Qontak WhatsApp

Kenali Kelebihan dan Kekurangan WA Bisnis API

Wa-bisnis-api-kelebihan

Inilah Kelebihan dan Kekurangan WhatsApp (WA) Business API yang Perlu Bisnis Ketahui!

Pemanfaatan WhatsApp pada bisnis kian berkembang sebagai media sales, marketing dan customer service yang efektif. Selain kelebihan tersebut, WhatsApp juga memiliki kekurangan yang perlu Anda ketahui. Namun kekurangan WA tersebut, dapat bisnis tutupi dengan fitur-fitur unggulan yang dimiliki WhatsApp Businees API.

Salah satu kelebihan WhatsApp bisnis API adalah dapat diintegrasikan dengan aplikasi lainnya yang telah digunakan bisnis seperti sistem CRM. Hal ini tentu memudahkan bisnis dalam mengelola seluruh aktivitas penjualan dan customer service. Meski masih banyak keuntungan WhatsApp bisnis yang bisa Anda dapatkan, terdapat pula beberapa kekurangan WhatsApp Business yang perlu Anda pertimbangkan. Pelajari selengkapnya mengenai apa kelebihan dan kekurangan WhatsApp Business pada artikel di bawah ini.


Apa itu WA Bisnis API?

WA bisnis API (Application Programming Interface) adalah fitur terbaru WhatsApp bisnis sehingga pelanggan dan bisnis dapat berinteraksi lebih efisien. Hal ini ditandai dengan fitur canggih yang dimiliki WA API untuk meningkatkan layanan pelanggan bisnis. Salah satunya Chatbot bertugas sebagai asisten virtual yang mampu merespon pesan otomatis.

Sesuai namanya API, sistem akan otomatis menghubungkan aplikasi perusahaan dan akun WhatsApp bisnis menjadi sistem terpadu. Meski terkoneksi aplikasi lain, WhatsApp dilengkapi sistem keamanan end-to-end encryption yang terkunci atau tidak ada data (chat, video, dokumen atau audio) yang bocor. Data tersebut hanya bisa dibaca oleh pengguna (bisnis) dan pelanggan yang terlibat percakapan. Kelebihan whatsapp business inilah yang membuat bisnis memanfaatkannya untuk meningkatkan layanan pelanggan.

Tonton penjelasan singkat mengenai WhatsApp Bisnis API melalui video berikut ini:


Apa Perbedaan WA Bisnis API dan WhatsApp Bisnis biasa?

WhatsApp Bisnis API adalah versi upgrade dari WhatsApp Bisnis biasa. Dimana keunggulan Whatsapp bisnis API yang tidak dimiliki oleh WhatsApp Business biasa seperti kemudahan dalam pengoperasian dan fitur-fitur tambahan yang lebih canggih.

Selain itu dari keunggulan fungsionalitas WhatsApp bisnis, cara mendapatkan WA API dengan WhatsApp Messenger berbeda. Dimana WhatsApp bisnis biasa dapat diperoleh secara gratis melalui App Store atau Play Store. Sementara WA Business API harus melalui Business Solution Partner seperti Qontak.com.

Pelajari lebih lengkap perbedaan antara WA Bisnis API dan WhatsApp Bisnis Biasa, simak tabel dibawah ini:

WhatsApp Business

WhatsApp Business API

Profil Bisnis Ya Ya
Template Pesan Ya Ya
Jumlah Agen hingga 2 agen CS / 1 nomor multiple agen (lebih dari 2) dalam 1 nomor
Manajemen Basis Data Pelanggan dan Obrolan Ya
Pesan Keluar Massal Ya
Laporan Kinerja Ya
Tanda Centang Hijau Resmi Ya
Integrasi CRM Ya

Baca Juga: Ini yang perlu Kamu Ketahui tentang WhatsApp API Indonesia!


Apakah menggunakan WA Business API Aman?

Saat ini banyak kasus pencurian data pribadi yang dilakukan oleh orang tak bertanggung jawab, salah satunya melalui aplikasi WhatsApp. Aplikasi sejuta umat ini, kerap disusupi oleh oknum untuk mendapatkan data pribadi atau menipu orang lain. Hal ini tentu berbahaya apabila akun yang digunakan milik sebuah bisnis. Selain, data penting bisnis bisa disalahgunakan, pencurian ini juga dapat menurunkan kredibilitas bisnis dimata pelanggan.

Kekhawatiran tersebut tidak perlu, apabila Anda menggunakan WhatsApp Business API.  Pasalnya seluruh chat pada WA API dilindungi enkripsi end-to-end, yang artinya siapapun, termasuk WhatsApp dan Facebook tidak dapat membaca isi pesan penggunanya. Berbeda halnya apabila Anda menggunakan WhatsApp tidak resmi (bukan WA API) yang sangat rentan untuk pencurian data. Kekurangan WhatsApp Business tidak resmi ini sebaiknya Anda hindari dengan menghapus aplikasinya dari perangkat Anda dan beralih menggunakan WhatsApp API.


Apa Kelebihan Menggunakan WA Bisnis API?

Kelebihan WhatsApp bisnis API utama adalah terintegrasi dengan sistem lain secara otomatis. Hal ini memudahkan tim support untuk mengakses data yang dibutuhkan untuk melayani pelanggan lebih baik. Ditambah fitur-fitur canggih yang dimiliki WhatsApp Business API membantu memberikan pengalaman pelanggan yang menyenangkan.

Berikut keuntungan menggunakan whatsapp bisnis yang sayang Anda lewatkan, diantaranya:

1. Menjalin Kedekatan

WhatsApp memungkinkan bisnis dan pelanggan berkomunikasi secara personal dengan WhatsApp chatbot yang memberikan pelayanan selama 24/7. WhatsApp terverifikasi dapat meningkatkan kredibilitas pelanggan. Anda  bisa memuat email, nomor telepon, website dan detail lainnya pada profil API WhatsApp untuk membangun citra brand.

2. Keamanan WA Bisnis API Terjamin

Adanya enkripsi end-to-end dan two-factor-authentication (2FA) pada WhatsApp menjamin keamanan percakapan baik pelaku bisnis maupun pelanggan. Kelebihan WhatsApp Business ini mengurangi resiko kebocoran data atau penipuan.

3. WA Bisnis API Lebih Interaktif

WhatsApp menyediakan fitur menarik seperti story, display picture dan status. Selain itu WhatsApp juga bisa membagikan gambar, video, dokumen hingga share live location yang memudahkan pelanggan untuk mengetahui detail produk. Dengan kelebihan WhatsApp bisnis ini percakapan yang terjadi dengan pelanggan lebih atraktif dan mudah dipahami.

4.  Komunikasi Dua Arah

WhatsApp memungkinkan terjalinnya komunikasi real (dua arah) dengan pelanggan layaknya percakapan langsung atau telepon. Pelanggan dapat memulai percakapan dengan bertanya produk atau jasa melalui API WhatsApp link yang tersedia di website atau media sosial. Kelebihan WhatsApp Business ini tidak bisa Anda dapatkan menggunakan WhatsApp Messenger.

5. Meningkatkan Pelayanan

Keuntungan menggunakan WhatsApp bisnis selanjutnya adalah memberikan analisis yang canggih terhadap percakapan WhatsApp untuk melacak percakapan yang masuk, seberapa cepat tim merespon percakapan dan kinerja masing-masing agen. Data-data tersebut penting untuk meningkatkan pelayanan.

6. Terintegrasi dengan Aplikasi Lain

Fleksibilitas WhatsApp API memungkinkan pengguna untuk mengintegrasi dengan aplikasi lain atau WhatsApp Integration.  Integrasi ini dilakukan dengan customer service atau sistem CRM. Dengan kelebihan WhatsApp Business,  semua obrolan yang masuk dapat cepat dibalas karena obrolan tersebut dapat langsung ditujukan ke agen tertentu.

7. Pesan Cepat Diterima

Pesan dikirimkan akan secara otomatis terkirim pada jam dan waktu yang sama ke pelanggan. WA Bisnis API dapat dipakaikan chatbot sehingga untuk pertanyaan yang sering ditanyakan pelanggan, chatbot dapat menerima dan menjawabnya. Penundaan hanya terjadi saat koneksi internet terputus dan diterima begitu terkoneksi internet.

8. Pesan Cepat Dibaca

Keuntungan menggunakan WhatsApp bisnis terakhir adalah pesan Anda lebih cepat dibaca. Data Digital Report 2019 dari We Are Social dan Hootsuite menunjukan WhatsApp menjadi pesan instan paling sering dikunjungi dengan 83 persen dari 150 juta pengguna internet di Indonesia. Selain itu, sebanyak 80 persen pesan yang dikirim melalui WhatsApp dibaca dalam 5 menit dan rata-rata pengguna WhatsApp memeriksanya lebih dari 23 kali.

Saya Mau Coba Gratis WA Bisnis API Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Tentang WA Bisnis Sekarang!

Baca juga : Manfaat API WhatsApp untuk industri retail


Apa Kekurangan WhatsApp Business API?

Kekurangan WhatsApp business adalah nomor yang didaftarkan sebagai akun WA bisnis API tidak bisa diganti selamanya. Hal ini membuat Anda harus memastikan bahwa nomor tersebut selalu aktif.  Kekurangan WhatsApp Business API lainnya dijelaskan seperti berikut ini:

1. Nama yang digunakan WA Bisnis API tidak bisa diubah

Nama akun bisnis yang sudah didaftarkan tidak dapat diubah lagi, berbeda dengan WhatsApp messenger yang nama profil bisa diganti dengan mudah. Makanya pikirkan dengan baik nama bisnis yang akan didaftarkan.

2. Nomor WA Bisnis API tidak bisa digunakan untuk akun WhatsApp Messenger

Nomor yang digunakan di layanan WhatsApp bisnis bersifat permanen atau tidak bisa diganti. Selain itu juga nomor tersebut tidak bisa digunakan untuk akun WhatsApp biasa atau messenger.

3. WA Bisnis API berpotensi di blok apabila teridentifikasi mengirimkan spam

Akun WhatsApp bisnis memungkinkan mengirimkan pesan langsung ke pelanggan seperti promo atau informasi menarik lain tentang produk atau jasa yang ditawarkan. Pesan yang dikirim terus menerus atau spam dapat membuat pelanggan risih. Pastikan atur periode pengiriman pesan otomatis (away massage) dan pastikan sesuai pelanggan.

Apabila dibandingkan kelebihan dan kekurangan whatsapp business, maka kekurangan WahtsApp bisnis diatas tidaklah terlalu banyak. Bahkan hal tersebut terlihat seperti bukan sebuah kekurangan pada WhatsApp Business.

Misalnya penggunaan nomor hanya WA bisnis API. Kekurangan WhatsApp bisnis ini tidak perlu dikhawatirkan, karena pada umumnya bisnis telah memisahkan nomor HP pribadi dengan bisnisnya supaya tidak tercampur. Sebaliknya kekurangan WhatsApp Business ini untuk mengajarkan Anda, bagaimana caranya mengembangkan bisnis supaya lebih maju dan terlihat profesional.


Bagaimana Cara Membuat WhatsApp API?

WhatsApp API tidak dapat diperoleh dengan sekedar mengunduh secara gratis di Playstore atau Appstore. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan, dan yang terpenting adalah memilih partner WhatsApp resmi yang tepat, seperti Qontak.com.

Akun WhatsApp Business harus diterima oleh WhatsApp dengan bantuan WhatsApp partner. Untuk membuat akun WhatsApp API, yang harus dilakukan adalah:

4 cara mudah membuat WhatsApp bisnis API yang bisa Anda coba:

  1. Daftar WhatsApp Partner Resmi Qontak.com
  2. Verifikasi Akun Anda ke Facebook Manager
  3. Mengaktifkan Nomor dan Lengkapi Profil Bisnis
  4. WhatsApp API Siap Digunakan

Step 1. Daftar WhatsApp Partner Resmi Qontak.com

Whatsapp-API-bisnis-Qontak

Syarat utama untuk memiliki WA API adalah harus mendaftar ke official partner WhatsApp di negara domisili. Salah satu WhatsApp partner resmi terbaik di Indonesia seperti Qontak.com yang akan memastikan Anda dapat memanfaatkan seluruh fitur WhatsApp API dengan harga terjangkau.

Step 2. Verifikasi Akun Anda ke Facebook Manager

BSP-for-Whatsapp-API-bisnis

Tahapan ini membutuhkan waktu lama dan cukup kompleks. Official WhatsApp partner Qontak.com akan membantu Anda mengajukan proses verifikasi ke Facebook. Sehingga Anda tidak perlu repot untuk mengunggah dokumen-dokumen yang diperlukan untuk registrasi perusahaan. Anda hanya perlu menyiapkan:

  • Nama perusahaan
  • Website URL
  • Industri
  • Daerah operasional
  • Facebook Business Manager ID

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!

Step 3. Mengaktifkan Nomor dan Lengkapi Profil Bisnis

Whatsapp-API-bisnis-profil

Setelah Facebook menyetujui akun WhatsApp Anda, aktifkan nomor telepon yang ingin digunakan untuk akun WhatsApp. Nomor ini tidak bisa diganti untuk selamanya. Selanjutnya Anda bisa melengkapi profil bisnis. Usahakan profil mengisi  informasi bisnis selengkap mungkin seperti jam operasional, website, katalog dan lainnya, sehingga pelanggan lebih mudah mengenali bisnis Anda.

Step 4. WhatsApp API Siap Digunakan

qontak-whatsapp-bisnis-api-verified

Setelah langkah-langkah di atas selesai, API WhatsApp Business bisa Anda gunakan untuk melayani pelanggan. Tanda centang berwarna hijau akan muncul setiap Anda mengirimkan pesan, meski peenerima belum menyimpan kontak Anda. Tanda ini menunjukan akun Anda telah terverifikasi.


Apa saja Fitur yang Ada pada WA Bisnis API?

Salah satu keuntungan menggunakan whatsapp bisnis adalah merespon setiap pesan pelanggan secara otomatis. Apabila tidak permintaan pelanggan tidak dapat diselesaikan, WhatsApp API akan meneruskan ke customer service. Selain itu, kelebihan WhatsApp business adalah mampu menyimpan semua percakapan dalam database.

Dalam bekerja, WhatsApp API dibantu fitur-fitur canggih agar mendapatkan hasil maksimal. Fitur canggih tersebut adalah sebagai berikut:

– Integrasi

Keuntungan menggunakan whatsapp bisnis pertama adalah dapat diintegrasikan dengan aplikasi lain seperti CRM. Proses ini akan mendorong pertumbuhan bisnis lebih cepat serta meningkatkan loyalitas pelanggan.

– Auto Reply

WhatsApp API Indonesia mampu memberikan respon otomatis setiap pesan yang masuk melalui fitur auto reply. Fitur ini berhasil menyelesaikan permintaan sederhana tanpa melalui tim support.

– WhatsApp Bulk

WhatsApp bulk atau WhatsApp blast bertugas mengirimkan pesan broadcast secara bersamaan ke banyak kontak pelanggan. Pesan tetap diterima meskipun mereka tidak menyimpan kontak bisnis. Cara ini efektif meningkatkan produktivitas tim CS dan media promosi yang efisien.

– Multi Device

Satu akun atau nomor WhatsApp API dapat diakses dari berbagai perangkat berbeda dengan banyak agen bersamaan. Hal ini membantu bisnis merespon pelanggan lebih cepat.

– WhatsApp Automation

API WhatsApp dilengkapi sistem otomatisasi yang akan merekam dan menyimpan semua kontak leads, percakapan serta informasi pelanggan lainnya. Data tersebut bermanfaat bagi tim support untuk membangun pengalaman pelanggan yang menyenangkan.

– WhatsApp Verified

Centang hijau (green tick) menandakan bahwa akun WhatsApp terverifikasi atau terbukti memiliki bisnis. Tanda centang hijau pada akun WhatsApp API dapat meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas dimata pelanggan terhadap bisnis Anda.

– Rotator

Rotator akan otomatis meneruskan pesan dari pelanggan atau prospek tim support. Dengan begitu semua pesan yang masuk dapat ditangani lebih cepat dan tepat.


Bagaimana Cara Menggunakan WA Bisnis API yang Tepat?

Cara Menggunakan WhatsApp API yang Tepat

Berdasarkan informasi kelebihan dan kekurangan whatsapp business diatas, tidak ada alasan lagi untuk ragu menggunakan WA Bisnis API. Untuk menggunakannya, Anda perlu bekerjasama dengan official business partner WhatsApp yang ada di Indonesia seperti Qontak.com.

Qontak.com menyediakan solusi end-to-end yang dapat menghubungkan API WhatsApp Business dan aplikasi chat lainnya atau solusi omnichannel dengan sistem Customer Relationship Management. Qontak.com mengerti bahwa kebutuhan, target, dan tujuan dari setiap perusahaan/bisnis dapat saja berbeda, Qontak.com menyediakan berbagai fitur yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda seperti:

  • Akes laporan sales, customer service, dan agen CS Anda
  • Menggunakan satu nomor WhatsApp untuk banyak agen di berbagai lokasi
  • Integrasi dengan sistem lain seperti CRM (customer relationship management) atau sering disebut WhatsApp CRM.
  • Mendeteksi nama dari calon pelanggan baru atau pelanggan dari WhatsApp secara otomatis dan langsung tersimpan ke dalam database CRM tanpa harus bertanya ke pelanggan atau mengetiknya secara manual
  • Memperoleh analisis percakapan yang canggih untuk melacak beberapa percakapan yang masuk, seberapa cepat tim merespon percakapan tersebut, dan kinerja masing-masing agen dan bisnis secara keseluruhan

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!

Ingin membuat WhatsApp API, Baca ini: Cara membuat WhatsApp API


Dapatkan WA Bisnis API Terbaik Sekarang!

Qontak.com

WA Bisnis API memberikan segudang keuntungan untuk Anda meningkatkan pelayanan, produktivitas bisnis serta mengelola sales dan pesanan. Segera dapatkan API WhatsApp dengan bekerjasama dengan official business partner WhatsApp yang ada di Indonesia, salah satunya adalah Qontak.com.

Official partner akan memberikan beberapa pertanyaan untuk melihat apakah bisnis Anda memenuhi syarat untuk API dan selanjutkan akan memproses untuk mendaftarkan bisnis Anda ke WhatsApp secara langsung.

Hubungi Qontak.com sekarang atau dengan mengisi form coba gratis di bawah ini:

You may also like

By