Qontak WhatsApp

Key Performance Indicator: Definisi dan Penerapan KPI

Kenali apa itu Key Performance Indicator atau KPI!

Key performance indicator setiap perusahaan tidaklah sama. Dimana masing-masing perusahaan memiliki pola KPI yang dinilai paling ampuh untuk diterapkan. Oleh karena itu cara menyusun KPI adalah sesuatu yang berat dan dibutuhkan sangatlah subjektif.

Sebagai contoh, dalam KPI sebuah penjualan, terdapat serangkaian tindakan kuantitatif yang disepakati untuk menilai kinerja tim penjualan untuk melacak efektivitas kegiatan penjualan yang relevan dalam suatu perusahaan. KPI ini dapat membantu dan mengoptimalkan kinerja penjualan Anda, saluran penjualan dan panjang siklus penjualan Anda.


Apa itu Key Performance Indicator (KPI)?

Key Performance Indicator (KPI) adalah sebuah bagian penting untuk membantu memantau pelaksanaan strategi bisnis dan pengukuran hasil. Dimana nilai KPI yang terukur menunjukkan seberapa efektif perusahaan dalam mencapai tujuan bisnis utamanya. Indikator kinerja utama ini disepakati dan digunakan untuk menilai kinerja organisasi tersebut.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!


Bagaimanakah Cara Membuat Key Performance Indicator (KPI)?

Dengan mengukur KPI yang tepat, Anda dapat mengoptimalkan proses penjualan dan memastikan Anda dan tim Anda memprioritaskan aktivitas yang tepat untuk mendapatkan kesuksesan. Dalam cara menyusun KPI, ada 5 hal utama atau lebih dikenal dengan istilah SMART ini,  harus dipastikan diantaranya:

  1. SPECIFIC: menentukan KPI haruslah mendetail, spesifik, dan terfokus pada tujuan apa yang akan menjadi indicator dalam KP
  2. MEASURABLE: KPI harus indikator yang dapat diukur sesuai standar yang ditentukan.
  3. ACHIEVABLE: KPI yang ditentukan harus realistis atau dicapai serta ada nilai atau hasil yang dapat dicapai dan diukur.
  4. RELEVANT: KPI harus mengukur sesuatu yang penting atau sesuai dengan tujuan perusahaan secara umum.
  5. TIME-BOUND: KPI dapat dicapai memiliki batas waktu atau deadline yang telah ditentukan untuk mencapai target tersebut.

Apa Manfaat Menerapkan Key Performance Indicator bagi Bisnis?

Manfaat utama menerapkan key performance indicator adalah agar dapat meningkatkan kinerja Perusahaan di level strategis maupun operasional. Tidak hanya itu, KPI juga dapat digunakan untuk hal lainnya, sebagai berikut:

  • Meningkatkan produktivitas karyawan
  • Mengelola kinerja karyawan lebih baik dengan mengetahui KPI atau acuan yang diberikan.
  • Menjadi parameter berharga bagi bisnis untuk membuat sistem reward (penghargaan) dan punishment (hukuman) yang lebih objektif.
  • Subjektivitas atasan bisa dikurangi dan karyawan merasakan adanya atmosfer pertumbuhan yang memacu kinerja secara lebih alami.
  • Memudahkan Anda untuk membuat pengukuran dan evaluasi kinerja karyawan dan dampaknya terhadap kinerja perusahaan.
  • Membuat karyawan menjadi lebih paham ekspektasi manajemen atau perusahaan.

Bagaimana Cara Menerapkan KPI yang Baik?

Setelah Anda berhasil menentukan key performance indicator mana yang akan diatur, Anda harus dapat merencanakan bagaimana Anda akan menangkap dan mengolah informasi yang Anda butuhkan. Jika sebuah KPI dapat dipecah menjadi beberapa komponen dan komponen tersebut dapat dinilai secara konsisten, kemungkinan KPI dapat memenuhi penilaian tersebut akan meningkat.

Pengelolaan sebuah KPI dapat dibantu dengan software CRM KPI. Software KPI terbaik di Indonesia disediakan oleh Qontak.com. Dimana software KPI ini memiliki tampilan yang dapat disesuaikan (customize) untuk Bisnis Anda. Berikut menerapkan KPI dengan menggunakan software KPI yang disediakan di Qontak.com, yaitu:

1. Mengelola Tugas

Key Performance Indicator Manajemen Tugas

Fitur manajemen manajemen tugas akan mengelola seluruh tugas karyawan. Sehingga karyawan hanya perlu membuka fitur ini untuk mengetahui tugas apa saja yang menjadi tanggung jawabnya. Sebaliknya manajer juga bisa melihat pencapaian kerja karyawan dari sini.

2. Kustomisasi KPI

Pembuatan KPI kustom sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Hal ini memudahkan bisnis dalam mengoperasikannya.

3. Mengukur Pencapain KPI

Key Performance Indicator Tracking

Pelacakan Operasional bisnis dapat ditampilkan dalam satu dashboard KPI. Artinya semua aktivitas yang dijalankan bisnis dapat terlihat semua dari satu tampilan dashboard secara real time. Hal ini memudahkan mendeteksi apabila terjadi kendala.

4. Tracking Sales Tahun ke Tahun

Membandingkan performa sales Anda dengan tahun lalu di periode yang sama. Dengan begitu Anda dapat mengetahui perkembangan bisnis Anda dari tahun ke tahu. Artinya Anda bisa membandingkan strategi bisnis mana yang lebih efektif.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!

Untuk mempelajari CRM lebih lanjut, Anda dapat membuka link di bawah ini:


Tentukan Key Performance Indicator Bisnis Anda Sekarang!

Seperti yang dibahas sebelumnya, key performance indicator menjadi elemen penting bagi sebuah bisnis. Untuk mempermudah mengelola KPI, banyak bisnis telah memanfaatkan aplikasi KPI. Sebab Cara membuat KPI secara manual bukanlah hal yang mudah. Sebaliknya cara membuat KPI untuk perusahaan Anda akan lebih mudah dengan sales tracking system dari Qontak.com.

Qontak.com dapat membantu perusahaan dalam melacak KPI dalam tampilan laporan yang mudah dipahami. Qontak.com akan memastikan perusahaan Anda membuat KPI sales yang tepat. KPI akan otomatis diukur dengan aplikasi Qontak.com, sehingga membantu tim sales mencapai tujuan mereka dan mendorong mereka untuk berusaha lebih baik.

Hubungi Qontak.com sekarang atau dengan mengisi form COBA GRATIS di bawah ini:

You may also like

By