Kepanjangan CRM dan Manfaatnya Bagi Bisnis

kepanjangan crm

Apa itu CRM? Apa kepanjangan CRM dan manfaatnya bagi bisnis?

Anda mungkin sudah pernah mendengar tentang apa itu CRM dan pentingnya bagi sebuah bisnis. Banyak perusahaan yang menggunakan CRM software karena dapat meningkatkan customer retention. Selain itu, penggunaan aplikasi CRM juga dapat memperbaiki customer service dan mendorong penjualan. Namun, apa sebenarnya kepanjangan dari CRM? Apa saja manfaatnya bagi bisnis?

Kepanjangan dari CRM

CRM merupakan kepanjangan dari customer relationship management. Customer relationship management atau manajemen hubungan pelanggan merupakan sebuah software yang dapat membantu bisnis untuk memaksimalkan komunikasi kepada pelanggan dan penjualan mereka.

Software CRM seringkali dianggap hanya digunakan untuk menyimpan kontak, padahal fungsinya lebih dari itu. CRM software mendorong bisnis untuk membangun hubungan yang lebih efektif dan memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Hal ini membuat pelanggan memperoleh customer experience yang lebih baik melalui proses CRM, mulai dari pembelian hingga layanan pasca-penjualan.

Manfaat CRM bagi bisnis

Banyak yang menganggap CRM hanya digunakan untuk bisnis skala besar, mahal, dan terlalu rumit untuk diimplementasikan. Padahal, aplikasi CRM dapat digunakan untuk bisnis kecil, hingga berbagai jenis industri mulai dari industri kesehatan, konstruksi, dan manufaktur. Aplikasi CRM seperti Qontak memiliki tampilan dashboard yang bersahabat sehingga tidak membingungkan penggunanya.

Jadi apa saja yang bisa dilakukan oleh sebuah software CRM?

Ketika baru merintis, melacak pembeli secara manual bukanlah hal yang sulit. Namun, seiring dengan pertumbuhan perusahaan, hal tersebut akan semakin sulit dilakukan. Melakukan update informasi dan sinkronisasi dengan antar karyawan menjadi semakin rumit. Belum lagi adanya kemungkinan data-data penting yang terlewat dan ketidakkonsistenan komunikasi antara pelanggan dengan tim customer support.

Data-data penting yang tersebar di berbagai sistem dan orang akan membuat seluruh karyawan sulit untuk memiliki informasi yang sama dan melakukan kolaborasi dalam hal penjualan.

Di sinilah CRM hadir untuk memberikan solusi bagi perusahaan.

CRM membantu bisnis dalam hal:

  1. Mengumpulkan seluruh data ke dalam satu platform yang mudah diakses

Software CRM memusatkan seluruh data pelanggan sehingga perusahaan dapat mengakses seluruh informasi yang diplerlukan dalam satu platform.

  • Informasi kontak

Menyimpan seluruh data pelanggan mulai dari alamat email, nomor telepon, dan website.

crm software

  • Riwayat komunikasi

Lacak seluruh interaksi yang terjadi dengan pelanggan, baik melalui telepon maupun aplikasi pesan seperti Whatsapp, Line, Telegram, dan Facebook Chat.

kepanjangan crm

  • Riwayat pelanggan

Pelari hubungan pelanggan dengan bisnis dan riwayat pembelian mereka.

  1. Meningkatkan dan mempercepat penjualan

Salah satu yang menghambat produktivitas tenaga penjualan atau sales force adalah memasukkan data secara manual.

CRM membantu mengotomatisasi berbagai tugas admin yang repetitif sehingga sales force Anda dapat bekerja lebih efektif dan efisien. Hal ini sering juga disebut sales force automation atau SFA.

CRM dapat berfungsi sebagai aplikasi mapping sales untuk membantu melacak proses penjualan. Hal ini membantu tim untuk memetakan setiap perjalanan penjalan dalam sales funnel sehingga mempercepat terjadinya close deal.

kepanjangan crm

Dengan melacak proses penjualan, tim sales dapat memperoleh keuntungan di antaranya:

  • Memberikan data lapangan secara real time ke dalam sistem CRM
  • Melacak calon pelanggan baru
  • Memberikan customer experience yang lebih baik
  1. Berfokus pada pelanggan

Dengan memiliki akses informasi terhadap ketertarikan dan perilaku pelanggan, tim sales dapat mengejar kesempatan di waktu yang tepat. Mereka juga dapat berkolaborasi dengan tim marketing untuk dapat memberikan informasi yang tertarget dan berguna kepada calon pelanggan. Hal ini membuat pelanggan merasakan pengalaman yang lebih personal.

Data pada CRM juga membantu mengantisipasi kebutuhan pelanggan dan membantu customer support dalam menangani keluhan pelanggan lebih cepat dan tepat.

Siapa saja yang dapat merasakan manfaat CRM?

Tiap departemen dalam perusahaan yang berinteraksi dengan pelanggan dapat merasakan manfaat CRM, mulai dari tim sales, customer support, dan manajer.

CRM membantu tim sales dalam:

  • Mengelola deals dan melakukan komunikasi dalam satu sistem terpusat. Melalui Whatsapp Integration, yaitu mengintegrasikan CRM dan Whatsapp, tim sales dapat lebih mudah berkomunikasi dengan pelanggan
  • Melacak penjualan dan status tiap deals yang sedang berlangsung melalui sales pipeline
  • Mengakses data sales terbaru kapan pun dan di mana pun melalui mobile CRM

CRM membantu customer support dalam:

  • Personalisasi customer experience melalui riwayat interaksi dengan pelanggan, mulai dari percapakan hingga pembelian yang mereka lakukan
  • Menyelesaikan keluhan pelanggan lebih cepat dan efektif melalui informasi yang tersimpan dalam sistem CRM, termasuk produk yang dibeli, dan interaksi lainnya.
  • Menyatukan seluruh komunikasi pelanggan sehingga dapat digunakan ketika dibutuhkan

CRM membantu manajer dalam:

  • Mengukur dan menumbuhkan bisnis dengan melihat dan memprediksi trend penjualan. Hal ini membantu dalam manajer dalam membuat rencana jangka panjang dan mengidentifikasi produk mana yang paling mengumpulkan, serta mengatur strategi dalam meraih tujuan perusahaan.

kepanjangan crm

  • Mengoptimalkan kinerja karyawan. CRM dapat berfunsgi sebagai aplikasi KPI atau software KPI untuk melacak kinerja tim maupun bisnis secara keseluruhan.

Kesimpulan

Dengan mengetahui kepanjangan CRM dan apa saja manfaatnya bagi bisnis, sudah saatnya Anda mempertimbangkan penggunaan CRM untuk perusahaan.

Konsultasikan bisnis Anda dengan kami dan dapatkan free trial untuk merasakan sendiri manfaat dari CRM!

× Contact Us!