI Dashboard

Marketing KPI dashboard atau dasbor KPI pemasaran menampilkan representasi visual instan dari KPI marketing. Dasbor jenis ini memungkinkan pemasar dan eksekutif pemasaran untuk mengontrol kinerja kampanye mereka, mengidentifikasi kelemahan, dan mengoptimalkan aktivitas pemasaran mereka secara realtime.

Metrik yang ada dalam dasbor software KPI pemasaran biasanya berbeda-beda sesuai dengan kegiatan marketing yang dilakukan. Misalnya, seperti dasbor Search Engine Marketing (SEM), dasbor marketing campaign, dasbor Google Adwords, dan sebagainya.

Customer Service KPI Dashboard

Customer service KPI dashboard menampilkan pencapaian pelayanan pelanggan yang dilakukan bisnis. Aplikasi dashboard customer service memungkinkan bisnis untuk memonitor dan membandingkan customer service metrics, KPI dan tren dengan tampilan yang interaktif.

Dasbor KPI customer service memiliki matrik berbeda-beda sesuai dengan target yang ingin dicapai dalam memberikan pelayanan pelanggan. Misalnya, dasbor untuk kepuasan pelanggan (NPS), dasbor keterlibatan pelanggan, dasbor customer experience, dan lainnya.

Financial KPI Dashboard

Financial KPI dashboard memungkinkan tim keuangan untuk melacak dan memantau pengeluaran, keuntungan dan penjualan bisnis secara real time. Dengan demikian, mudah untuk mengidentifikasi area yang memerlukan perhatian segera.

Dasbor KPI keuangan juga menampilkan laporan analisis keuangan dengan cara berbeda-beda. Di antara nya seperti dasbor analisis margin keuntungan (CFO Dashboard), dasbor keuntungan dan kerugian, dasbor ritel perbankan, dasbor cash flow, dan lainnya.

Human Resources KPI Dashboard

Human resources KPI dashboard memungkinkan bisnis untuk melacak dan mengukur metrik SDM yang penting dan membagikannya pada jajaran manajemen dan tim eksekutif. Dasbor ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan proses perekrutan serta memastikan bahwa karyawan berprestasi akan tetap berada dalam bisnis.

Metrik yang ada dalam aplikasi KPI karyawan human resources biasanya menyesuaikan hajat karyawan dalam bisnis. Misalnya, kapan waktu untuk proses perekrutan, dasbor performa HR karyawan, dasbor persaingan gaji, dan lainnya.

– IT KPI Dashboard

IT KPI dashboard memungkinkan CIO dan ahli IT mengukur kinerja departemen IT untuk mengidentifikasi peningkatan apa yang diperlukan dan solusi mana yang tidak berfungsi dengan baik. Dashboard jenis ini menyajikan data IT dengan jelas sehingga dapat menghemat waktu dan meningkatkan kinerja mereka.

Matrik yang ditampilkan dashboard IT berbeda-beda berdasarkan dengan kebutuhan bisnis. Namun, pada umumnya ditampilkan sebagai dasbor keterlibatan pelanggan, dasbor keaman cyber, dasbor elasticube control room, dasbor analisis service mingguan, dan lainnya.

– Executive KPI Dashboard

Executive KPI dashboard memungkinkan CEO dan eksekutif untuk mengakses semua data mereka dari satu tempat. Dengan begitu lebih menghemat waktu mereka. Dasbor eksekutif yang efektif akan menampilkan data dari berbagai platform atau departemen, serta melakukan penelusuran sesuai kebutuhan spesifik bisnis.

Dasbor eksekutif pada akhirnya membantu para eksekutif menjalankan bisnis mereka dengan lebih efisien. Matrik dalam executive KPI dashboard biasanya meliputi dasbor executive, dasbor investor, dan dasbor analisis margin keuntungan (CFO Dashboard).

Project Management KPI Dashboard

Project management KPI dashboard memberi akses manajer proyek ke semua data mereka dari satu panel. Dasbor manajemen proyek yang efektif akan menampilkan kemajuan dan kinerja keseluruhan proyek tertentu, serta memantau masalah dan masalah yang memerlukan perhatian segera.

Dasbor software KPI jenis ini akan menampilkan matrik analisis nilai yang didapatkan, manajemen distribusi ritel, dan juga keuntungan dan kerugian.


5 Pilihan KPI Dashboard Terbaik di Indonesia

Berikut ialah 5 pilihan KPI dashboard terbaik di Indonesia yang dapat Anda pilih untuk membantu meningkatkan kinerja bisnis lebih baik:

  1. Qontak.com
  2. Zoho
  3. Dokodemo-Kerja
  4. Entomo
  5. Splunk

1. Qontak.com

KPI Dashboard

Qontak.com adalah penyedia dasboard KPI yang membantu mengelola seluruh aktivitas bisnis dalam satu platform melalui aplikasi Omnichannel CRM. Adapun KPI yang dapat diukur dengan aplikasi CRM Qontak.com meliputi sales, marketing, customer service, dan masih banyak lagi. Qontak.com juga didukung fitur kecerdasan AI yang mampu mengotomasikan sistemnya. Setiap laporan analisis pada dasbor Qontak.com mudah diakses dan real time. Harga KPI Dashboard Qontak.com dimulai dari Rp 200.000 per pengguna.

Kelebihan Qontak.com (Pros)

Kekurangan Qontak.com (Cons)

  • Laporan penjualan.layanan pelanggan dan proyek dapat disesuaikan
  • Dashboard yang kuat ada pada ujung jari/mobile Anda
  • Dilengkapi dengan laporan garis tren dan aktivitas
  • Teknologi Otomatisasi yang canggih
  • Melacak pergerakan GPS secara langsung tanpa koneksi internet
  • Memperoleh perspektif 360o semua pelanggan Anda
  • Menggunakan AI yang kompleks untuk membangun analisis yang membantu dan pengetahuan yang unik
  • Lebih berfokus pada kebutuhan market di Indonesia

2. Zoho

KPI dashboard

Fitur pada dasbor Zoho membantu bisnis Anda melacak dan menganalisa data sales dan binis. KPI dashboard dari Zoho dapat dibagikan ke anggota tim untuk memudahkan data dan kolaborasi. Tim juga dapat mengakses dengan download aplikasi dashboard dari PC, laptop, tablet dan smartphone. Setelah itu mereka dapat menikmati laporan analitik mendalam dari dasbor KPI. Harga Zoho Desk mulai dari sekitar Rp 248.000 per agen per bulannya.

Kelebihan Zoho Desk (Pros) Kekurangan Zoho Desk (Cons)
  • Mudah digunakan dan disesuaikan
  • Membantu proses rekrutmen menjadi sangat bersahabat
  • Mengelola semua aspek bisnis dalam satu platform
  • Dapat diakses dimana saja melalui mobile app
  • Laporan analitik dipisahkan disesuaikan kebutuhan bisnis
  • Fungsionalitas dasbor tidak begitu baik, seperti sulitnya dalam menambahkan nomor kontak pelanggan
  • Kemampuan pencarian tugas karyawan perlu ditingkatkan
  • Membutuhkan fitur akuntansi dan kalender tambahan
  • Pengarsipan formulir dilakukan manual

3. Dokodemo-Kerja

KPI Dashboard

Dokodemo-kerja adalah salah satu penyedia aplikasi KPI karyawan untuk mengukur produktivitas kerja dan efisiensi anggaran. Fitur dalam software KPI ini dapat memantau tugas dan jam kerja karyawan. Download aplikasi dashboard Dokodemo-Kerja di gawai Anda untuk mempermudah dalam mengelola waktu dan melacak lokasi karyawan yang dinas ke luar kantor. Harga Dokodemo-Kerja mulai dari Rp. 1.000.000 per bulan untuk 10 agen, penambahan agen dikenai biaya Rp 50.000/agen.

Kelebihan Dokodemo-Kerja (Pros)

Kekurangan Dokodemo-Kerja (Cons)

  • Mengelola Absensi dan jam kerja
  • Pelacakan waktu
  • Screenshot Monitoring per 10 menit dan dapat disimpan selama 2 bulan
  • Mengambil dan mengelola screenshot saat bekerja
  • Mengelola cuti dan liburan
  • Fitur terbatas hanya untuk KPI karyawan
  • Ada biaya tambahan setiap bisnis ingin menambah agen

4. Entomo

KPI Dashboard

Entomo menyediakan dasbor untuk KPI human resources yang membantu bisnis dalam meningkatkan produktivitas. Fitur di dalamnya memberikan gambaran jelas tentang pencapaian target individu, tim hingga seluruh organisasi dalam waktu tertentu. Dengan begitu, Anda dapat mengubah tugas atau strategi bisnis yang menemui masalah dan langsung membagikannya ke tim melalui software KPI ini. Harga KPI dashboard Entomo mulai dari sekitar Rp. 145.000 per pengguna setiap bulannya.

Kelebihan Entomo (Pros)

Kekurangan Entomo (Cons)

  • Dasbor dapat disesuaikan
  • Target yang yang dicapai bisnis jelas
  • Menerapkan kecerdasan AI di semua proses
  • Berdayakan karyawan untuk tampil, belajar, dan tumbuh
  • Tampilan antarmuka masih perlu ditingkatkan
  • Tools kurang ramah dengan pengguna atau cukup sulit digunakan

5. Splunk

Splunk adalah dasor KPI sales yang menampilkan analisis data yang dihasilkan aktivitas di seluruh perusahaan secara real time. Selain itu, fitur memberikan visibilitas kinerja untuk operasional IT dan pengukuran KPI pada bisnis. Pemantauan kinerja aplikasi di Splunk disampaikan oleh beberapa aplikasi utama yakni Splunk Core, Splunk IT Service Intelligence (ITSI), dan Splunk Mobile Intelligence (MINT). Harga KPI dashboard Splunk mulai dari sekitar Rp 2.626.000 per agen untuk 1 tahun.

Kelebihan Splunk (Pros)

Kekurangan Splunk (Cons)

  • Smart agent untuk otomatisasi layanan
  • Visualisasi instan
  • Tersedia Kustomisasi dashboard
  • Waktu peringatan yang digerakkan oleh kecerdasan buatan AI
  • Memerlukan lebih dari satu aplikasi
  • Harga berlangganan cukup mahal dibanding yang lain

Bagaimana Mendapatkan KPI Dashboard Terbaik?

Anda membutuhkna setidaknya sebuah KPI dashboard untuk mendapatkan laporan analisis seluruh aktivitas bisnis secara real time dan menghemat banyak waktu dalam analisis dan laporan. Dasbor KPI juga memiliki banyak jenis sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Sayangnya, tidak semua penyedia software KPI menyediakan paket lengkap. Anda dapat mendapatkan satu dasbor yang dapat berfungsi sebagai dasbor KPI sales, marketing, customer service, manajemen proyek, dan banyak lagi, melalui Qontak.com. Semuanya terintegrasi dalam satu platform yang mudah dikustomisasi.

Coba dan download aplikasi dashboard secara GRATIS sekarang juga! Tim kami selalu siap membantu Anda.


Tonton penjelasan singkat mengenai kustomisasi KPI Dashboard Qontak.com melalui video berikut:

You may also like

By