Komunitas, Bentuk Lain Customer Base yang Dapat Tingkatkan Penjualan

Sales Through Community

Kebanyakan perusahaan terlalu fokus meningkatkan penjualan dengan mendompleng marketing dan sales untuk mendapatkan market baru. Tapi mereka lupa bila ada potensi market yang besar bahkan dalam jangka waktu lama yang ada di sekitar mereka. Bahkan bisa dibentuk sendiri. Ialah komunitas, bentuk lain customer base yang dapat meningkatkan penjualan.

Ya, banyak perusahaan yang terlalu sibuk melakukan penetrasi pemasaran lewat digital marketing, media sosial marketing, maupun SEO. Tapi mereka lupa untuk memanfaatkan keberadaan atau membentuk komunitas untuk kepentingan jangka panjang perusahaan.

Ada banyak hal yang membuat komunitas merupakan customer base berharga bagi sebuah perusahaan. Keberadaan komunitas bisa melahirkan pelanggan dengan loyalitas tinggi pada produk atau jasa sebuah perusahaan. Kemudian juga bisa menjadi sampel untuk mengetahui inovasi apa yang diperlukan pelanggan.

Selain itu, dengan keberadaan komunitas dapat menghemat anggaran iklan bagi sebuah perusahaan. Karena loyalitas yang dimiliki anggota-anggota komunitas tersebut membuat mereka tak segan mereferensikan produk atau jasa sebuah perusahaan pada kerabat dan teman-temannya.

Inilah fungsi komunitas yang amat berguna bagi perusahaan. Dan seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, bila komunitas bisa didekati atau dibentuk sendiri. Untuk dua hal tersebut akan di bahas di bawah ini.

Sales Through Community
Sumber Gambar: engageandprosper.com

1. Mendekati Komunitas

Pertama, sebelum membidik sebuah komunitas untuk didekati maka kenali lebih dulu komunitas tersebut. Beberapa hal yang perlu dicari tahu seperti visi dan misi, nilai yang dijunjung dan taraf ekonomi anggotanya. Untuk visi dan misi tentu harus diketahui apakah komunitas tersebut bertolak belakang dengan perusahaan Anda atau tidak. Kemudian niai yang dijunjungnya apakah dapat diterima oleh perusahaan atau tidak. Juga yang terpenting adalah taraf ekonominya apakah sesuai dengan target market perusahaan atau tidak.

Kedua, setelah mengetahui dan mengenali komunitas maka segera dekati dan masuklah menjadi bagian komunitas tersebut. Tapi poin penting di sini adalah jangan langsung mengharapkan datangnya profit. Anda harus lebih dulu memberikan manfaat kepada komunitas tersebut agar dapat dirasakan oleh para anggotanya. Beberapa manfaatnya seperti menjadi sponsor utama pada setiap kegiatan, atau memenuhi kebutuhan operasional komunitas tersebut.

Ketiga, setelah itu perusahaan harus turut andil dalam menumbuhkan komunitas tersebut. Buatlah komunitas tersebut berkembang bersama perusahaan Anda. Setelah ini, barulah Anda benar-benar bisa merasakan profit dari komunitas tersebut.

Perlu dicatat bahwa meningkatkan penjualan melalui komunitas tidaklah instan. Diperlukan dedikasi dan waktu yang tak sebentar. Waktu yang diperlukan perusahaan sekitar satu sampai dua tahun sebelum benar-benar bisa merasakan tingginya penjualan dari sebuah komunitas.

Tapi lamanya waktu dan kerasnya dedikasi sebuah perusahaan tentu akan terbayar pada loyalitas komunitas tersebut kepada perusahaan. Apalagi bila komunitas tersebut dapat berkembang besar dengan anggota yang mencapai jutaan. Maka komunitas tersebut sudah menjadi customer base yang dapat menjadi sumber pemasukan bagi perusahaan.

Sales Through Community
Sumber Gambar: billyepperhart.com

2. Membentuk Komunitas

Selain mendekati komunitas, ada cara kedua yang dikenal lebih ampuh, yakni membentuk komunitas itu sendiri. Tentu ini memerlukan waktu dan dedikasi yang lebih besar ketimbang dengan cara mendekati sebuah komunitas. Tapi cara ini sudah pernah dibuktikan oleh sebuah website.

Ada sebuah website bernama ClickinMoms yang merupakan forum berisikan para pecinta fotografi. Namun, uniknya, ClickinMoms lebih dulu membesarkan sebuah komunitas sebelum kemudian menjual produknya yang berupa newslatter, panduan fotografi dan banyak lagi. Dan jangan ditanya apakah produknya laku atau tidak. Sebab seluruh anggota komunitas atau member yang ada sudah menjadi pelanggan loyal.

Tapi bagaimana cara membentuk komunitas?

Pertama, sebagaimana tujuan komunitas, yang harus muncul di pikiran Anda bukanlah mencari keuntungan, tapi menentukan tujuan, visi dan misi, dan nilai yang dijunjung komunitas tersebut. Jadi Anda tidak boleh langsung berorientasi pada uang.

Kedua, ciptakan platform atau sarana komunikasi yang bisa digunakan oleh komunitas tersebut untuk berbagi informasi. Anda bisa ciptakan website layaknya ClickinMoms, tentunya dengan desain yang memikat, nama komunitas atau merek yang sesuai dan SEO yang baik untuk meningkatkan traffic.

Ketiga, kembangkan dan tumbuhkan komunitas tersebut. Sebagaimana yang sudah diingatkan sebelumnya, jangan langsung berusaha mencari keuntungan. Bangunlah dulu komunitas tersebut dan ciptakan kedekatan. Bisa lakukan kopdar (kopi darat) untuk bertemu muka antaranggota.

Keempat, saat komunitas sudah mulai berkembang dan loyal, mulailah perkenalkan produk Anda yang dapat menyokong aktivitas atau kebutuhan anggota komunitas Anda. Tentunya yang masih sejalan dengan pergerakan komunitas Anda. Misalkan, Anda menciptakan komunitas pecinta mobil, maka produk yang harus Anda tawarkan berkaitan dengan mobil.

Dan ingat, untuk diawal mulailah dengan lembut. Jangan terlalu sering menampilkan produk di muka. Karena nantinya justru dapat mengganggu.

Kelima, saat forum Anda mulai terkenal, maka saat itulah Anda mulai benar-benar bisa memanen buah. Anda bisa menarik biaya untuk berlangganan menjadi member atau anggota. Atau bisa memberikan level-level tertentu pada setiap member dengan tarif dan pelayanan yang berbeda. Misal, untuk level terendah bisa gratis tapi tak bisa melihat postingan pada forum. Sementara di level tertinggi akan dapat konsultasi gratis.

Hingga kemudian di momen yang tepat Anda juga bisa menjual produk Anda yang masih berhubungan dengan komunitas tersebut. Dan Anda bisa kolaborasikan dengan forum tersebut. Misal, untuk anggota di level tertentu dapat diskon khusus produk tertentu.

Sekarang, Anda bisa bayangkan betapa mudahnya menjual produk ke sebuah komunitas yang anggotanya sudah loyal. Sehingga Anda pun sudah tak perlu lagi bingung-bingung atau menghabiskan uang untuk beriklan demi mendapatkan market baru. Lewat komunitas, market justru datang kepada Anda. Karena komunitas adalah bentuk lain customer base yang dapat meningkatkan penjualan perusahaan Anda.