Konten Marketing Efektif untuk Memicu Interaksi

konten marketing

Konten Marketing

Mendapatkan komentar dan feedback yang berharga merupakan salah satu hal yang didambakan oleh para marketer dan salesperson profesional. Komentar dan masukan, serta interaksi yang tercipta dapat membantu menjadi ukuran seberapa berhasilnya kampanye yang Anda lakukan sehubungan dengan brand Anda. Semakin banyak interaksi yang terjadi, semakin viral brand Anda. Hal tersebut merupakan reputasi yang baik bagi brand Anda dan membuat calon customer otomatis mengingat brand Anda. Semuanya tergantung pada konten marketing yang tersaji mewakili brand Anda.

Konten marketing haruslah memiliki efek yang memungkinkan orang yang menerimanya memberikan pendapat mereka atau berkomentar. Untuk itu, Anda harus berstrategi untuk menghadirkan konten marketing yang interaktif. Konten yang interaktif akan lebih efektif menjangkau customer. Berikut ini beberapa tipe konten marketing yang interaktif untuk mewakili brand Anda.

4 Tipe Konten Marketing yang Efektif untuk Memicu Interaksi:

  1. Kuis

Kuis yang memungkinkan customer Anda untuk menjawab kemudian melakukan share terhadap hasil yang didapatkannya membuat customer akan secara otomatis berpikir tentang brand Anda. Tanpa perlu merancang kata-kata untuk berjualan dan melakukan penawaran, kuis membuat pesertanya berpikir secara lebih terfokus. Dengan demikian secara halus Anda menuntun peserta kepada brand Anda dan membuat mereka melakukan pertimbangan untuk membeli. Lengkapi dengan penawaran menarik seperti separuh harga bagi peserta kuis, dan konversi akan lebih mudah terjadi.

  1. Menggunakan lookbook

Lookbook merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut katalog produk yang berisikan foto-foto menarik produk Anda. Dengan menyediakan lookbook, Anda dapat menargetkan customer yang memang merespon lebih baik pada foto dan desain visual yang menarik. Buatlah katalog secara lebih interaktif dan memungkinkan mereka untuk langsung melakukan share di media sosial, serta langsung melakukan pembelian dari katalog untuk memaksimalkan konversi.

Konten Marketing

  1. Lewat infografis yang interaktif

Jenis konten marketing lainnya adalah konten yang bersifat mengedukasi calon customer. Ini akan lebih disukai lagi jika hadir dalam bentuk infografis yang dilengkapi pula dengan gambar. Jelaskan mengenai hal-hal yang bermanfaat sekaligus relevan dengan produk yang ditawarkan oleh brand Anda. Saat customer menemukan manfaatnya, share dapat otomatis dilakukan dan brand Anda pun akan tersebar dengan sendirinya.

  1. Lakukan assessment atau evaluasi mengenai produk

Customer yang sebelumnya pernah mencoba menjadi pengguna atau pelanggan brand Anda hampir selalu bersedia untuk memberikan feedback maupun komentar mengenai brand Anda. Baik dalam bentuk produk maupun jasa. Manfaatkan rasa penasaran customer Anda untuk mengetes sejauh mana pengetahuannya. Dapatkan pengetahuan mengenai konten seperti apa yang disukai oleh pembaca Anda dan mana yang dilewati begitu saja. Sediakan beberapa pertanyaan dan berikan jawaban berupa tips yang berguna sehubungan dengan respon yang mereka berikan. Anda juga dapat langsung merekomendasi produk seperti apa yang diperlukan oleh customer Anda berdasarkan respon yang diberikan oleh mereka. Cara ini dapat mempermudah Anda untuk melakukan pengelompokan sekaligus langsung mengetahui manakah yang memang benar-benar dibutuhkan oleh customer. Anda pun dapat fokus menawarkan produk tersebut bagi mereka.

konten marketing

Menurut laporan yang dikeluarkan oleh Demand Metric mengungkap bahwa konten yang interaktif seperti empat contoh di atas memiliki kadar efektivitas setinggi 93% dalam hal pemberian informasi yang edukatif. Konten ini juga memiliki efektivitas setinggi 88% untuk membedakan brand Anda dari pesaingnya. Jangan lewatkan market yang efektif dengan angka setinggi yang sudah disebutkan tersebut.

Mulailah mengembangkan konten marketing interaktif Anda!

Terlepas dari teknik atau strategi konten marketing seperti apa yang Anda lakukan, lebih baik jika Anda bisa mengotomasi setiap strateginya dengan bantuan sebuah aplikasi atau software marketing yang tepat. Marketing automation telah berkembang dan menjadi sangat populer dengan berbagai manfaatnya. Dengan mengotomasi kegiatan marketing, Anda dapat menghasilkan calon pelanggan, melakukan kampanye untuk menjaga pelanggan, dan juga melakukan marketing berbasis akun.

Penggunaan aplikasi marketing berfokus untuk meningkatkan penjualan pada bisnis Anda. Pastikan aplikasi marketing yang dipilih mudah digunakan, sesuai dengan kebutuhan bisnis, dan sesuai dengan budget. Anda dapat memulai dengan metode CRM marketing. Aplikasi CRM Qontak.com dapat membantu Anda melakukan marketing automation melalui email campaigns. Kampanye email ini dapat difilter berdasarkan jabatan, departemen, industri, ukuran perusahaan, dan lainnya.

Konsultasikan strategi marketing Anda kepada tim Qontak.com atau coba GRATIS aplikasi CRM Marketing sekarang juga!

You may also like